Picnicholic Green Action 2012

Picnicholic Green Action di Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan ibukota kabupaten kepulauan seribu. Dari segi infrastruktur pulau ini juga termasuk yang paling maju dibandingkan beberapa pulau-pulau berpenghuni lainnya di Kepulauan Seribu.

Fasilitas umum di pulau pramuka sangat memadai, sebut saja puskesmas, sekolah dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga tingkat lanjutan atas (SMA, SMK).

Bahkan, pulau pramuka menyebut dirinya sebagai cyber island alias pulau yang menyediakan fasilitas WIFI bagi warga dan pengunjungnya, gratis!

Selamat datang di Pulau Pramuka
Selamat datang di Pulau Pramuka

 

Bagaimana cara menuju Pulau Pramuka?

Dari Pelabuhan Muara Angke, naik kapal kayu. Kalau bingung kapalnya, tanya saja pada petugas yang berseragam Dinas Perhubungan. Sejauh ini saya sudah pernah naik kapal Raksasa, kapal Cinta Alam, dan kapal Mariza untuk ke Pulau Pramuka. Tidak menutup kemungkinan ada kapal lainnya yang melayani rute ini, sih!

Harga tiket kapalnya (sampai terakhir saya ke sana pertengah Oktober 2012) masih IDR 35.000/orang sekali jalan.

Dapat ditempuh kurang lebih 3 jam dari Pelabuhan Muara Angke, saat kondisi angin dan ombak normal, Pulau Pramuka sering dijadikan dermaga transit bagi para pengunjung Kepulauan Seribu yang hendak meneruskan kegiatan liburannya di pulau-pulau lain, misalnya; camping di Pulau Semak Daun, menginap di Pulau Gusung Pandan, dll.

 

Menginap dan makan di mana di Pulau Pramuka?

Ada banyak penginapan di Pulau Pramuka. Tinggal pilih yang sesuai keinginan dan yang lagi available.

Kalau mau nginep di Pulau Pramuka, paling enak kalau sudah punya contact person yang bisa booking-in kamar, sewain perahu buat keliling snorkeling, termasuk juga nyediain makanan lewat katering yang terpercaya. Kalau mau silakan contact saya via email, nanti saya kasih contact personnya.

Kalau mau go-show pergi ke sana juga ga masalah. Meski penginapan yang bagus biasanya udah full-book dari jauh-jauh hari, biasanya masih ada homestay yang kosong. Tinggal pinter-pinter aja nelusurin gang-gang di Pulau Pramuka, pasti ada penginapan yang belum terisi.

Makanan juga gampang didapat. Disebelah kanan dermaga, ada semacam tempat ngumpul para pedagang makanan. Pilihannya cukup lengkap; pecel ayam, lele dan ikan bakar/goreng, mie ayam, tukang indomie, bakso, es kelapa muda, nasi goreng, dll. Harganya juga ga terlalu beda sama di Jakarta.

Tapi untuk menu ayam, lele jangan kaget kalau harganya agak lebih mahal sedikit. Karena kan bahan bakunya didatengin dari Jakarta.

Favorit saya sih warung makan rumahan yang disebelah Masjid, jalan lurus lagi sedikit dari kumpulan tenda tempat makan itu. Saya menyebutnya rumah Bu Haji.

Dari segi menu, ga ada yang spesial sih dengan warung makan itu, hidangannya cuma menu kaya warteg di Jakarta, tapi dia punya kulkas yang ada minuman dinginnya. Hihihihi… Dasar ya anak Jakarta, ga bisa pisah sama minuman dingin.

Ga semua warung punya minuman dingin, karena listrik di Pulau Pramuka ga 24 jam hidup. Rumah Bu Haji ini termasuk yang beruntung, sudah termasuk ke dalam jaringan listrik yang pakai tenaga surya, jadi kulkasnya bisa dingin.

Mudah-mudahan, ga lama lagi seluruh Kepulauan Seribu listriknya udah pake tenaga surya ya!

 

Ngapain aja di Pulau Pramuka?

  • Sewa kapal, islands hopping dan snorkeling.
    Satu kapal kayu muat 10-15 orang harga sewanya IDR 400.000, sudah termasuk bahan bakar dan sopir kapalnya. Kalau guide yang nunjukin spot snorkeling yang ciamik sih beda lagi fee-nya, biasanya IDR 75.000-100.000/hari.
Snorkeling di Pulau Pramuka
Snorkeling di Pulau Pramuka
  • Keliling Pulau Pramuka
    Kalau mau lihat penangkaran penyu, dari dermaga cukup jalan lurus ke sisi sebaliknya, atau tanya aja ke warga sekitar, pasti semua tahu tempatnya.

 

Konservasi mangrove dan terumbu karang lebih gampang di cari.

Dari dermaga, belok ke kanan, ngelewatin tenda-tenda yang jual makanan, terus luruuuus kira-kira 150m, nanti setelah penginapan Shafira, ada rumah yang halaman depannya banyak kolam-kolam, nah itu dia tempatnya.

Konservasi Terumbu Karang di Pulau Pramuka
Konservasi Terumbu Karang di Pulau Pramuka
Konservasi Mangrove di Pulau Pramuka
Konservasi Mangrove di Pulau Pramuka
  • Duduk bengong sambil liatin sunset di pinggir dermaga
    Well, ini kalo udah ga tau musti ngapain lagi sik.. ;p

 

 

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.

Leave a Reply