Pool Gallery Prawirotaman Hotel

Review: Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta

Ini bukan kali pertama saya menginap di daerah Prawirotaman, Yogyakarta. Pada beberapa kunjungan ke Kota Gudeg, saya beberapa kali menginap di daerah yang memang terkenal tempatnya penginapan murah untuk turis backpacker. Beberapa penginapan murah-meriah sudah pernah saya coba di sana. Ketika ditawari menginap di Hotel Gallery Prawirotaman, saya sempat mengernyitkan dahi dan berpikir “Wah, ada hotel berbintang di Prawirotaman?” Setelah googling tentang hotel ini, saya langsung mengiyakan tawaran menginap tadi. Yeay, 2 malam liburan di Jogja melupakan sejenak kepenatan di kantor!

Lobby Hotel Gallery Prawirotaman
The Cozy Lobby – Gallery Prawirotaman Hotel

Saya tiba di Hotel Gallery Prawirotaman dalam keadaan capek luar biasa; semalaman naik kereta dari Jakarta, disambung dengan jalan kaki Stasiun Tugu – Benteng Vredeburg – balik lagi ke Malioboro Mall, lalu seharian keliling 2 kabupaten di Jogja; Sleman dan Kulon Progo.

Baca juga:

Begitu masuk ke lobby hotel, langsung disapa dengan ramah oleh Mbak Mila resepsionis nan kece. Pak Made, General Manager Gallery Prawirotaman Hotel yang kebetulan sedang di lobby pun ikut menyapa setiap tamu.

I like that kind of personal touch.

Waktu masih di lobby pun saya sudah suka dengan penataan interior hotel ini. Warna putih dengan sentuhan merah marun dan sedikit warna tembaga di beberapa ornamennya, memberikan kesan klasik tapi nggak kuno. Yang paling menggoda sore itu sudah pasti kolam renangnya. Tapi karena badan rasanya sudah ga karuan, saya putuskan besok saja berenangnya.

Pool Gallery Prawirotaman Hotel
Segarnya Kolam Renang Gallery Prawirotaman Hotel

Kamar saya ada di lantai 4, lantai kamar tertinggi Gallery Prawirotaman Hotel. Menghadap ke Jl Prawirotaman II, dengan pemandangan kota, Gunung Merapi dan Merbabu saat cuaca cerah. Balkon di setiap kamar ini asik deh, kita bisa nge-teh atau ngopi sore-sore di sini, sambil melihat aktifitas orang-orang di jalan, atau ngelihatin gunung aja di kejauhan.

Dengan ukuran kamar seluas 28 meter persegi, plus balkon, kamar yang saya tempati terasa sangat luas. Kamar mandinya ga sumpek, toiletries yang disediakan cukup lengkap, hanya sayang hair-dryer tidak disediakan langsung di kamar mandi, harus dipinjam dulu dari house-keeping.

Tapi, kalau soal kebersihan, ga perlu diragukan lagi, deh! Lantai, linen, meja, wastafel, water-closed bowl, mirrors, semua bersih kinclong!

The Room – Gallery Prawirotaman Hotel
The Room – Gallery Prawirotaman Hotel
Balkon Kamar Gallery Prawirotaman Hotel
View dari Balkon Kamar Gallery Prawirotaman Hotel

Saya selalu ‘jatuh cinta’ dengan detil-detil kecil, termasuk pada sarapan pagi yang ga biasa di suatu hotel. Pagi itu, saya hampir memekik kegirangan karena menemukan bubur sumsum di breakfast buffet. Juga, siapa yang mengira akan menemukan jamu beras kencur dan kunir asem?

Makanan lain yang tersaji saat sarapan pun enak. Western, Indonesian, salad, fresh fruit, bread and toast, sampai satu set lengkap nasi gudeg telur pindang pun ada.

Sarapan di Hotel Gallery Prawirotaman
Sarapan di Hotel Gallery Prawirotaman

Jika tidak ada rencana keluar hotel, Gallery Prawirotaman Hotel nyaman banget untuk leyeh-leyeh aja. Berenang bolak-balik di kolam renangnya yang segar, atau menghabiskan waktu di gym, atau mungkin malah mau nyobain paket spa di Gallery Spa & Massage? Malam hari, cobalah untuk naik ke lantai 5, lantai paling atas di hotel ini. Selain bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu kota Jogjakarta, di lantai 5 terdapat banyak koleksi lukisan yang sedang dipamerkan.

view lantai 5 hotel gallery prawirotaman yogyakarta
View lantai 5 hotel gallery prawirotaman yogyakarta

Singkatnya, menurut kamu hotel Gallery Prawirotaman ini rekomen ga, Ti?

Sangat!

Dengan harga bintang 3, kita bisa dapat fasilitas seperti bintang 4. Lokasinya strategis, kamarnya OK, kolam renangnya asik, staf-nya ramah-ramah, sarapannya enak.

***

PS: Saya me-review hote ini atas undangan dari Gallery Prawirotaman Hotel, meskipun begitu semua review yang saya tulis adalah pendapat pribadi saya.

Gallery Prawirotaman Hotel
Jl. Prawirotaman II No 839B
Mergangsan, Jogjakarta
Telp: (0274) 4580008

Cek Promo di Websitenya!

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.

Leave a Reply