Akamaru Shinaji

Menyeruput Ramen di Ippudo Indonesia

Ippudo Indonesia 1st Blogger Event
Ippudo Indonesia 1st Blogger Event

Ramen? Diseruput? Memangnya sopan ya menyeruput makanan?

Itu juga yang jadi pertanyaan dalam hati saya ketika disodori kertas berisi tata cara makan ramen yang benar menurut tradisi Jepang di acara Ippudo Indonesia 1st Blogger Event yang diselenggarakan di gerai Ippudo Pacific Place, 4 Desember lalu. Kan katanya makan sampai mengeluarkan suara dari mulut itu kata orang jawa “ora ilok” alias ga sopan. Ternyata untuk orang Jepang, justru kebalikannya. Makan ramen sambil menyeruput mi tipis dari sumpit hingga masuk ke mulut dengan bersuara, atau yang mereka sebut dengan zuzutto, adalah cara menikmati ramen yang paling benar. Dengan cara menyeruput tersebut maka kelezatan kaldu dan mi akan menyebar di dalam mulut, dan akhirnya kita bisa merasakan apa yang mereka sebut sebagai nodogoshi, sensasi lembut makanan meluncur ke kerongkongan. Yumm!

Ippudo Indonesia
Ippudo Indonesia

Ippudo adalah sebuah gerai ramen yang pertama kali didirikan di Fukuoka City oleh Shigemi Kawahara pada Oktober 1985. Kawahara sendiri memperoleh gelar sebagai Ramen King dan masuk ke dalam Ramen Hall of Fame setelah menjuarai suatu kompetisi membuat ramen di salah satu stasiun televisi di Jepang. Dengan dedikasi dan kecintaan Kawahara pada ramen, tak heran jika Ippudo kini memiliki lebih dari 80 gerai di Jepang dan lebih dari 45 gerai di seluruh dunia, termasuk 1 gerai di Jakarta.

Saat ini, seluruh ramen yang tesaji di Ippudo Indonesia menggunakan kaldu dari babi. Namun, sekitar akhir quarter pertama 2015 nanti, rencananya Ippudo Indonesia akan mulai menyajikan ramen dengan kaldu dari ayam. Semoga ini jadi kabar baik buat yang pengen nyobain ramennya Ippudo, tapi ga makan babi yaaa… (tolong tetap dibaca sebagai “ga makan babi” yaaa.. saya ga bilang buat yang Muslim lho ya 😀 Ya kali aja akan ada yang mendebat saya dengan kalimat “tapi kan tempat masaknya sama” atau “tetep aja belum punya sertifikasi hahal”, makanya langsung saya sisipin disclaimer di sini). Kalau nanti rencana adanya menu ramen dengan kaldu ayam benar-benar terwujud, maka Ippudo Indonesia akan jadi gerai Ippudo pertama yang menyajikan ramen selain berkuah babi, bahkan Ippudo Malaysia pun tidak menyajikan ramen berkuah ayam.

Akamaru Shinaji
Akamaru Shinaji

Ada 3 signature ramen yang tersaji di Ippuod, yaitu: Shiromaru Motoaji (ramen berkuah putih, dengan mi super tipis, pork loin, kecambah, kikurage, dan daun bawang), Akamaru Shinaji (ramen berkuah merah dengan campuran pasta miso dan minyak bawang, disajikan dengan mi tipis, pork belly, kikurage, daun bawang, dan kecambah), dan yang terakhir Karaka-Men (Ramen dengan kaldu merah khas Ippudo disajikan dengan miso pedas, kacang mede, kecambah dan daging babi giling).

Yang ga kalah seru dari menu utama di Ippudo, adalah appetizer-nya. Kami nyobain appetizer set yang terdiri dari pork bun, spicy shrimp mayo dan salmon roll. Pertama kali nyobain salmon roll, saya langsung menggumam ke Bulan “Buuy, this is something to die for! Enak banget!”, dan Bulan setuju. Spicy shrimp mayo, saus mayo-nya lumayan enak, tapi udang goreng terasa biasa aja, untung penampilan penyajiannya cantik, hehehe.. Pork bun-nya juga enak, saya suka irisan pork yang ditumis dengan bumbu manis yang light.

Malam itu saya nyobain Akamaru Shinaji, dan Bulan Karaka-Men. Yang lucu, ketika kami saling membagi ramen masing-masing, kami sepakat ramen yang tidak kami pesan jauh lebih enak. Saya lebih suka Karaka-Men pesanan Bulan karena lebih pedas dan bumbunya “nendang”, sementara Bulan lebih suka ramen pesanan saya karena katanya kuahnya lebih light dan ga bikin eneg kalau dimakan dalam porsi besar.

Are you ready to Sip, Slurp and Top the ramen at Ippudo Indonesia? Saya punya 1 voucher makan ramen di Ippudo Indonesia buat kamu yang berminat. Caranya cukup dengan menjawab pertanyaan berikut di kolom komentar:

Saat makan ramen, dari tiga elemen ramen: kuah, mi, dan topping, elemen apa yang paling kamu suka?

Nanti 1 orang yang beruntung (saya pilih secara acak), akan mendapatkan 1 voucher ramen dari Ippudo Indonesia. Kalau mau saya temenin makannya juga boleh, hihi… Ditunggu ya komentarnya!

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.
5 Responses
  1. kusmiyadi

    Yang jelas dari kuahnya dulu kak…. Ketika menyeruput kuah langsung orgasme di tempat, itu tandanya si kuah sakses membuat elemen lain seperti mie dan toppingnya akan terdongkrak citarasanya. Sinih vocernya #uhuyyy

  2. Mienya…tekstur mie menentukan rasa akhir dari ramen tersebut…kuah boleh juara tapi kalau tekstur mie yang terlalu lembek atau terlalu keras bisa menggagalkan suasana di kota santri…maksudnya menggagalkan kelezatan ramen keseluruhan…menurut saya lho…saya suka tulisannya…bikin pengen makan di ippudo

  3. Kuahnya doonk.. Makan apapun yg berkuah, gw selalu nambah kuahnya,meski isiannya udah habis. Apalagi kalo kuahnya gurih segar pedes, hummm…bikin lidah bergoyang dan perut mengencang! Hahahaha..
    Maauuu donk iciippp ramen babinyaaa…

  4. Parahita Satiti

    Halo.. halo..
    Diar, Kalejid, Simbok Miki, Cika, terimaksih banyak ya udah ikutan kuis lucu-lucuan di sini. Sayangnya saya cuma punya 1 voucher untuk 1 pemenang, i wish i have four!
    Setelah saya undi pemenangnya Kalejid..

    Yang belum menang, pankapan ikutan lagi yaaa… :-*

Leave a Reply