Naik Kereta Api Bogor – Sukabumi, Bebas Macet doooong!

Dari Jakarta, orang sering malas berwisata ke Sukabumi naik mobil pribadi atau bis karena dua alasan, yaitu: macet dan jalanannya rusak. Lewat rute Bogor – Ciawi – Sukabumi, selain macet karena jalanan rusak di daerah Caringin, juga macet kalau ketemu saat bubaran buruh pabrik di sekitar Parungkuda dan Cibadak. Lewat rute Cibubur – Jonggol – Cariu – Cianjur –  Sukabumi pun tak berbeda jauh. Kita harus melewati kemacetan di sepanjang Jalan Raya Transyogi (Cibubur – Cileungsi), lalu bertemu dengan rusaknya jalanan sepanjang rute Cariu – Tanjung Sari – Cianjur.

Saya termasuk salah seorang yang malas diajak ke Sukabumi kalau harus naik bis atau mobil pribadi. Dulu saya pernah dibonceng motor dari Jonggol ke Sukabumi (Cisaat), dan itu butuh 3 jam lebih. Pulangnya, karena udah pegel bonceng motor, saya naik bis lewat Ciawi, 4.5 jam saja. Huhuhu… cukup sekali itu ngerasain macet di Sukabumi.

Makanya ketika jalur kereta api Bogor Sukabumi dibuka kembali, saya salah satu orang yang sangat excited untuk mencoba rute tersebut. Dan sejak nyobain naik kereta ke Sukabumi tahun 2014 lalu, hingga saat ini kayanya saya udah lebih dari 4 kali liburan ke Sukabumi, khususnya daerah Situgunung.

Terus terang, saya suka banget dengan daerah Situgunung ini karena daerahnya yang mudah dijangkau dengan transportasi umum. Harga penginapan di sana pun masih sangat terjangkau. Dan yang selalu ngangenin, alam pemandangan di Situgunung yang sangat indah.

KA Pangrango, suasana kereta api bogor sukabumi
Suasana di dalam KA Pangrango kelas eksekutif

Jalur kereta api Bogor Sukabumi hingga Cianjur sebenarnya sudah ada sejak tahun 1882, beberapa kali mengalami pemberhentian operasi. Yang terakhir, KRD Bumi Geulis, berhenti beroperasi Desember 2012. Hingga akhirnya digantikan oleh KA Pangrango/ KA Siliwangi pada 9 November 2013.

Saat ini kereta api rute Bogor-Sukabumi yaitu KA Pangrango dan Siliwangi masuk ke dalam kategori kereta api lokal. Tidak seperti kereta api jarak jauh yang tiketnya bisa dibeli hingga H-90 dari hari keberangkatan, tiket kereta api lokal baru bisa dibeli pada H-30. Pembelian bisa dilakukan di loket stasiun-stasiun yang dilalui kereta api lokal, aplikasi KAI Access, di Indomaret, dan juga melalui online travel agent kesayangan kamu.

Harga tiket kereta api Bogor Sukabumi, KA Pangrango, sekitar IDR 35.000 (kelas ekonomi) dan IDR 70.000 untuk kelas eksekutif. Sebaiknya jika ingin melakukan perjalanan dengan kereta api tujuan Sukabumi ini, pembelian tiket dilakukan dari jauh-jauh hari.  Apalagi jika perjalanan dilakukan pada akhir pekan. Sebab, dalam satu hari hanya ada dua kali jadwal perjalanan kereta dari Bogor dan tiga kali dari Sukabumi.

Dan tingginya animo masyarakat untuk menggunakan kereta api karena malas terjebak macet jika menggunakan transportasi mobil/angkutan umum membuat tiket kereta api lokal ini sering habis ludes terjual .

Jadwal perjalanan KA Pangrango dari Stasiun Bogor Paledang setiap harinya adalah sebagai berikut:

  • Pagi hari pada pukul 07.50 WIB (tiba di stasiun Sukabumi pada pukul 09.54 WIB),
  • Siang hari pukul 13.10 WIB (tiba di stasiun Sukabumi pada pukul 15.13 WIB)

Sementara dari Stasiun Sukabumi jadwal keberangkatan KA Pangrango adalah pada pukul 05.15 WIB, 10.25 WIB, dan 15.45 WIB.

Khusus untuk keberangkatan dari stasiun Bogor, mohon diperhatikan bahwa kereta TIDAK diberangkatkan dari stasiun Bogor yang untuk naik-turun penumpang kereta commuter line itu, ya!

Kalau kamu dari Jakarta dan mau naik kereta ke Sukabumi, kamu perlu keluar dulu dari stasiun Bogor dan berjalan kaki menyebrang ke arah belakang ruko-ruko yang ada KFC Taman Topi. Nah, di belakang ruko-ruko itu ada sebuah stasiun kecil yang namanya STASIUN BOGOR PALEDANG, dari situ lah kereta api tujuan Sukabumi diberangkatkan.

pemandangan dari KA Pangrango, kereta api bogor sukabumi
Pemandangan dariKA Pangrango

 

Keseruan naik kereta api Bogor Sukabumi

Naik kereta api Bogor Sukabumi itu seru banget, lho!

Selain waktu tempuhnya yang jauh lebih cepat dibanding naik mobil, pemandangan sepanjang perjalanan pun menarik. Begitu meninggalkan Stasiun Paledang, kereta akan melewati pemukiman penduduk. Mungkin karena pernah tidak aktif, banyak penduduk yang membangun rumahnya mepet banget sama jalur rel kereta api.

Mepet banget, as in it’s just 50cm away from the railway!

Setahu saya sih, menurut UU sekian meter dari rel kereta api itu statusnya masih Tanah Negara / Tanah PT KAI, cmiiw. Entah gimana ceritanya mereka bisa bangun rumah sedemikian mepetnya.

Selepas perumahan penduduk, pemandangan berubah menjadi sawah, sungai dan the magnificent Gunung Salak. Sungguh lumayan menghibur mata. Beberapa kali  rel kereta api sejajar dengan jalan raya yang menyuguhkan kemacetan, puas rasanya naik kereta api yang bebas macet.

Stasiun Sukabumi
Cuma 2 jam naik kereta dari Bogor sudah sampai di Sukabumi

Dari Stasiun Paledang (Bogor) hingga Stasiun Cisaat, hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam. Katanya, kalau sampai Cianjur, dibutuhkan sekitar 4 jam perjalanan dengan KA Pangrango. Saya belum pernah nyoba sih sampai ke Cianjur.

Dulu waktu ke Gunung Padang, kereta ini belum sampai ke Cianjur, coba kalau sudah ada. Tinggal turun di Stasiun Lampegan, trus naik ojek deh ke Gunung Padang. Yuk, kapan-kapan kita nyobain lagi naik kereta Pangrango!

Kalau mau lihat jadwal lengkap kereta dari/ke Bogor – Sukabumi, bisa dilihat di website PT KAI, atau download aplikasi KAI Access.

 

Update:

Frequently Asked Question (FAQ) seputar kereta ke Sukabumi:

Karena banyak banget yang bertanya di kolom komentar, jadi mending saya naikin disini saja, ya.

  • Apa, dimana, bagaimana cara menuju Stasiun Bogor Paledang? 

    Stasiun Paledang adalah sebuah stasiun kecil tempat pemberangkatan kereta api Pangrango jurusan Sukabumi, yang terletak di belakang Ruko Taman Topi Square (patokan: di belakang KFC Taman Topi). Untuk menuju stasiun Bogor Paledang ini, kita bisa naik kereta apapun yang menuju stasiun Bogor.

    Setelah keluar dari stasiun Bogor, kita perlu berjalan menyebrangi jembatan penyebrangan dan terus berjalan ke arah kiri menuju Ruko Taman Topi Square. Dari situ, ada jalan kecil yang sejajar dengan rel kereta api. Ikuti saja jalan tersebut, kurang lebih 200 meter dari jalan besar akan ada stasiun Bogor Paledang di sisi kiri.

  • Ada obyek wisata di dekat stasiun Sukabumi?

    Banyak! Untuk yang suka wisata kuliner, Sukabumi banyak menjanjikan hidangan yang menarik. Dari Bubur Odeon yang lezat hingga oleh-oleh moci Lampion yang sangat terkenal itu. Bagi pecinta kegiatan outdoor, Sukabumi adalah surganya. Mau camping bisa, river tubing ada, wisata air terjun di Sukabumi pun bagus-bagus banget.

    curug sawer sukabumi
    Salah satu obyek wisata yang terkenal di Sukabumi; Curug Sawer

    Suka mancing di danau? Sukabumi punya Situgunung yang selain enak buat mancing, pemandangannya juga bagus banget! Bakalan betah deh berlama-lama mancing di Situgunung.

    Danau Situgunung Sukabumi
    Pagi-pagi memancing di Danau Situgunung Sukabumi
  • Saya mau ke daerah A, B, C di Sukabumi, dari stasiun naik apa?

    Mohon maaf saya tidak bisa menjawab jenis pertanyaan seperti ini, karena saya bukan asli orang Sukabumi yang hafal transportasi umum di sana. Intinya, KA Pangrango berhenti di stasiun Sukabumi.

    Sementara, tidak jauh dari stasiun ini ada pasar dan terminal angkutan yang dilewati hampir semua rute angkot di Sukabumi. Jadi tidak perlu khawatir dengan transportasi lanjutan untuk menuju ke daerah tertentu di Sukabumi.

 

Note:
Artikel ini sudah diperbaharui sehingga informasi didalamnya relevan saat ini.

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.
125 Responses
    1. parah1ta

      Hai Angga,

      Sejauh ini sepertinya belum ada, karena jalur rel antara Bandung – Cianjur masih dalam tahap perbaikan. Mudah-mudahan ga lama lagi Bandung – Cianjur – Sukabumi segera terhubung [kembali] via kereta api.

  1. Permisi sekedar cari info. kalau saya berangkat dari Jakarta naik kereta menuju stasiun commuter Bogor, sampai disana berarti harus pindah ke stasiun Bogor-Paledang ya?

    di website KAI tidak ada nama “Bogor-Paledang” yg ada hanya “Bogor”, apakah itu sudah otomatis yg dimaksud Bogor-Paledang?

    terima kasih! 🙂

    1. Parahita Satiti

      Ya, di website PT KAI memang hanya disebutkan stasiun Bogor (BOO) saja. Silakan pilih pilihan tsb untuk pemesanan tiket.

      Saya menyebutkan Stasiun Bogor-Paledang hanya sebagai informasi tambahan, agar orang yang membaca postingan ini tahu bahwa harus berpindah stasiun dari stasiun tempat turun dari commuter line ke stasiun tempat naik KA ke Sukabumi. 🙂

      Terimakasih sudah mampir di blog saya yaaa..

  2. windy

    Mba..jd kalau sdh sampai bogor kita naik apa ke stasiun…yg ada jurusan ke sukabuminya. Dan kalau boleh tau jau ngga jarak stasiun kereta sukabumi dgn terminal bus..nya. Sya mau ke desa limus…

    1. Parahita Satiti

      Mba windy, kereta ke Sukabumi berangkat dari Stasiun Paledang ya, letaknya ada di belakang KFC Taman Topi Square. Saya kurang tahu naik angkot apa dari terminal (Baranangsiang) ke Paledang. Yang pasti Stasiun Paledang ga jauh dari Stasiun Bogor ya…

      Kalau di Sukabumi-nya, dari stasiun juga ga terlalu jauh ke terminal. Tapi karena Stasiun Sukabumi itu berdempetan dengan pasar yang macet, saya sarankan naik ojek saja ke terminal. Semoga saran saya membantu yaaa…

  3. windy

    Siap siap
    Mksh.
    Jd kalau dr bekasi naik comutter line turun di stasiun bogor…lalu naik angkot lg ke statiun paledang ya?

    1. Parahita Satiti

      Ga usah naik angkot, Mba.. jalan kaki aja. Tinggal keluar dari stasiun Bogor, trus cari KFC Taman Topi (yg kelihatan dari stasiun Bogor), Stasiun Paledang ada di belakang KFC itu.

  4. Friska Anjani

    mau nny dong, bulan depan ada rencana utk maen ke sukabumi pke kereta api, kebetulan sya sendir berada dekat dengan stasiun serpong, menurut informasi, bisa menggunakan kereta dgn cara naek commuter line ke arah tanah abang, lalu menuju bogor, transit disana kemudian lanjut ke sukabumi, yg jadi pertanyaan’a, di bogor kita harus turun distasiun mana utk bisa naek jurusan sukabumi, terima kasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Friska,

      Betul, naik commline dari ke Tanah Abang, lalu ganti commline jurusan Bogor. Turun di stasiun Bogor, kamu harus pindah stasiun ke stasiun Bogor – Paledang.

      Stasiun Bogor-Paledang ini ga jauh dari Stasiun Bogor (tempat turun commline). Kamu tinggal cari pintu keluar, sebelum pintu keluar ada jembatan penyebrangan, naik ke jembatan penyebrangan itu, trus mabil ke arah kiri, ke arah KFC Taman Topi Square. Stasiun Paledanga ada di belakang Gedung KFC itu.

  5. Yanita DC

    Punten, mau tanya dong, jarak dari stasiun lampegan ke situs gn. padang berapa jauh ya, klo naik ojeg ongkosnya kira2 berapa? kemarin ada temen yang bilang disana ojeg susah banget, mungkin dia semacam nakut2in biar ga jadi kesana “ngeteng”, tapi ini penasaran banget huhuhu..ditunggu infonya ya 🙂 nuhun..

    1. Parahita Satiti

      Hai, Yanita.. maaf saya kurang tahu jarak persis-nya dari Stasiun Lampegan ke situs Gn. Padang berapa jauh. Waktu itu saya naik elf (rombongan) ga lebih dari 30 menit sih lamanya. Jalanannya jalanan berbatu gitu ya, jadi mobil pelan-pelan banget jalannya.

      Setahu saya, di sekitar stasiun Lampegan banyak kok tukang ojeg mangkal. Karena saya ngelihat sendiri waktu elf kami istirahat di dekat sana. Ga usah takut ga dapet ojeg 🙂 good luck ya jalan-jalan ke Gunung Padang-nya 🙂

  6. Indra Putra

    bagi info kl dari bandung mau ke cianjur naik kereta api,saya harus naik dari stasiun apa dan kereta apa ya terimakasih

    1. Parahita Satiti

      Setahu sekarang ini belum ada lagi kereta yang melayani Bandung – Cianjur, Mas.. Kabarnya sih 2015 akan dibuka jalurnya, tapi belum tahu kapan.

  7. Indra Putra

    terus kalau dari bandung ke cianjur saya harus naik apa,maaf saya asli surabaya dan ada acara di cianjur,dari surabaya saya ke bandung dulu,nah dari bandung untuk ke cianjur nya saya yg masih belum tahu harus naik apa untuk sampai ke sana,kalau naik bus ada ngk yg langsung turun cianjur?kira2 berapa jam dari bandung ke cianjur…terimakasih banyak mbak atas bantuannya

    1. Parahita Satiti

      Bisa naik bus ‘MGI’ jurusan Bandung – Cianjur, atau Bandung – Sukabumi yang lewat Cianjur. Perjalanan kurang lebih 2 jam dari Bandung. Naiknya dari terminal Leuwipanjang yaaa..

  8. poppy

    lg serching perjalanan sukabumi ke bekasi…
    dr sukabumi bisa naik kereta ke bogor..nah dr bogor naik apa klo ke bekasi?
    trus tujuan saya bawa anak ke bekasi square tuh..mo nyoba wahana es gitu…
    ada referensi hotel murah??makasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Mba Poppy,

      Dari Bogor bisa naik kereta commuter line dari Stasiun Bogor, tujuan Bekasi. Atau bisa juga naik bis dari Terminal Baranangsiang. Tapi saran saya lebih enak naik kereta commuter line, karena ga usah naik angkot lagi ke terminal.

      Untuk rekomendasi hotel murah di Bekasi, maaf saya kurang tahu. Belum pernah nginep di hotel di Bekasi soalnya 🙂

  9. Hadi mas Gusti

    Kalo mau turun di sekitar daerah parungkuda atau ga pasar cibadak sukabumi dari bekasi , turunnya di stasiun mana kalo naek kereta pangrango nya ka ??

  10. MikeMMiMike

    Halo, bisa minta tolong spesifik rute ke stasiun sukabumi? saya dari cengkareng, jakarta. Kira2 bisa dibikinkan rutenya dari cengkareng naik kereta apa aja agar sampai di stasiun sukabumi? terima kasih banyak. 🙂

    1. Parahita Satiti

      Hai Mike,
      Terus terang saya kurang tahu kalau dari Cengkareng bisa naik kereta apa. Saya bantu dengan rute alternatif ya?
      Jakarta Kota (Djuanda, Cikini, Manggarai, Tebet, Cawang, dst) – Bogor, lalu disambung KA Siliwangi/Pagrango dari Bogor Paledang ke Sukabumi.
      Tanah Abang (Sudirman, Manggarai, Tebet, Cawang, dst) – Bogor), lalu disambung KA Siliwangi/Pangrango dari Bogor Paedang ke Sukabumi.

  11. Risya Avia

    Mau tanya kalau ke nagrak atau wangun kira2 harus berhenti distasiun mana ya..klo pesan H-1 keberangkatan bisa kah? Dr stasiun bogor hars jalan ke KFC arah taman topi ya.. Sukabumi-bogor jg adakah klo sore? Soalny first time sbtu ini mau kesukabumi naik kreta untuk menghindari macet Trmksi..

    1. Parahita Satiti

      Hai Risya, maaf saya kurang tau kalau mau ke Nagrak atau Wangun harus turun di mana. Mungkin bisa ditanyakan ke petugas/kondektur.

      H-1 biasanya tiket sudah habis terjual, tapi ga ada salahnya nyoba beli. Siapa tahu masih ada.

      Iya, Stasiun Paledang ada di belakang KFC Taman Topi.

      Kereta dari Bogor ke Sukabumi ada 3 kali: pagi, siang, dan sore (kalau jadwal belum berubah)

  12. Baz

    Mat pagi mas saya mau nanya kalau saya dari bandara soekarno hatta, bsk hari sabtu, 3/10/2015 di Stasiun mana bila saya ke sukabumi? Jadwalnya keretanya jam berapa? Dan berapa harga tiketnya? Mohon penjelasannya. Trims

    1. Parahita Satiti

      Pagi, Baz 🙂
      Ngomong-ngomong, yang punya blog ini perempuan ya, hehe..
      Dari Bandara Soetta, naik Damri dulu ke Stasiun Gambir. Trus naik ojek ke Stasiun Juanda, naik kereta commuter line jurusan Bogor.
      Di Bogor, jalan kaki ke Stasiun Paledang, lanjut naik KA ke Sukabumi.

      Untuk jadwal dan harga tiket, silakan cek sendiri di website PT KAI ya 🙂

  13. puput indah lestari

    Terima kasih banyak. Infonya sangat membantu sekali. Bahkan saya membaca sampai ke pertanyaannya dan dijawab dengan sangat memuaskan. Terima kasih, karena kebetulan saya baru rencana akan ke sukabumi naik kereta cuma tidak tahu harus bagaimana ?

    1. Parahita Satiti

      Hai, Puput 🙂 aku senang kalau ternyata postingan ku bisa membantu teman-teman pejalan lainnya. Selamat jalan-jalan ke Sukabumi ya!

    1. Parahita Satiti

      Hai, Bagus! 🙂

      Setahu saya, kereta Bandung – Bogor sudah berhenti beroperasi sekitar tahun 2001 karena ada jalur yang longsor, dan sampai sekarang masih diperbaiki. Kalau ga salah baru akan dibuka kembali Desember 2015, atau mungkin awal tahun depan.

      Kalau mau, dari Bandung ke Bogor bisa naik bus, dari Terminal Leuwipanjang banyak pilihannya, kok. Selamat jalan-jalan, ya!

    1. Parahita Satiti

      Hai Glenn,
      Kayanya kalau ke daerah Tanjungsari, Kab. Bogor, masih jauh kalau naik kereta ke Cianjur. Dari Cianjur, masih kurang lebih 1.5 jam perjalanan untuk sampai ke Tanjungsari.

      Kalau dari Jakarta, saya sarankan kamu kalau naik angkutan umum, naik bus Kp. Rambutan – Cianjur yang lewat Jonggol, itu lewat Tanjungsari. Kalau bawa mobil sendiri, keluar tol di Cibubur, lalu terus mengikuti jalan Transyogi, lewat Cileungsi, Jonggol, Cariu. Di perempatan Cariu, belok kanan ke arah Cianjur, sekitar 15 menit dari Cariu nanti ketemulah Kecamatan Tanjungsari, tinggal tanya aja Desa Cibadaknya.

      Semoga infonya membantu ya!

    1. Parahita Satiti

      Dari Lampung kamu bisa naik bus damri yang ke Stasiun Gambir, terus naik ojek/bajaj ke Stasiun Djuanda. Dari Stasiun Djuandan tinggal naik commuter line ke Bogor.

  14. dee

    malam Ka, mau tny berarti klo ke Tanakita naik kereta sukabumi turun di stasiun apa, trs naik apa lagi utk sampai ke lokasi? Kira2 perjalanan bs menghabiskan wktu brp lama y Ka? Terima kasih Ka info-infonya saya baca semua comment yg ad sgt membantu.. 🙂

    1. Parahita Satiti

      Hai Dee, kamu bisa turun di stasiun Cisaat, disambung angkot dari stasiun ke pertigaan polsek cisaat, trus angkot lagi sampai ke Situgunung. Perjalanan kereta dari Bogor ke Cisaat itu sekitar 2,5 jam. Angkot sekitar 1 jam lah dari stasiun Cisaat. Kalau kamu perginya rombongan, saya saranin sih lebih baik nyewa angkot aja dari Stasiun Cisaat. Sekitar IDR 100.000 bisa untu 8-10 orang.

    1. Parahita Satiti

      Hai Mba Novi,
      Kereta ke Sukabumi itu ada 2 kelas dalam 1 rangkaian, Mba. Kelas ekonomi dan kelas eksekutif. Kalau yang kelas eksekutif, kondisi gerbongnya kaya KA Argo Parahyangan (yang kelas eksekutif), yang kelas ekonomi kaya KA Matarmaja yang jurusan Malang, duduknya 3-2. Semua kelas ber-AC.

      Sekarang tinggal batas level nyamannya Mba Novi dan anak-anak sampai segimana.

  15. Halimi

    Hallo mba makasih postingannya sangat membantu, saya mau ke desa cikangkung sukabumi tp blm prnh kesana, kalo dari jogja ke jakarta turun di stasiun jatinegara kmdn naik commuter line smpe bogor terus naik kereta ke stasiun sukabumi apa sudah benar? Rencana saya mau rental dr sukabumi ke cikangkungnya apa mba tau rutenya? Terus kalo dr sukabumi menuju bandung apa ada kereta? Terimakasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Halimi 🙂
      Rute yang kamu sebutin itu sudah benar. Sekedar kasih opsi, kalau mau kamu juga bisa naik bus ke Sukabumi dari Jakarta, naiknya dari Terminal Kampung Rambutan.

      Jujur saya kurang tahu desa Cikangkung ada di sebelah mananya Sukabumi. Kalau kamu sebutkan nama Kecamatannya mungkin saya bisa bantu.

      Kereta Sukabumi ke Bandung sepertinya belum beroperasi lagi, baru sampai ke Cianjur saja. Kalau mau naik bus, Bandung-Sukabumi ada bus.

  16. Rifani

    Makasih ya mba atas informasi nya sgt bermanfaat. sy juga besok rencana mau ke sukabumi cuma masih binggung hehe soalnya sy pendatang. Sukses selalu ya mba 🙂

  17. dinda

    Halo mbak,

    Saya mau tanya dong, mbak beli tiket Bogor – Sukabumi nya via website (tiket.com atau situs KAI) atau langsung ke stasiun?
    Karena saya coba pesan via website, jadwalnya tidak tersedi (bukan penuh.

    Terima kasih bantuannya.

    1. Parahita Satiti

      Hai Dinda 😉
      Barusan saya tanya ke call center PT KAI (dari PSTN 121, dari HP 021-121), KA Pangrango dan Siliwangi saat ini masuk kategori KA lokal, sehingga tiketnya TIDAK lagi dijual melalui website.
      Untuk pembelian, silakan datang langsung ke loket stasiun yang dilewati oleh KA ini. Misalnya kamu mau berangkat dari Bogor, silakan membeli di stasiun Paledang-Bogor. Tiket dijual mulai H-30 keberangkatan.

    1. Parahita Satiti

      Hai Chris, maaf baru sempet bales.
      Kalau ke Cariu, Bogor, setahu saya ga bisa naik commuter line, ga ada jalur kereta api yang menuju ke sana.
      Kami bisa naik angkutan dengan rute:
      Pasar Minggu >> Jalan Baru (Kampung Rambutan) >> Angkot biru nomor 121 jurusan Cileungsi >> Angkot biru jurusan Jonggol >> Angkot biru jurusan Cariu

  18. mutia

    mbak kalo dari bogor ke Cikembar, desa Sirnaresmi,sukabumi paling deket berhenti di statiun apa ya?
    terus dari bogornya naik keretanya dari statiun mana?
    terima kasih mbak

    1. Aarsandi

      Bantu Jawab….

      Kalau mau ke Cikembar via Kereta Pangrango bisa, naik aja Kereta Pangrango dari Stasiun Paledang, turun di Stasiun Sukabumi, dari Stasiun Sukabumi jalan ke arah kiri (masuk pasar) sampai nemu angkot 03 warna “kuning”, naik angkot tersebut sampai ke Terminal Lembursitu, dari Terminal Lembursitu sambung naik angkot warna “biru telor asin” menuju ke Cikembar….

  19. lydia nabila

    mba mau tanya saya rencana mau ke cimaja square, kalo naek kreta pangrango kira kira turun di stasiun apa ? dan dari stasiun naik apa mba ke cimaja square . Terima kasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Lydia, sepertinya kalau ke Cimaja agak jauh kalau naik KA Pangrango. KA itu berhenti di Sukabumi kota, sementara dari Sukabumi ke Cimaja/Pelabuhan Ratu itu masih 3-4 jam naik bus. Saran saya, kamu langsung naik bus jurusan Pelabuhan Ratu dari Bogor/Jakarta.

  20. M. Yudhansyah

    Kalau jurusan dari jakarta kemayoran – sukabumi (PP) ada tidak ya, kalau ada jam berapa ya schedulnya trim’s

    1. Parahita Satiti

      Hai Yudhansyah, ga ada kereta langsung dari Kemayoran ke Sukabumi. Harusnya kamu bisa simpulkan dari tulisan saya, intinya kita harus naik kereta dari Bogor (Paledang) ke Sukabumi. Tinggal kamu sesuaikan aja, gimana caranya dari tempat kamu ke Bogor gimana. Gituuu…

    1. Parahita Satiti

      Hai Henda, ga ada kereta langsung dari Tangerang Kota ke Sukabumi. Harusnya kamu bisa simpulkan dari tulisan saya, intinya kita harus naik kereta dari Bogor (Paledang) ke Sukabumi. Tinggal kamu sesuaikan aja, gimana caranya dari tempat kamu ke Bogor gimana. Gituuu…

  21. Mifta

    Pagi 🙂
    oia nii klo dri surabaya mau ke cianjur (cidaun)
    kira2 klo naik kereta ..
    Kereta jrusan apa mbak klo sampai ke cianjur . .
    Tlong ya mbak minta info.nya 🙂

    1. Parahita Satiti

      Hai Mifta, ga ada kereta langsung dari Surabaya ke Cianjur. Dari Surabaya pasti kamu harus naik KA dulu ke stasiun Gambir/Pasar Senen. Kemudian kamu harus cari stasiun terdekat yang dilewati KA commuter line menuju Bogor. Dari Bogor (paledang), baru kamu bisa naik KA ke Cianjur.

  22. Rudi hartono

    Hai mba, mau nanya nihhh, kalau dari setasiun gambir naik ojek ke juanda berapa ongkosnya Dan ditempuh berapa menit, saya Pingin naik kereta kesukabumi, tujuannya waluran kecamatan waluran. Kalau dari setasiun sukabumi terus naik apa ya supaya sampai ke kecamatan waluran, soalnya belom pernah kesana naik kereta

    1. Parahita Satiti

      Hai Rudi, biasanya dari Gambir ke Djuanda sekitar IDR 10.000 sampai IDR 15.000, tergantung kemampuan kamu nawar.

      Maaf, saya kurang tahu kecamatan Waluran di Sukabumi sebelah mana, jadi ga bisa bantu info musti turun di mana.

    1. Parahita Satiti

      Ya, naik commline dari Lenteng Agung, turun di Stasiun Bogor. Keluar, jalan kaki ke Stasiun Paledang, baru naik kereta ke Sukabumi.

  23. enie

    Ada info tak. trmpat pariwisata yg bagus di sukabumi apa ya? rencana mau kesana bln may. trn nya di stasiun sukabumi nya.
    Makasih…

  24. Artis

    Mo tanya mba, beli tiketnya di sta bogor yg ada commuternya apa di sta paledang n bs beli pd hari H nya enggak? sm bs dibeli di alfa or indomaret enggak? mksh tuk infonya

    1. Parahita Satiti

      Belinya di Stasiun Paledang ya. Saya kurang tahu apakah bisa beli di Hari H atau nggak. Tapi mendingan sih pesan jauh-jauh hari daripada udah siap beli tapi kehabisan.

  25. Halo sist..keren bgt blognya. Detail bener dah 😀
    artikelnya kan dari thn 2015 ya.. saya coba cek di web resmi KA terkini u/booking tgl 21-Mei-16, stasiun Bogor- Sukabumi (cisaat) tersedia. tapi di list stasiun Bogornya ga ada nama Paledang. apa sama rutenya ya? ato tetep harus naek dari Paledang (yg b’arti ga bisa booking onlen). Mohon pencerahannya ya ^^ trims

    1. Parahita Satiti

      Hai Ricka, terimakasih sudah mampir di blog saya ya.
      Kamu sudah ‘coba’ beli via website PT KAI atau tiket.com belum? Biasanya meski tanggal tersedia, pas diklik mau dibeli ga bisa. Aku pernah nyoba telp ke call center PT KAI, dan dibilangin kalau tiket Bogor Paledang – Sukabumi sekarang masuk ke kategori ‘Kereta Lokal” jadi hanya bisa dibeli di statiun keberangkatan (Which is, if you depart from Bogor Paledang, then you can only buy the ticket on Bogor Paledang)

  26. sam

    mau nanya,kalo mau ke terminal plbuhan ratu dg naik kreta gimana ya teh?trus beli tiketnya bisa dialfamart gak?

  27. parman

    Hai mba…mw tanya bus yg langsung dari bandara soetta ke sukabumi ada nga? Kalau ga ada saya harus naik bus jurusan mana dulu baru ke sukabumi

    1. Parahita Satiti

      Mas Parman bisa naik bus Bandara – Kampung Rambutan, trus sambung bus ke Sukabumi dari Kampung Rambutan.

  28. Denis

    Pagi mba…saya mau tanya kalo bus ke sukabumi ..dari terminal bekasi ada ga ya…?lalu turun di terminal apa namanya…mkssih

    1. Parahita Satiti

      Kayanya saya udah pernah jawab pertanyaan ini di komen sebelumnya. Tolong cari jawabannya di atas ya, Mas 😉

    2. Aarsandi

      Bantu Jawab….
      Ke Pelabuhan Ratu via Kereta Pangrango bisa, naik aja Kereta Pangrango sampai Stasiun Sukabumi, dari Stasiun jalan ke sebelah kiri (masuk pasar) sampai nemu angkot 03 “kuning”, naik angkot tersebut sampai Terminal Lembursitu, dari Terminal Lembursitu terus naik Bus ke Pelabuhan Ratu…

    1. Parahita Satiti

      Hai, Sonia 🙂

      Kalau kamu mau ke Sukabumi ya turun Sukabumi. Kalau saya karena mau ke Situgunung, turun di Stasiun Cisaat.

  29. elly

    halloo mba parahita,

    saya mau tanya, kl dr stasiun bekasi ke stasiun bogor kan bayar tuh, nah nnt pas pindah ke stasiun bogor-paledang kita bayar lg untuk ke stasiun sukabumi nya ga?
    atau sudah bisa dibayar langsung diawal pada saat pembelian tiket di stasiun bekasi?

    Terima Kasih

    1. Parahita Satiti

      Hai, Mba Elly.

      KA commuter line dan KA yang ke Sukabumi ini beda rangkaian ya. Artinya; Mba harus ganti kereta (bahkan ganti stasiun) kalau mau naik KA ke Sukabumi. Ya tentu harus bayar lagi dong, hehehe…

  30. Cebolzappa

    Halo! Posting ini membantu saya yg mau ke sukabumi krn ada acara pernikahan. Terima kasih.

    Tapi saya mau share, saya beli ticket pulang pergi di tiket.com masih bisa kok. Tertulis stasiun bogor ke sukabumi.
    – krn rmh di daerah cibubur, saya berangkat dari lenteng agung (sebab stasiun ini cukup luas dan bersih dan ada tmp duduk nunggu)
    – dari lt. Agung saya naik kereta jurusan bogor (harga ticket 3.000 saja, namun kalo dari LA Harus beli kartu dari mereka dgn deposit 10.000, nantinya bisa di refund kalo kartu dikembalikan)
    – saya nunggu tdk lama, sampai jam 6.05 naik kereta sekitar 6.20, sampai bogor kurang lebih jam 7
    – bisa download apps KRL ACCESS untuk tau jadwal2 kereta
    – kemudian setibanya di st bogor, ikuti saja arah keluar atau tanya petugas, kita harus naik jembatan hijau dan nyebrang jalan
    – sebenarnya posisi paledang cukup dekat, persis sebrang jalan di belakang gedung sebelah kanan KFC (lupa namanya)
    – jadi ikuti saja jembatan penyebrangan u/ menyebrang, jalan ke arah gedung tadi kemudia jalan masuk ke dalam nanti terlihat stn. Paledang, msh walking distance kok. Ibu saya saja bisa jalan dgn menggunakan kain krn mau kondangan
    – nanti tukar tiket di stn. Paledang dan naik deeh ke sukabumi
    Tiket eksekutif 60.000 selamat mencoba

    1. Parahita Satiti

      Saya kurang tahu Jl Bhayangkara persisnya di Sukabumi sebelah mana, Mbak. Tapi asumsi saya mungkin di kota Sukabumi-nya ya? Jadi turun saja di Stasiun Sukabumi.

      Atau bisa di cek di google maps biar lebih yakin.

    2. Aarsandi

      Bantu jawab….
      Kebetulan saya orang Sukabumi, kalau mau ke jalan Bhayangkara naik kereta turun di Stasiun Sukabumi, terus naik angkot warna “pink”, turun di depan Bank BNI / Toserba Selamet, Terus sambung naik angkot warna “putih” sampai ke jalan Bhayangkara…

  31. Vin

    Wah gak sengajak nemu blog berguna…
    Saya harus ke sukabumi besok tepatnya ke tanakita camping ground, tiket kereta bogor-sukabumi sudah habis
    Alternatif lain yg tersedia apa aja ya untuk kesana? Kalo pake mobil pribadi gak kuat euy…
    Trims

    1. Parahita Satiti

      Hai Vin,

      Kamu bisa naik mobil elf Bogor-Sukabumi dari terminal Baranangsiang, bilang aja turun di Polsek Cisaat. Nanti dari situ kamu bisa lanjut naik ojek atau angkot ke Situgunung.

  32. Lila

    haloo kak mau tanya dong kira-kira kalau dari Santa Sea Waterpark mau ke Bekasi naik kereta, rutenya apa aja ya kak? terus kita naik kereta dari sukabumi dari stasiun apa dan nama keretanya apa? ada gak angkutan umum dari Santa Sea ke stasiun tsb? terimakasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Lila, maaf saya kurang tahu Santa Sea Waterpark ada di sebelah mananya Sukabumi, jadi ga bisa kasih arahan musti naik apa ke Stasiun.

      Intinya kalau kamu mau ke Bekasi dari Sukabumi, kamu perlu: naik KA Siliwangi atau Pangrango dari Stasiun Sukabumi ke Stasiun Bogor Paledang. Dari Stasiun Bogor Paledang, kamu jalan kaki ke Stasiun Bogor, trus ganti naik Commuter Line jurusan Manggarai, di Manggarai ganti yang jurusan Bekasi.

      Mudah-mudahan petunjuk saya bisa membantu ya!

    2. Aarsandi

      Bantu jawab….
      Dari Santa Sea Waterpark, bisa naik angkot 20 (warna hijau tua) sampai ke pasar depan Ramayana, dari Ramayana jalan ke atas ke Stasiun Sukabumi (tanya saja sama warga sekitar disana ke Stasiun Sukabumi jalan ke arah mana), terus dari Stasiun Sukabumi naik Kereta Pangrango yang berangkat pukul 05:00, 10:30 & 15:40 sampai ke Stasiun Paledang, dari Stasiun Paledang nyebrang ke Stasiun Bogor, naik commuter sampai Bekasi…

Leave a Reply

%d bloggers like this: