Pagi di Taman Nasional Gunung Pancar
β€’106

Menikmati Kesegaran Hutan Pinus di Gunung Pancar

Beberapa waktu yang lalu, dunia per-instagram-an Indonesia dihebohkan dengan resepsi pernikahan super-keren dari seorang penyanyi jazz kenamaan Indonesia. Pernikahan yang digelar di sebuah hutan pinus di daerah Lembang, Kab. Bandung Barat. Tergoda oleh foto-foto kece resepsi pernikahan tersebut, maka saya dan 4 orang teman (plus one loyal but a little rabbit-hearted canine) memutuskan untuk pergi camping ke tempat yang mirip-mirip, hutan pinus di Gunung Pancar.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Dengan mobil pribadi, dari kawasan Kuningan, Jakarta bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam (Pukul 12.00 siang, pakai sedikit macet di dekat pintu tol Cibubur).

Pintu Masuk Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Pintu Masuk Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Di jalan tol Jagorawi menuju Bogor, ambil pintu keluar Sentul Selatan, lalu melewati kompleks perumahan Sentul City, hingga ketemu jalan desa Babakan Madang. Teruuus, nanjak ikutin jalan desa, nanti akan bertemu dengan gapura masuk TWA Gunung Pancar.

Tenang, kalau bawa mobil pribadi, parkirnya cukup gampang, kok. Malah bisa masuk sampai deket camping ground. Hanya saja, tidak disarankan bawa mobil sedan atau mobil rendah lainnya ya.. Karena pintu masuk camping ground sampai di parkiran jalannya berbatu, sayang mobilnya kalau sampai kepentok.

Parkiran di Gunung Pancar
Hugo in or car. Yes, he is fine. πŸ™‚

Kalau mau naik kendaraan umum, tersedia bus APTB dari terminal Blok M dan Grogol yang akan berhenti sampai pinggiran kompleks perumahan Sentul City. Jika ingin cepat, dari terminal APTB bisa naik ojek sampai ke Gunung Pancar, entah berapa ongkosnya.

Ada angkot ga? Sepertinya ada, tapi tidak berhenti persis di depan TWA Gunung Pancar, hanya sampai di jalan perkampungan penduduk saja.

 

Ada apa sih di Gunung Pancar?

Ada hutan pinus, ada pemandian air panas, ada kawah merah (semacam sumber air panas gitu)… tapi jangan tanya apa-apa tentang dua yang terakhir itu ya. Saya ga cobain soalnya, hihi. Biarin deh mau dikatain sebagai blogger kurang riset atau blogger kok tahunya cuma sedikit, ya ga-pa… *dadah-dadah ke Mas-Mas yang suka komen ngatain itu* Lha wong tujuan saya main ke sana itu ya cuma ingin nikmati kesegaran di hutan pinus Gunung Pancar, kok. Jadi boleh dong kalau saya cuma nenda di sana, trus leyeh-leyeh seharian di atas hammock, main masak-masakan, besoknya bangun pagi menghirup udara segar dalam-dalam, trus main dandan-dandanan, dan foto session lucu-lucuan?

Hammock di Gunung Pancar
Leyeh-leyeh di hammock sambil selfie? Bebasss!!
Aktivitas di Gunung Pancar
Becandaan sama Hugo? Bebaaass!!
Aktivitas di TN Gunung Pancar
Baca buku? Boleehh…

Siapa yang berani ngatain? Situ bayarin trip gue? *mulai emosik*

Enak ga camping di Gunung Pancar? Menurut saya, enak! Camping ground-nya ga serame Curug Cilember atau Taman Mandalawangi, ada kamar mandi yang bersih, terang, dan airnya segar, ada listrik, ga banyak tukang jualan (well, down side-nya, kita harus siap makanan sendiri).

 

Biaya-nya kira-kira habis berapa sih?

Untuk sewa lahan dihitungnya per orang, IDR 80.000/0rang. Sewa tenda IDR 250.000/tenda, kami memberi tips IDR 50.000 untuk mamang-mamang yang diriin tenda kami, jadi IDR 300.000. Kalau ga mau sewa tenda, ya tinggal bawa sendiri dari rumah.

IDR 80.000/orang mahal dong? Ummm, menurut saya sih, gak ya.. Karena camping ground yang dipakai benar-benar dipersiapkan dengan baik; disapu bersih, dipasangi lampu sorot, disediakan colokan listrik (saya sampai bawa rice cooker lho untuk masak nasi liwet!), kamar mandinya selalu dibersihin sama ibu-ibu tukang sapu.

Jadi, harga segitu wajarlah untuk menutup upah pekerja-pekerja itu, kalau menurut saya. Kalau menurut kamu masih tetap kemahalan, ya ga pa-pa, bebaaasss. *sambil berdoa semoga Tuhan tidak mempertemukan kita dalam satu rombongan jalan-jalan* *dih, Tuhan dibawa-bawa* *biarin* :p

Makanan saat camping di Gunung Pancar
Camping makannya mie instant? Boleh sih, tapi ga sehat! *dandan ala orang rese*

So? keturutan ga foto a-la menghadiri pernikahan penyanyi jazz di hutan pinus tadi? Lihat sendiri deh foto-foto kami ini yaaaa….

Foto di Gunung Pancar
Excuse us…. toodles!
About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.
106 Responses
  1. wahhh…, menyenangkan sekali pasti itu ya!!? lagi kepengen ke hutan pinus juga, cuma blm tau kapan sempetnya xD
    ada rencana sih bukan ke gunung pancar ini, tp ke pangalengan, biar dikata ga ikut2an. hahahaha…

    * itu komen kurang riset kok familiar ya πŸ˜† *

    1. Parahita Satiti

      Ikut dong kalo ke Pangalengan, hihihi…
      Hahaha, iya kan? komen yang jadi terkenal di seputaran circle-nya Pwincess. Hihihi.. πŸ˜€

  2. Rizka andini

    Halo ka. Thanks banget blognya.. Ngomong2 ada cp org yg nyewain tenda ke kaka ga ya? Saya ada rencana ke sna juga. Thx πŸ™‚

  3. Freli Megawati

    Hai Kaka. seru kayanya liat review kaka camping disitu. Saya juga minta cpnya orag yg nyewain tenda itu dong Ka. Trims kak sblumnya πŸ™‚

  4. Vega

    Mbak, pengen juga kemping ke gunung pancar. Itu kalo mo pesen tenda dll ke mana ya? Ada contact person & contact number yang bisa dihubungi, mbak? Makasih. πŸ™‚

  5. hai mba, keren nih tulisannya membantu banget buat nyari info seputaran kemping disna.
    nih saya rencana mau kemping disana weekend ini bawa tenda sendiri. nah untuk kemping disana bs goshow apa harus reserve dulu mba? harga 80rb itu per person per night ya mba?
    makasih πŸ™‚

  6. Jessica

    Hai Kak. Akhirnya nemu blog yang kasih alternatif angkutan umum ke sana. Hehe. Aku boleh minta CP mamang penyewa tendanya? Makasih πŸ™‚

  7. Tony

    Halo Kak…untuk biaya bayar d tempat atau musti transfer dl?boleh minta no cp untuk bagian administrasi di sana?terima kasih

  8. NieNie

    Wah.. seru kayanya. Jd pengen camping disana jg. Kalo bawa anak2 aman gak Mba? Diriku boleh minta CP yg sewain tendanya? Makasih sebelumnya ya..

    1. Parahita Satiti

      Hai NieNie, Gunung Pancar aman kok untuk camping bareng anak-anak. Waktu saya camping di sana, ada beberapa keluarga yang bawa toddler. CP nanti saya email ya…

  9. ferdinand kennedy sumampow

    Artikelnya keren mba… disuguhi foto-foto makin bikin ngiler pengen kesana.
    disana harus booking dlu atau gmn yah?
    Ada CPnya ga? mau dong kalo ada.
    Regards

    1. Parahita Satiti

      Trimakasih πŸ™‚ pengalaman temen saya minggu lalu, langsung datang ke Gunung Pancar ga kebagian spot yang OK untuk camping, Mas. Saya sarankan mending booking dulu. Nanti CP-nya saya email ya…

  10. Gatot

    Wow seru tuh kayanya….aku Dan temen2 mau kesana juga…harus booking dulu kah? Boleh minta no telp tempat itu please? Thx. Gatot

  11. Melissa

    Halo mba.. Trimakasii utk infonya yg sangat lengkap dan bermanfaat..
    Boleh minta CP utk booking tempat disana? Oiya, klo fasilitas hammocknya bawa sendiri atau ada yg menyewakan disana ya mba? Makasiii πŸ™‚

  12. Haaaiiii kaaakkk…Pas banget nih nemu blog kamu. Minggu depan aku ada rencana mau camping dsana bareng orang tua dan bawa tenda sendiri. Boleh minta CP nya biar dapet spot sebelahan sama glamping hihihiiii….

  13. Melisa

    Halo mba, trimakasih buat infonya yang sangat lengkap dan bermanfaat.. Boleh minta CP buat booking tempat disana? Oiya untuk fasilitas hammock mba bawa sendiri atau ada yg menyewakan disana? Trimakasii πŸ™‚

  14. kasahana

    sore mba, websitenya bagus sangat responsive dan pemilihan katanya juga sangat menyampaikan.BTW saya boleh minta CP mamang-mamangnya dan koordinat google mapsnya ga ?

    thanks sebelumnya πŸ™‚

    1. Parahita Satiti

      Hai Kasahana πŸ™‚ nama kamu unik banget!
      CP-nya udah saya email ya, sayang saya ga bisa ngasih koordinat Gmaps-nya, saya gaptek ga ngerti cara nandain Gmaps, hehe.

  15. Ayudyah Kadafi

    Enak tuh.. kmrn rencana ke camping ground cikole bandung, tp kejauhan.. pengen yg deket2 dulu aja ky di gunung pancar ini. Kayanya seru juga mba..
    Info kontak personnya dong mba.. trus fasilitas lainnya katanya lumayan banyak ya..

  16. Hanie

    Haai Mbak,, saya boleh minta contact person org yg disana?
    Rencananya minggu besok saya mau kesana bareng teman kantor.
    Terima kasih ^_^

  17. meidy saskia

    Halo ka, klau buat bts tanpa survei bisa kan ya? soalnya tgl 21 aku harus foto tapi blum dpat tempat. Tolong dijawab ya ka segera. Makasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Meidy, sebenernya aku kurang ngerti dengan maksud pertanyaanmu. “bts” itu apa ya? Setahu saya kalau mau datang ke Gunung Pancar ya silakan datang aja, kalau untuk kemping, sebaiknya reservasi dulu, takutnya udah jauh-jauh ke sana, ternyata full.

      Mudah-mudahnya pertanyaanmu terjawab ya.

  18. Riana Widyasari

    Hai Parahita,

    Review nya keren πŸ™‚
    Pingin camping bawa kiddos, aman kn ya disana ?
    Kita ngga sendirian kan ? Hihihi …
    Boleh minta cp tenda nya yaaa …
    Makasiihhh πŸ™‚

    1. Parahita Satiti

      Hai Riana, temennya teman saya pernah camping di Gunung Pancar bawa anak usia 4 tahun. Tempatnya aman, namun apakah anak akan merasa nyaman, tergantung anaknya juga ya… apakah dia tipe anak yang suka di outdoor? CP nanti saya email ya.

  19. Matt

    Kak, makasih review nya,
    Btw, boleh minta CP memang penyewaan tenda, camping ground nya, d pusatkan d satu tempat apa kita bebas mencar”, sapa tau ada spot bagus..
    Ini email sayang kak,
    G.liverpool08@Gmail.Com
    tlg d kirim ya CP ya..
    Makasih

  20. reza fauzul

    mba maaf maksdunya saya minta tolong kirimkan kontak mamangnya ke email saya. makasih banyak…. πŸ™‚ btw reviewnya bagus dan menarik πŸ™‚

  21. Putri Abigail

    Hallo kak mau nanya dong. Itu 250/tenda bayar lg gak buat perorgnya? Sama boleh minta cpnya gak kak? Makasih yaaa

  22. aziz

    hi ..mba parahita

    aseek kayanya camp ceria di gunung pancar
    bisa minta cp tuk booking, tenda dll

    thanks before.

  23. Rahadi Bogia

    Hello sis,

    Mantab review nya, pengen jg donk punya pengalaman yg sama. Recommended nih si akang disana, minta tolong Share CP akang2 yang disana ya. Thanks b4

  24. Dianekasari2004

    Dear Sis Parahita,

    Boleh minta no CP nya, rencana mau kemping sama anak pas liburan sekolah nanti.
    Terimakasih
    Salam,
    Dian

  25. Vania

    Halo selamat sore kak,,
    Sepertinya camping disana seru juga ya.. by the way aku boleh minta cp orang sana ga ya?
    Thank you before

Leave a Reply