Dengerin Lagu Favorit

Kamu Punya Lagu Favorit saat di Perjalanan?

Selain ngemil, tidur, ngobrol dengan teman seperjalanan, bengong lihat pemandangan dari kaca jendela pesawat, kereta, atau mobil yang bergerak, apalagi yang bisa kita lakukan saat di perjalanan?

Kalau saya, jawabannya dengerin musik. Atau bisa juga nonton fim yang udah disimpan di handphone. Atau bisa juga baca e-book. Tapi dua yang saya sebut terakhir itu biasanya bikin agak pusing kalau dilakukan di mobil yang bergerak kencang. Jadi pilihan yang paling sering saya lakukan ya dengerin musik.

Waktu tadi pagi dikasih tema “10 lagu favorit di perjalanan” saya sedikit mengernyitkan dahi. Saya punya banyak playlist di (dulu) ipod dan (kini) Spotify, tapi saya agak nggak pede untuk cerita banyak soal playlist itu karena saya menganggap selera musik saya itu pasaran.

Musik yang saya dengarkan sepertinya berhenti di lagu-lagu tahun 90-an dan 2000-an awal. Lagu-lagu jaman sekarang saya tahu sih, sedikit. Palingan yang saya tahu ya lagu-lagunya Taylor Swift, Ed Sheeran, John Legend, Justin Bieber.

Tapi ya daripada hari ini saya gagal nyelesain #28DaysWritingChallenge cuma karena merasa selera musik saya payah (eh, padahal belum ada yang bilang gitu juga, sih.. saya sensi sendiri ya?) ini dia 10 lagu yang sering saya dengarkan pas traveling:

  1. Perjalanan Ini – Padi
    Ini lagu cocok banget didengerin pas naik kereta dari Bandung ke Klaten pas jaman kuliah dulu. Sambil ngeliatin hamparan sawah yang seolah berkejaran di luar jendela kereta. Sampai sekarang saya masih suka dengerin, cuma bedanya kalau dulu sambil mikirin gebetan, sekarang sambil senyum-senyum mengenang masa lalu aja.
  2. Hella Good – No Doubt
    Saya suka beat lagu ini, pas banget buat nahan ngantuk kalau harus ke bandara pagi-pagi.
  3. Pure Shores – All Saints
    Baca buku sambil ditemani sebotol bir dingin sambil tiduran di pinggir pantai dan ditemani lagu ini. Saya sih betah banget!
  4. Lift Me Up – Gery Halliwell
    Bangun pagi dengerin lagu ini di penginapan yang langsung menghadap ke matahari terbit sambil minum kopi susu anget.
  5. American Pie – Madonna
    Hampir sama dengan lagu di nomor 1, saya sering dengerin lagu ini pas di kereta api. Ada sesuatu yang nostalgic dengan lagu ini.
  6. Summer of ’69 – Bryan Adams
    Menurut saya lagu ini paling cocok di dengerin pas naik mobil dengan jendela terbuka dan angin ngacak-acak rambut. Kaya saat naik mobil menyusuri Danau Singkarak waktu jalan-jalan ke Sumatera Barat beberapa tahun yang lalu.
  7. KKEB – Andre Hehanusa
    Sambil lihat sunset yang bulet dari belakang Wisma Apung, Karimunjawa.
  8. Fiori Che Non Sbocciano – Neri Per Caso
    Arti judul lagu ini kira-kira “flowers that do not bloom”, beat-nya yang tenang bikin saya suka dengerin lagu ini kalau habis cape ngejar waktu boarding.
  9. Mahadewi – Padi
    Saya dengerin lagu ini sambil lihatin milkyway di Teluk Kalong, Flores.
  10. Poda – Viky Sianipar feat. Edo Kondologit
    Ini lagu Batak yang arti judulnya ‘nasehat’, tentang pesan orangtua pada anaknya agar selalu berbuat baik di perantauan. Entah kenapa saya suka banget dengerinnya.

Postingan ini saya buat di atas bus transjakarta menuju Stasiun Pasar Senen. Malam ini saya mau naik kereta ke Semarang, terus lanjut naik bus ke Lasem besok pagi. Pastinya 10 lagu favorit di atas akan saya dengarkan di kereta nanti.

Sabtu-Minggu besok #28DaysWritingChallenge masih tetep bakalan ada. Tapi saya mungkin late post karena bisa jadi saya lagi asik explore Lasem.

28 Days Writing Challenge

Day 24: 10 Lagu Favorit di Perjalanan

Seorang teman menantang saya untuk melakukan 28-Days Writing Challenge di blog ini. Aturannya sederhana; setiap hari dia akan meberikan sebuah tema dan saya harus menulis sebuah tulisan pendek (tidak lebih dari 500 kata) dari tema tersebut.

Baca semua artikel 28-Days Writing Challenge!

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.
4 Responses

Leave a Reply