Dining room bhumi hostel

Wisata Kuliner di Jogja dalam Sehari

Liburan di Jogja hanya satu hari pastinya nggak bakal cukup, terlalu banyak tempat asyik yang bisa dikunjungi di Jogja yang idealnya didatangi dalam waktu lebih dari 2 hari. Tapi kalau kamu cuma punya waktu sehari untuk city-tour di dalam kota Jogja saja, kamu harus juga memikirkan mau makan apa saja di sana.

Jogja punya banyak banget pilihan makanan yang musti kamu coba sesekali. Saya punya rekomendasi wisata kuliner di Jogja dalam sehari, mulai dari waktu sarapan sampai cemilan tengah malam yang bisa kamu jadikan patokan.

 

Berikut rekomendasi wisata kuliner di Jogja yang boleh kamu coba:

 

Sarapan Soto Ayam Pak Gareng

Dari sekian banyak soto yang ada di Jogja, Soto Ayam Pak Gareng ini adalah favorit saya. Untuk ukuran Jogja, soto ayam ini tidak terlalu manis, malah rasa gurih dan asinnya lebih terasa bold. Dan yang jadi favorit saya, di warung soto ini ada campuran lenthok; sejenis perkedel yang terbuat dari singkong tumbuk. Lenthok ini memberikan sensasi rasa tersendiri saat diaduk dengan kuah soto yang panas.

Kuliner di Jogja Soto Ayam Pak Gareng
Soto Ayam Pak Gareng

Soto Ayam Pak Gareng ada di seberang Stasiun Tugu (pintu drop off penumpang, BUKAN yang pintu Pasar Kembang ya). Ada di warung tenda di atas trotoar gitu, tapi tenpatnya lumayan bersih, kok. Parkir untuk mobil juga tersedia cukup banyak. Terakhir saya makan di sana bulan Januari 2018, untuk semangkok soto ayam, lenthok, sate jerohan dan es jeruk harganya kurang dari IDR 20.000

 

Ngopi di AS Java Leather Coffeeshop

Tempat ini sebenarnya adalah sebuah butik yang menjual aneka kerajinan tangan kulit, batik, dan anyaman yang ada di Jl Prawirotaman I. Di bagian samping butik ada kafe kecil yang menyajikan berbagai jenis kopi single origin khas Indonesia.

Jadi siapa tahu kamu atau teman traveling kamu pengen nyari craft untuk oleh-oleh keluarga tapi sambil pengen ngopi, bisa sambil ngopi di AS Java Leather Coffeeshop ini.

 

Makan siang Ayam Goreng Mbah Cemplung

Meski di Jogja lagi ngetrend banget ayam geprek, cinta saya untuk sajian ayam goreng masih dipegang oleh ayam gorengnya Mbah Cemplung. Saya #TimAyamKampungYangDigorengBasah. Setiap ke Jogja pasti saya sempetin makan ayam goreng ini.

Dulu, kalau mau makan ayam goreng Mbah Cemplung kita harus pergi ke daerah Kasihan. Untungnya sekarang Mbah Cemplung sudah buka cabang di daerah yang lebih mudah dicapai, nggak harus masuk-masuk ke dalam kampung gitu. Cabangnya da di dekat Pabrik Gula Madukismo.

Kuliner di Jogja Ayam Goreng Mbah Cemplung
Ayam Goreng Mbah Cemplung

Kalau mau makan siang di sini, saya sarankan jangan terlalu sore datangnya, maksimal pukul 14.00 WIB. Karena biasanya lewat dari jam itu, persediaan ayam sudah menipis. Kan sayang kalau sudah jauh-jauh datang tapi nggak kebagian.

 

Ngadem sambil makan Gelato di Il Tempo

Selesai makan siang dan lanjut city-tour, enaknya kalau hari panas disambung dengan ngadem dulu sambil makan gelato di Il Tempo. Di Jogja resto gelato ini ada di dua tempat; Jalan Kaliurang dan Jalan Prawirotaman. Buat kamu yang lebih suka space luas dan tidak terlalu crowded, saya sarankan makan gelato-nya di Jl Kaliurang aja. Tapi kalau kami lebih suka tempat yang lebih hip, bisa sambil lihat orang lalu lalang jalan kaki, saya sarankan nyobain gelato di Il Tempo yang di jalan Prawirotaman.

Kuliner di Jogja Il Tempo
Il Tempo

Harga gelato di sini sangat reasonable sih menurut saya. Untuk yang double scoop (2 rasa) baik yang pakai cone maupun yang pakai cup harganya cuma IDR 25.000, sementara yang triple scoop (3 rasa) cuma IDR 40.000

 

Makan Malam Bakmi Pak Pele

Saya nyobain bakmi ini setelah googling tempat makan enak di Jogja dan nemu artikel 12 Tempat makan Enak di Jogja Menurut Blog Traveloka. Orang-orang udah sering banget sih ngomongin Bakmi Pak Pele ini wajib banget dicoba kalau pas lagi ke Jogja, tapi saya baru sempet nyobain pertama kali pas tahun baru 2017 kemarin. Dan emang beneran enak!

Kuliner di Jogja Bakmi Pele
Bakmi Pele

Makanya sekarang tiap liburan ke Jogja pasti disempetin makan malam di sini. Tips buat kamu yang pertama kali makan di warung bakmi jawa; kamu harus sabar nunggu makanan kamu datang ya, karena bakmi jawa biasanya dimasak satu persatu per porsi dalam wajan kecil di atas anglo. Jadi bisa dipastikan pesanan kamu akan lama datang. Apalagi kalau tenpat makannya ramai atau kamu datang berombongan.

Nah, itu tadi contoh wisata kuliner di Jogja dalam sehari a la saya.

Bisa banget kamu contek untuk liburan kamu ke Jogja berikutnya. Atau kamu punya sendiri sudah punya rekomendasi tempat makan enak di Jogja sendiri?

Share dong di kolom komentar untuk pembaca lainnya!

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.
1 Response
  1. wadoooh, baca ini pas lagi lapar tengah malam. salah banget. langsung tidur ah.
    etapi aku suka tuh makanan di restorannya Yats Colony. bukan yang tradisional jogja sih, tapi ya enak aja, tempatnya juga cozy 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: