Search
Search

The Batgirl: Felicia Lasmana

Felicia Lasmana

Postingan ini saya tulis dalam rangka posting bareng (post-bar) dari Travel Blogger Indonesia (TBI) menyambut Hari Blogger Nasional. Dari hasil undian, saya dapat giliran mereview blog dari Felicia Lasmana felicialasmana.com. 

Saya mengenal Feli, perempuan asal Bandung yang kini tinggal dan bekerja di Bogor, ya dari TBI. Baru sekitar pertengahan Agustus, kami berjumpa pertama kali saat saya ikutan dia dan Mba Indri ke Museum di Tengah Kebun.

Satu hal yang unik dari blog Feli adalah setiap postingan hadir dalam dua bahasa, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Untuk hal ini saya angkat topi. Menulis dalam satu bahasa saja membutuhkan komitmen yang besar, dan Feli dengan konsisten menulis dalam 2 bahasa, dengan tata bahasa yang digunakan pun selalu bagus. Salut!

Felicia membagi blog-nya menjadi empat bagian:

  • Profile yang berisi gambaran seorang Felicia Lasmana, tentang ketertarikannya pada lingkungan, manajemen sumber daya alam, dan kelelawar. Jika kebanyakan gadis lain akan terpekik ngeri jika dihinggapi kelelawar, Feli malah menemukan keasyikan tersendiri meneliti hewan malam ini.
  • Fieldnotes merupakan rekaman pekerjaan yang sudah, sedang, dan mungkin akan dikerjakan Feli.
  • Photos Feli sangat menyukai fotografi. Pada bagian ini kita bisa menikmati hasil jepretan kamera Feli, dari pose headstand di Shihtiping, hingga Blue Mansion di Penang. Dari Biara Gyuto Kuning di Dharamsala, India ke jejak kaki hewan di Wahau, 7 jam dari Berau, Kalimantan Timur. Sebagai pembaca, ini bagian favorit saya.
  • Traveling Bagian ini adalah kesukaan saya kedua, setelah bagian Photos. Tulisan tentang perjalana Feli biasanya sangat khas: singkat, padat informasi. Misalnya pada tulisan Penang, 5 Solo Traveler Things To Do in Penang, Baluran in View, Yogyakarta: Coffee Adventure.

Memulai blogging dari tahun 2009, Feli mulai nge-blog di tumblr, pernah juga di blogspot dan wordpress, hingga akhirnya serius menggarap felicialasmana.com mulai tahun 2013.

Dalam salah satu postingannya berjudul [Q&A] Conversation Biologist Who Writes Blog, Feli menjawab beberapa pertanyaan mengenai blog-nya. Di tulisan itu juga Feli menyebutkan bahwa blog-nya bukanlah murni blog mengenai perjalanan (traveling).

Namun menurut saya, justru di sanalah keunikan akan blog ini. Ga banyak kan ada blog yang menceritakan tentang perjalanan, berselang-seling dengan cerita tentang jejamuran dan jejak hewan di Kalimantan hingga cerita tentang pekikan kelelawar. Sungguh perpaduan yang unik.

Hanya saja, di blog Feli kita jarang atau bisa dibilang hanpir tidak pernah mendapati tulisan perjalanan yang menggambarkan emosi yang dihadapi Feli saat di jalan. Tentang bete-nya dia dengan teman seperjalanan, misalnya.. atau bahagia yang berlebihan ketika akhirnya mencapai satu destinasi impian. Mungkin Feli memang ga pengen nulis tentang sisi-sisi itu, atau bisa juga Feli memang bukan tipe pejalan nan ekspresif cenderung lebay kaya saya, contohnya? Hihi…

Ketika saya hubungi lewat WhatsApp, untuk interview sangat singkat mengenai blog-nya saya meminta Feli untuk mendeskripsikan dirinya dalam 5 kata. Setelah sekian lama, Feli menjawab “Akh meeenn syusah, hahaha… bentar yeee”, tiga menit kemudian meluncur jawaban: simple, batgirl, traveler, conservationist, smile.

Dari kelima kata yang ia sebutkan, saya menyetujui semuanya. Dan kalau boleh menambahkan, saya ingin menambahkan 1 frasa: sunda pisan nan bodor.

*Peace, Kak Feli!

Written by
Parahita Satiti
Join the discussion

18 comments

About me

 

Parahita Satiti; suka jalan-jalan dan bercerita. Makanya dia bikin blog ini. Kalau mau tanya/ngobrol/kerjasama dia bisa dihubungi lewat email: sp.satiti@gmail.com

Member of

Travel Blogger Indonesia