Chez Bon Hostel Braga Bandung

Chez Bon Hostel, Murah dan Nyaman di Pusat Kota Bandung

Tidak seperti di kota-kota besar lainnya di Asia Tenggara, di Indonesia jarang ditemukan hostel tipe dormitory (dorm) di Indonesia. Di sini kebanyakan hotel murah itu ya bentuknya losmen, kalau orang bule nyebutnya bed & breakfast kali yeee..

Makanya waktu lihat di timeline twitter @KopiOey ada penginapan bergaya dorm gini di Bandung, saya penasaran banget pengen nyobain. Hitung-hitung latihan nginep di dorm kalau suatu saat nanti kesampaian keliling Asia Tenggara, amiiinn…

Nama penginapannya Chez Bon Hostel, mengusung tagline Chez Bon C’est Bon, kalau diterjemahkan ke bahasa inggris kurang lebih artinya Bon’s Place, It’s good! Bon’s Place?

Yang punya namanya Bon? Iyes, bener…

Lengkapnya Pak Bondan Winarno, pakar kuliner yang menurut saya sangat resourceful kalau ditanya soal makanan mak nyus di kota ini dan itu, dan bisa tahan jawabin pertanyaan dari para followers-nya di twitter.

Ok, balik lagi ke Chez Bon.

Hostel ini terletak di Jalan Braga No. 45, berbagi gedung dengan Kopi Oey Braga. Pasti tahu dong ya Jalan Braga, terletak di jantung kota Bandung, bisa dicapai dengan berjalan kaki kurang lebih 20-30 menit dari Stasiun Hall, atau bahkan 15-20 menit dari Bandung Indah Plaza. Bangunan 4 lantai ini bagian lantai dasarnya digunakan untuk ‘warung kopi’ Oey, sementara hostel menempati lantai 2 hingga rooftop.

Seperti dormitory pada umumnya, di Chez Bon juga pakai tempat tidur bunk bed (tempat tidur bertingkat). Setiap tempat tidur dilengkapi dengan lampu baca, locker, dan colokan listrik masing-masing. Jadi ga perlu khawatir rebutan nge-charge gadget ataupun menyimpan benda berharga lah yaa..

Chez Bon Hostel Bed
Tempat Tidur Saya Malam Itu
Bunk bed Chez Bon Hostel Braga
Bed Yang Tidak Di Sewa
Chez Bon Hostel Bunk Bed
Barisan Tempat Tidur Yang Disewa Backpackers US

Tipe kamar yang tersedia ada yang small (1 bunk bed), medium (3 bunk bed)  dan large (8 bunk bed). Waktu nginep, saya nyobain kamar yang large, barengan sama 2 kelompok backpackers cewe-cewe asal US dan Swiss. Kalau kamar yang large, ada kamar mandi di dalam kamar, sementara kamar small dan medium kamar mandinya sharing di luar.

Public area Chez Bon Hostel
Ruang TV Chez Bon di Lantai 3

Satu hal yang saya suka banget dari Chez Bon Hostel, yaitu kebersihan kamarnya. Tempat tidur, sprei, sarung bantal, lantai kamar, kamar mandi, ruang tv, tangga, pantry, area resepsionis, bersiiiihh ga ada debu sama sekali. Dan meski menempati bangunan tua, ga lembab. Nilai plus berikutnya, staf Chez Bon itu ramah dan helpful sekali. Dari mulai nanya saya mau sarapan atau sahur (kebetulan waktu itu sedang bulan Ramadhan), sampai ngelarang saya nyuci peralatan makan waktu sarapan. Padahal bule-bule yang lain nyuci sendiri, malah saya yang wong jowo dilayani, hehehe…

Kamar mandi capsule Chez Bon Hostel
Kamar mandi capsule Chez Bon Hostel

Dengan tarif IDR 120.000/orang/malam, rasanya hostel ini layak dijadikan pertimbangan kalau anak Jakarta mau main ke Bandung pas week end. Lokasi di pusat kota dekat ke mana-mana, kamar bersih, staf ramah, harga pun bersahabat. Berhubung Chez Bon ini berafiliasi dengan KopiOey, saya berharap banget hostel ini juga buka cabang di kota-kota lainnya. Seru banget pastinya!

Very recommended!

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.

Leave a Reply