Search
Search

Naik Kereta Api Bogor – Sukabumi, Bebas Macet doooong!

Dari Jakarta, orang sering malas berwisata ke Sukabumi naik mobil pribadi atau bis karena dua alasan, yaitu: macet dan jalanannya rusak. Lewat rute Bogor – Ciawi – Sukabumi, selain macet karena jalanan rusak di daerah Caringin, juga macet kalau ketemu saat bubaran buruh pabrik di sekitar Parungkuda dan Cibadak. Lewat rute Cibubur – Jonggol – Cariu – Cianjur –  Sukabumi pun tak berbeda jauh. Kita harus melewati kemacetan di sepanjang Jalan Raya Transyogi (Cibubur – Cileungsi), lalu bertemu dengan rusaknya jalanan sepanjang rute Cariu – Tanjung Sari – Cianjur.

Saya termasuk salah seorang yang malas diajak ke Sukabumi kalau harus naik bis atau mobil pribadi. Dulu saya pernah dibonceng motor dari Jonggol ke Sukabumi (Cisaat), dan itu butuh 3 jam lebih. Pulangnya, karena udah pegel bonceng motor, saya naik bis lewat Ciawi, 4.5 jam saja. Huhuhu… cukup sekali itu ngerasain macet di Sukabumi.

Makanya ketika jalur kereta api Bogor Sukabumi dibuka kembali, saya salah satu orang yang sangat excited untuk mencoba rute tersebut. Dan sejak nyobain naik kereta ke Sukabumi tahun 2014 lalu, hingga saat ini kayanya saya udah lebih dari 4 kali liburan ke Sukabumi, khususnya daerah Situgunung.

Terus terang, saya suka banget dengan daerah Situgunung ini karena daerahnya yang mudah dijangkau dengan transportasi umum. Harga penginapan di sana pun masih sangat terjangkau. Dan yang selalu ngangenin, alam pemandangan di Situgunung yang sangat indah.

KA Pangrango, suasana kereta api bogor sukabumi
Suasana di dalam KA Pangrango kelas eksekutif

Jalur kereta api Bogor Sukabumi hingga Cianjur sebenarnya sudah ada sejak tahun 1882, beberapa kali mengalami pemberhentian operasi. Yang terakhir, KRD Bumi Geulis, berhenti beroperasi Desember 2012. Hingga akhirnya digantikan oleh KA Pangrango/ KA Siliwangi pada 9 November 2013.

Saat ini kereta api rute Bogor-Sukabumi yaitu KA Pangrango dan Siliwangi masuk ke dalam kategori kereta api lokal. Tidak seperti kereta api jarak jauh yang tiketnya bisa dibeli hingga H-90 dari hari keberangkatan, tiket kereta api lokal baru bisa dibeli pada H-30. Pembelian bisa dilakukan di loket stasiun-stasiun yang dilalui kereta api lokal, aplikasi KAI Access, di Indomaret, dan juga melalui online travel agent kesayangan kamu.

Harga tiket kereta api Bogor Sukabumi, KA Pangrango, sekitar IDR 35.000 (kelas ekonomi) dan IDR 70.000 untuk kelas eksekutif. Sebaiknya jika ingin melakukan perjalanan dengan kereta api tujuan Sukabumi ini, pembelian tiket dilakukan dari jauh-jauh hari.  Apalagi jika perjalanan dilakukan pada akhir pekan. Sebab, dalam satu hari hanya ada dua kali jadwal perjalanan kereta dari Bogor dan tiga kali dari Sukabumi.

Dan tingginya animo masyarakat untuk menggunakan kereta api karena malas terjebak macet jika menggunakan transportasi mobil/angkutan umum membuat tiket kereta api lokal ini sering habis ludes terjual .

Jadwal perjalanan KA Pangrango dari Stasiun Bogor Paledang setiap harinya adalah sebagai berikut:

  • Pagi hari pada pukul 07.50 WIB (tiba di stasiun Sukabumi pada pukul 09.54 WIB),
  • Siang hari pukul 13.10 WIB (tiba di stasiun Sukabumi pada pukul 15.13 WIB)

Sementara dari Stasiun Sukabumi jadwal keberangkatan KA Pangrango adalah pada pukul 05.15 WIB, 10.25 WIB, dan 15.45 WIB.

Khusus untuk keberangkatan dari stasiun Bogor, mohon diperhatikan bahwa kereta TIDAK diberangkatkan dari stasiun Bogor yang untuk naik-turun penumpang kereta commuter line itu, ya!

Kalau kamu dari Jakarta dan mau naik kereta ke Sukabumi, kamu perlu keluar dulu dari stasiun Bogor dan berjalan kaki menyebrang ke arah belakang ruko-ruko yang ada KFC Taman Topi. Nah, di belakang ruko-ruko itu ada sebuah stasiun kecil yang namanya STASIUN BOGOR PALEDANG, dari situ lah kereta api tujuan Sukabumi diberangkatkan.

pemandangan dari KA Pangrango, kereta api bogor sukabumi
Pemandangan dariKA Pangrango

 

Keseruan naik kereta api Bogor Sukabumi

Naik kereta api Bogor Sukabumi itu seru banget, lho!

Selain waktu tempuhnya yang jauh lebih cepat dibanding naik mobil, pemandangan sepanjang perjalanan pun menarik. Begitu meninggalkan Stasiun Paledang, kereta akan melewati pemukiman penduduk. Mungkin karena pernah tidak aktif, banyak penduduk yang membangun rumahnya mepet banget sama jalur rel kereta api.

Mepet banget, as in it’s just 50cm away from the railway!

Setahu saya sih, menurut UU sekian meter dari rel kereta api itu statusnya masih Tanah Negara / Tanah PT KAI, cmiiw. Entah gimana ceritanya mereka bisa bangun rumah sedemikian mepetnya.

Selepas perumahan penduduk, pemandangan berubah menjadi sawah, sungai dan the magnificent Gunung Salak. Sungguh lumayan menghibur mata. Beberapa kali  rel kereta api sejajar dengan jalan raya yang menyuguhkan kemacetan, puas rasanya naik kereta api yang bebas macet.

Stasiun Sukabumi
Cuma 2 jam naik kereta dari Bogor sudah sampai di Sukabumi

Dari Stasiun Paledang (Bogor) hingga Stasiun Cisaat, hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam. Katanya, kalau sampai Cianjur, dibutuhkan sekitar 4 jam perjalanan dengan KA Pangrango. Saya belum pernah nyoba sih sampai ke Cianjur.

Dulu waktu ke Gunung Padang, kereta ini belum sampai ke Cianjur, coba kalau sudah ada. Tinggal turun di Stasiun Lampegan, trus naik ojek deh ke Gunung Padang. Yuk, kapan-kapan kita nyobain lagi naik kereta Pangrango!

Kalau mau lihat jadwal lengkap kereta dari/ke Bogor – Sukabumi, bisa dilihat di website PT KAI, atau download aplikasi KAI Access.

 

Update:

Frequently Asked Question (FAQ) seputar kereta ke Sukabumi:

Karena banyak banget yang bertanya di kolom komentar, jadi mending saya naikin disini saja, ya.

  • Apa, dimana, bagaimana cara menuju Stasiun Bogor Paledang? 

    Stasiun Paledang adalah sebuah stasiun kecil tempat pemberangkatan kereta api Pangrango jurusan Sukabumi, yang terletak di belakang Ruko Taman Topi Square (patokan: di belakang KFC Taman Topi). Untuk menuju stasiun Bogor Paledang ini, kita bisa naik kereta apapun yang menuju stasiun Bogor.

    Setelah keluar dari stasiun Bogor, kita perlu berjalan menyebrangi jembatan penyebrangan dan terus berjalan ke arah kiri menuju Ruko Taman Topi Square. Dari situ, ada jalan kecil yang sejajar dengan rel kereta api. Ikuti saja jalan tersebut, kurang lebih 200 meter dari jalan besar akan ada stasiun Bogor Paledang di sisi kiri.

  • Ada obyek wisata di dekat stasiun Sukabumi?

    Banyak! Untuk yang suka wisata kuliner, Sukabumi banyak menjanjikan hidangan yang menarik. Dari Bubur Odeon yang lezat hingga oleh-oleh moci Lampion yang sangat terkenal itu. Bagi pecinta kegiatan outdoor, Sukabumi adalah surganya. Mau camping bisa, river tubing ada, wisata air terjun di Sukabumi pun bagus-bagus banget.

    curug sawer sukabumi
    Salah satu obyek wisata yang terkenal di Sukabumi; Curug Sawer

    Suka mancing di danau? Sukabumi punya Situgunung yang selain enak buat mancing, pemandangannya juga bagus banget! Bakalan betah deh berlama-lama mancing di Situgunung.

    Danau Situgunung Sukabumi
    Pagi-pagi memancing di Danau Situgunung Sukabumi
  • Saya mau ke daerah A, B, C di Sukabumi, dari stasiun naik apa?

    Mohon maaf saya tidak bisa menjawab jenis pertanyaan seperti ini, karena saya bukan asli orang Sukabumi yang hafal transportasi umum di sana. Intinya, KA Pangrango berhenti di stasiun Sukabumi.

    Sementara, tidak jauh dari stasiun ini ada pasar dan terminal angkutan yang dilewati hampir semua rute angkot di Sukabumi. Jadi tidak perlu khawatir dengan transportasi lanjutan untuk menuju ke daerah tertentu di Sukabumi.

 

Note:
Artikel ini sudah diperbaharui sehingga informasi didalamnya relevan saat ini.

Written by
Parahita Satiti

About me

 

Parahita Satiti; suka jalan-jalan dan bercerita. Makanya dia bikin blog ini. Kalau mau tanya/ngobrol/kerjasama dia bisa dihubungi lewat email: [email protected]

Member of

Travel Blogger Indonesia