Goin Wind Blows

Goin’ Where the Wind Blows

Sesungguhnya, saya tidak pernah punya rencana dalam berlibur atau jalan-jalan. Khususnya rencana jangka panjang seperti lima atau sepuluh tahun lagi mau kemana. Paling banter, saya punya rencana dalam tahun saja. Itupun paling hanya untuk satu atau dua destinasi. Selebihnya, biasanya saya putuskan sekitar sebulan atau bahkan seminggu sebelum berangkat jalan-jalan.

Di dalam sebuah buku notes, saya sering menuliskan tempat-tempat yang ingin saya kunjungi. Dan dua tahun lalu saya pernah iseng melihat kembali, dari tempat-tempat yang pernah saya tulis di sana hampir 80% tercapai.

Kalau dipikir-pikir, ajaib juga saya bisa ke tempat-tempat itu dalam kurun yang cukup singkat tanpa saya pernah benar-benar menargetkan apapun.

Trip ke Pulau Bangka
Trip ke Pulau Bangka ini cuma direncanain 2 bulan sebelumnya

Mungkin benar, ketika kita menuliskan mimpi-mimpi kita, alam semesta akan berkonspirasi untuk mewujudkannya.

Setelah daftar yang saya buat bertahun-tahun lalu, praktis saya belum pernah menambahkan satu destinasi pun di dalamnya. Masih ada sekitar 6 tempat di daftar itu yang belum saya datangi di daftar itu, hingga saat ini, yaitu: Baluran, Wakatobi, Takabonerate, Sumba, Alor, dan Merauke.

Dari ke enam tempat ini ada satu yang mungkin akan saya datangi tahun ini. Tapi saya masih galaw. Jadi mendingan ga usah cerita-cerita dulu kali ya, hehehe…

Kalau memang rejeki, pasti akan ada jalannya menuju tempat itu. Siapa tahu dalam lima tahun ke depan ke enam destinasi itu bisa saya kunjungi. Atau bahkan lebih?

28 Days Writing Challenge

Day 15: Your 5 Years Plan In Traveling

Seorang teman menantang saya untuk melakukan 28-Days Writing Challenge di blog ini. Aturannya sederhana; setiap hari dia akan meberikan sebuah tema dan saya harus menulis sebuah tulisan pendek (tidak lebih dari 500 kata) dari tema tersebut.

Baca semua artikel 28-Days Writing Challenge!

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.
2 Responses

Leave a Reply