Cara mengubah jadwal tiket kereta api

Cara Mengubah Jadwal Tiket Kereta Api

Ada yang bilang, belum sah jadi tukang jalan kalau belum pernah salah pesan tiket pesawat, kereta api, atau bus. Saya sendiri sampai kemarin belum pernah sampai salah beli tiket. Sampai akhirnya, entah karena memang ceroboh ga nge-cek lagi tanggal yang saya klik, atau memang error dari situs penjual tiket-nya, saya salah beli tiket kereta.

Baru sadar udah salah beli tiket pas udah selesai transfer. Baca email notifikasi kok tanggal keberangkatan Selasa, 13 Mei 2014. Lho! Saya kan mau pergi hari Sabtu, 24 Mei 2014. Karena tanggal 13 Mei adalah keesokan hari (hari ini), saya sadar hanya punya sedikit waktu untuk ngurus perubahan jadwal tiket kereta api.

Baca juga: Naik Kereta Api Bandara dari Kualanamu ke Kota Medan

Pertama saya menghubungi call center situs tempat saya membeli tiket. Oleh petugas call center saya diberitahu jika sudah melewati proses pembayaran, maka hak perubahan jadwal tiket kereta api sepenuhnya ada di PT. KAI.

Ok, noted. You are so not helping!

Lalu saya menghubungi call center PT. KAI di nomor (021) 121, petugas di call center ini cukup informatif menjelaskan prosedur yang harus saya lalui untuk dapat mengubah tanggal tiket.

 

Begini prosedur mengubah jadwal tiket kereta api

  1. Pengubahan hanya bisa dilakukan dengan datang langsung ke stasiun online. Di Jakarta yang temasuk stasiun online antara lain: Pasar Senen, Jakarta Kota, Gambir, Jatinegara, Tanah Abang, Bekasi, Serpong.Saya memilih untuk ke Stasiun Gambir dengan pertimbangan meskipun lumayan jauh dari kantor di Cilandak, tapi bisa dijangkau dengan satu kali naik kopaja.
  2. Bawa fotokopi tanda pengenal calon penumpang yang namanya ada di tiket pesanan. Menurut petugas call-center fotokopi tanda pengenal ini dibutuhkan, namun pas saya ngurus, ga ditanyain tuh…
  3. Kalau tiket masih berbentuk kode booking dari situs penjual tiket KA atau agen tiket lainnya, terlebih dahulu print lah tiket dengan tanggal yang salah tersebut. Di stasiun Gambir, mesin pencetak tiket ada di stasiun bagian selatan, pas di depan loket penjual tiket.
  4. Setelah tiket yang salah di print, pergilah ke loket pemesanan tiket (bukan loket penjualan tiket). Di stasiun Gambir, loket pemesanan ada di stasiun bagian utara. Dilayani di loket nomor 6, 7, 8, dan 9.Saat menghubungi call center PT KAI, saya hanya diberitahu penukaran tiket maksimal H-1 sebelum hari keberangkatan. Saya nggak dikasih tahu tuh kalo penukaran tiket ga bisa 24 jam kaya penjualan tiket. Loket 6,7,8,9 ternyata tutup jam 19.00.Beruntung setelah nanya sana-sini dan ditolak di loket penjualan di stasiun selatan, saya masih bisa sampai di loket pemesanan jam 18.50. Fiuuuhh…
  5. Biaya untuk mengubah jadwal tiket kereta api adalah 25% dari harga tiket. Tiket kereta yang saya ganti tanggalnya kemarin adalah tiket jurusan Bogor-Sukabumi seharga masing-masing IDR 50.000, total IDR 200.000,-Jadi untuk mengubah 4 tiket, saya kena biaya IDR 50.000 juga. Harga yang harus saya bayar untuk sebuah ketidaktelitian. Hihi.

Baca juga: Naik Kereta Api Bogor – Sukabumi, bebas macet dooong!

Kalau 1 kali udah pernah ngalamin ribetnya ngurus ganti tanggal tiket kereta api kaya gini, mudah-mudahan ga akan mengulang kesalahan yang sama lagi ke depannya. Ya ga?

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.
115 Responses
  1. mei mufriatun

    kalau cara merubah tiket pulang pergi gimana ya pak?kn kalo pas berangkatnya bisa di stasiun sini,tp nek misalnya tiket pulang yg dari sana gimana?apa bisa di ubah di stasiun sini juga?terimakasih

    1. Parahita Satiti

      Hai, Elfrida…

      Kalau utk ubah tanggal dan tujuan KA, saya kurang tahu, tapi saya coba bantu ya…

      Mungkin bisa, jadi tiket yg lama dibatalkan (dengan biaya tertentu, biasanya tercantum di belakang tiket), dan uang sisa pembatalannya diperhitungkan utk pembelian tiket jurusan baru (selama masih ada seat).

      Atau coba hubungi call center PT KAI di (kode area) 121 untuk lebih jelasnya…

        1. Parahita Satiti

          Hai Immas 🙂
          Tentu boleh, dong. Semakin cepat kamu sadar tiketnya salah, dan semakin cepat kamu ganti makin bagus. Kalau kelamaan nunggu nanti tiket yang kamu mau/ jadwalnya sesuai udah keburu habis.

  2. Dhamar Yulianto

    Saya kemarin juga merubah jadwal ka. Nah udah dapet tiket yg baru tapi ditiket itu distempel tulisan “tunda”. Itu kenapa ya ? Kemarin lupa nanya fungsinya

  3. Dhamar Yulianto

    Saya kemarin juga merubah jadwal tiket ka. nah sudah dpt tiket yg baru tapi di tiket itu distempel tulisan “tunda”. Itu apa fungsinya ya ? Kmrin lupa nanya

    1. Parahita Satiti

      Hai, Mas Dhamar… maaf, sayang sekali saya juga kurang tau arti stempel “tunda” itu apa. Semoga perjalanannya lancar ya.. 🙂

  4. Antika Rachman

    Aku mau nanya, aku baru aja ngelakuin kesalahan yg sama kayak kakak, malam ini tepatnya. Jadi aku mau ngubah jadwalnya, tp ini maksimal rubah ke KAI nya kapan yah?

    1. Parahita Satiti

      Hai Antika, Kalau bisa diubah secepatnya ya.. kayanya sih maksimal 1 hari sebelum hari keberangkatan tiket yang salah deh. Kalau lewat dari tanggal tiket yang salah, otomatis tiket dianggap hangus.

  5. wahyu

    saya mau tanya, saya kan mau ke stasiun lampegan, tapi ternyata saya salah dengan tujuan malah ke stasiun sukabumi, apakah saya harus ganti tujuan atau bisa lgsg menuju lampegan tanpa harus ganti tiket? trims

    1. Parahita Satiti

      Hai Wahyu,

      Setahu saya harus diganti tiketnya, karena Lampegan kan stasiunnya setelah Sukabumi (kalau dari Bogor), takutnya pas ada pemeriksaan kamu malah kena denda.

  6. zafa

    Maaf nih kalau mau ubah jadwal itu harus semua orang yang namanya ada di di tiket harus ada atau boleh orang lain yang namanya sama sekali nggak ada di tiket boleh menukarkan juga? Terima kasih

    1. Parahita Satiti

      Bisa salah satu dari yang namanya ada di dalam tiket, atau orang yang berbeda dengan membawa fotokopi KTP semua orang yang terdaftar di tiket. Kalau orang yang sama sekali ga ada namanya, sepertinya tidak bisa.

  7. jev

    kak, misal, tiket majapahit itu kan beda kelas, dan beda harga, ane punya yg harga 220 hari senin mau tukar yg harga 310, karena yang ada cuma itu, hari sabtu minggu sebelumnya, bisa gak? makasih banyak

  8. Turing Banget

    Huaaaa karena impulse liburan kronik, ternyata salah jadwal. Untung nemu artikel Parahita. Benar ya, KAI bebenahnya oke juga. Terakhir ke YGY naik kereta bisnis, mantep banget. Btw. Nice info!

  9. Turing Banget

    Btw, tambahan.
    Mulai 1 Januari 2015, stasiun Jatinegara tidak nerima pembatalan tiket/refund. Hanya perubahan jadwal tiket. Plus loket baru buka jam 9 sd 16.

  10. ulil

    kak, kalo misalnya ubah kereta dari kereta A ke kereta B bisa nggak? harinya sama, jadwal keretanya beda. udah mesen tiket online tapi kesiangan berangkatnya, mau ambil kereta yang lebih pagi dengan tujuan kota yang sama

    1. Parahita Satiti

      Hai, Ulil 🙂
      Bisa, selama KA yg kamu mau masih tersedia seat-nya. Tinggal isi form perubahan tiket, dan siapin biayanya 25% + selisih harga tiket KA, jika harga tiket yg kamu mau lebih mahal dari tiket awal kamu. Good luck yaaa..

  11. Imma

    kak,,misalkan aq mw rubah jadwalnya di stasiun online yg bkn stasiun keberangkatan bs ga yah? Misal aq berangkat nanti dr stasiun senen, tp mw ubah jadwalnya di stasiun tanah abang,, gmn tuh?

    1. Parahita Satiti

      Hai, Mas Novarianto

      Maaf saya sampai sekarang belum pernah mengalami kehilangan tiket kereta, jadi mohon maaf ga bisa jawab pertanyaan.

      Coba tanya ke call center PT KAI, mudah-mudahan bisa terjawab.

    1. Parahita Satiti

      Hai, Febriyanti 🙂

      Ga bisa. Paling lambat 1 hari sebelum hari keberangkatan yang tertera di tiket kamu yang salah.

  12. Indra setiawan

    Mau tanya gan, saya jg salah memesan tanggal keberangkatan KA pasar senen-semarang poncol. Tanggal 2 september bsk keberangkatanya, kalau saya mau maujuin tanggalnya jadi tanggal 1 september bisa atau enggak ya? Thanks

    1. Parahita Satiti

      Hai Indra, Selama kursi untuk keberangkatan tanggal 1 masih tersedia, ya bisa-bisa aja. Asal diubahnya paling lambat 1 hari sebelum tanggal 1 ya. Semoga info saya membantu.

  13. dani

    Mau tanya dong, klo mengubah no kursi bisa tidak ya ? sya pesan 2 kursi unt saya dan ibu saya ( sdh sepuh) ternyata nomernya dapet di gerbong terpisah …. kira2 bisa tidak ya?
    makasih sebvelumnya

    1. Parahita Satiti

      Hai Nies, jujur aku kurang ngerti maksud pertanyaanmu. Kamu udah punya tiket kereta (dengan jadwal tertentu), trus kamu mau pindah jadwal? Atau mau balik lagi ke kode booking?
      Setahu saya, kode booking muncul sebelum kamu print tiket. Jadi agak aneh kalau sudah punya tiket kok mau balik lagi ke kode booking. Maaf ya kalau saya salah ngerti…

    1. Parahita Satiti

      Hai, Tri 🙂 yang punya blog ini perempuan ya, hehe..
      Kalau mau mundurin jadwal, PT KAI akan lihat di tanggal yang kamu mau masih ada kursi kosong atau ga. Kalau masih, ya kamu tinggal bayar selisih harganya-nya aja. Kalau tanggal yang kamu mau udah full, ya terpaksa kamu harus milih tanggal lain yang masih kosong, atau uangnya di refund.

  14. tri

    oh ya maaf non Parahita Satiti
    brarti gk bisa dong kalau mundurnya gk ada yg kosong??
    dan kalau di jakarta kota apa bisa buat mundurin jadwal non?

    1. Parahita Satiti

      Kan udah ditulis di postingan, Mas. Tiket yang ditukar, kena potongan 25% sampai dengan H-1 keberangkatan. Di hari keberangkatan kena 50%, kalau tidak salah. Kalau mau ganti jadwal, setelah dipotonng 25% ya tinggal nambah/kurang dari harga tiket baru.

    1. Parahita Satiti

      Hai, Dicki 🙂
      Maaf saya kurang tahu di Stasiun Bogor bisa atau ga. Coba kamu hubungi call center 121 (dari telp PSTN) atau (021) 121 (dari GSM/CDMA) ya…

  15. Syakiroh

    Maaf ka mau nanya,jadi semalem aku booking tiket ka dari stasiun weleri ke senin,malah petugas nya salah booking dia kebalik dari senin ke weleri apa masih bisa dituker?

  16. entus hidayat

    gan, misalkan saya salah beli tiket, harusnya berangkat dr stasiun weleri – pasar senen, eh malah belinya dari pasar senen – weleri. kalo rubah stasiun gitu bisa ga?

    1. Parahita Satiti

      Hai, Ikhfan! 🙂

      Memang 25% itu dipotong langsung dari nominal tiket yang kamu ganti. Kecuali kamu ganti tiket KA yang lebih mahal, selisih harganya harus kamu bayar dengan uang lagi.

  17. ombottt

    Hahaha… Tnks gan infonya… Ni ane mesen salah, tiket PP ke surabaya berangkat besok tgl 2 jam 2 siang eh pulangnya tgl 2 jam 9 malam… Hihihi… Siap2 ribet dah nih besok…

  18. Setya

    Permisi mau tanya klo ganti jadwal tiket ke hari yg lain tapi harganya lebih murah apakah harga tiket awal yang dipotong 25% kemudian beli tiket baru yg lebih murah.atau gimana?
    Terimakasih

    1. Parahita Satiti

      Harga tiket awal dipotong 25%, sisa uangnya bisa untuk dibelikan tiket yang lebih murah. Kalau masih ada sisanya dikembalikan sepertinya.

  19. holies

    numpang tanya. kalo naik keretanya tidak di stasiun keberangkatan yang tertera di tiket tetapi di stasiun lain yang masih dalam jalur perjalanan kereta apa harus ganti tiket ya?

    1. Parahita Satiti

      Hai Holies 🙂

      Waduh, saya kurang tahu kalau mengenai itu. Coba telp ke call center PT KAI saja untuk pastinya ya 🙂

    1. Parahita Satiti

      Hai Nur, bedanya beda banget atai cuma salah (ketuker) angka aja? Saya pernah salah masukin nomor NIK saya di form tiket, ga masalah tuh pas dipemeriksaan. Asal nama pemegang tiketnya ga salah aja 🙂

  20. Haiii kak aku kan udah pesen tiket buat hari rabu jam 8.35 bisa ga pindah jadwal ke hari kamis sore atau malem? aku dr bandung-bekasi. Kira-kira besok pagi aku bisa ubah jadwalnya ke hari kamis?

  21. Farah

    Halo kak, saya mau memajukan tgl keberangkatan tapi saya cek online di tgl yang saya mau tiketnya udh habis. Itu berarti sudah benar2 habis ya? atau masih tersedia yg versi online dan saya harus langsung ke stasiun? saya hub callcenter panggilan selalu ditolak nih

  22. Farah

    Halo kak, saya mau memajukan tgl keberangkatan tapi saya cek online di tgl yang saya mau tiketnya udh habis. Itu berarti sudah benar2 habis ya? atau masih tersedia yg versi offline dan saya harus langsung ke stasiun? saya hub callcenter panggilan selalu ditolak nih

    1. Parahita Satiti

      Hai, Farah 🙂 Setahu saya kalau tiket di online sudah habis, berarti memang sudah habis terjual. Dulu sepertinya masih ada “jatah” penjualan online untuk go-show, tapi sepertinya sudah dihapus.

  23. Sab

    Halo, terimakasih infonya. Apakah perubahan tanggal keberangkatan hanya bisa dijakarta? Atau di stasiun jogja juga bisa? Mohon informasinya. Trims

    1. Parahita Satiti

      Bisa di seluruh stasiun online (biasanya stasiun-stasiun yang memberangkatkan/ tempat berhenti kereta) di seluruh Indonesia, Mbak. And, clearly, Jogja masuk kategori itu. Yang ga bisa paling stasiun-stasiun kecil semacam Maguwo, Ceper, gitu….

  24. Afifah

    Hai mbak saya udah beli tiket kereta di indomaret, tapi saya mau mengubah jadwal keberangkatan, kan tiket saya belum diprint tuh, masih kode bokingan aja.. bisa gak ya kalo kita ganti jadwal keberangkatan di indomaret jg? Atau emg harus ke stasiun?

    1. Parahita Satiti

      Hai, Afifah 🙂 ganti tiket musti ke stasiun ya, kalau di Indomaret cuma bisa beli tiket baru setahu saya.

  25. Zakia

    Ka mau tanya dong kalo misalnya nomer nik dikereta ada yg salah satu, seharusnya angka 5 tapi di tiket nya jadi 6 itu nanti akan bermasalah ga ya?

    1. Parahita Satiti

      Makanya lain kali musti hati-hati banget kalau pesen tiket, Mas 🙂 Pelajaran juga buat saya, hehehe…

      Kebayang nggak kalau tiket KA Eksekutif Gambir – Malang yang kadang hampir 600.000 itu salah jadwal? 150.000 melayang gitu aja 😛

  26. Zakia

    Ka mau tanya dong kalo misalnya nomer nik dikereta ada yg salah satu, seharusnya angka 5 tapi di tiket nya jadi 6 itu nanti akan bermasalah ga ya? Tolong respon ya ka. Trims

    1. Parahita Satiti

      Hai, Zakia… Sabar ya, kalau saya lagi longgar saya usahain balas komen di blog saya, kok. 🙂

      Harusnya sih nggak terlalu masalah. Temen saya pernah masukin no KTP-nya ngarang, lolos lolos aja tuh.

  27. Ainun

    Saya kan tadi habis beli tiket dari indomaret terus mbk nya salah ketik aslinya berangkat tanggal 26 eh malah di ketik tanggal 27 sumpah saya ribet banget dan bingung

  28. Halo mbak parah. Mau tanya dong itu kalo salah satu nik di tiket ada yg salah. Yang seharusnya angka 5 tapi jadi 6 nanti akan bermasalah ga ya saat di periksa? Terimakasih. Tolong respon ya

    1. Parahita Satiti

      Sabar ya, Zakia… Mbak Miminnya nggak tiap hari sempet buka blog. Kalau mau cepet, telp ke Informasi PT KAI deh. Nih, saya kasih nomornya: (021) 121 – dari HP, atau 121 dari telp rumah/kantor.

      Di roger gitu, ganti?

  29. ahmad azzafi

    Numpang nanya. Kalo saya kan beli tiket online di indomart buat hari kamis tgl 9, kalo saya tukerin besok langsung di stasiun saya brangkat bisa ga? Jam betapa kalo bisa batesan waktu nya. Terimakasih sebelumnya.

    1. Parahita Satiti

      Hai Ahmad, maaf sepertinya saya telat membalas komen kamu ya 🙂

      Ini maksudnya tuker karena salah beli, atau tuker dari struk Indomaret jadi tiket KA? Kalau tuker ganti hari, setahu saya sampai 2 atau 3 jam sebelumnya deh, CMIIW. Kalau tuker dari struk jadi tiket, kayanya sih sampai 1 jam sebelumnya.

  30. Hashfi RYB

    Ngapunten, Mba, mau tanya, perubahan jadwal kereta api itu harus dicetak dulu ya tiket yg salah? Trus untuk ke loket pemesanan kita ngisi formnya itu namanya form apa ya? Form pemesanan kah? Matur nuwun nggih..

    1. Parahita Satiti

      Iya, harus di print dulu. Form untuk gantinya saya lupa namanya, tapi tanya aja ke petugas loket, mereka tahu kok 🙂

  31. dinda zakiyah safitri

    Permisi ka, mau tanya.
    Aku baru pesen tiket kereta eksekutif karena pertama kali ada kesalahan tempat duduk yang berjauhan.
    Kalo misalkan mau pindah gerbong kereta, dikereta yang sama dengan harga yang lebih mahal pada hari yang sama, tetep kena biaya 25% gak ya???

    1. Parahita Satiti

      Hai, Dinda.. Kalau mau pindah tempat duduk (biar berdekatan) sepertinya susah ya. Karena mungkin saja nomor yang kamu incar sudah dibeli orang juga.
      Saran saya:
      1. Ga papa lah sesekali pergi nggak sebelahan sama teman/keluarga, biar nambah kenalan 🙂
      2. Kalau terpaksa harus sebelahan, pas di dalam gerbong minta (dengan baik-baik/sopan/rayu) ke penumpang sebelah untuk tukeran tempat duduk. Gituu.. lebih praktis daripada ribet ngurus ke PT KAI.

  32. Raynaldi

    Permisi ka. Saya mau tanya. Jadi kan saya sama temen saya booking 4 tiket. Temen saya laki laki batal buat berangkat 1 orang. Nah, ada nih temen saya cewe 1 orang mau gantiin. Bisa ga ya?

  33. Makasih infonyaaa..ya Allah sneng banget dpt pencerahan.. Hrus ngubah hari karena salah satu transportasi ga bisa berangkat sesuai jdwal.1 keberangkatan dirubah, selanjutnya juga hrus dirubah.. Brrti sy harus ke stasiun yaaa..

  34. Andre

    Mbak. Kalo ngrubah jadwal itu beberapa hari sebeumnya bisa gak?
    Misalkan H-3
    Soalnya kanyaknya sekarang tiket baru bisa dicetak 12 jam sebelum keberangkatan

    1. Parahita Satiti

      Hai Andre,

      Iya sih, mengingat perubahan sistem cetak tiket KA, kayanya panduan ini juga harus disesuaikan lagi ya. Coba hubingi call center PT KAI ya untuk jelasnya…
      Maaf ga bisa bantu 🙂

  35. Febri

    Kak, aku mau tanya aku udah booking dan bayar tiket online di tgl 7 oktober 2016. untuk pemberangkatan 1 november 2016. Ke Yogya 2 orang

    Dan ternyata di tgl 1 tersebut kami tidak bisa berangkat. Apakah masih bisa rubah tgl pemberangkatan ?
    Karena kami booking tiket sudah lama. Apakah masih bisa kak ?
    Kami dari cirebon menuju jogja

    1. Parahita Satiti

      Bisa, Feb. Paling lambat diurus perubahannya hari ini ya (31 Oct 2016). Kalau besok palingan bisa di-cancel aja, kena potongan bisa sampai 50%.

  36. ratna sari

    Ka aku mau nanya dong
    Aku kan booking tiket di indomaret tapi belum dituker ka
    Nah aku mau rubah jadwal ka ternyata dihari keberangkatan aku , itu aku masih UAS
    Itu proses rubah jadwalnya lama gak ka?

  37. Robby

    Mau tanya Kak.
    Aku beli tiket KA jurusan Surabaya Gubeng ke Yogya Tugu. Saat Hari H, aku ada kendala, harus reschedule mundur.
    Misal aku reschedule jadi Surabaya Gubeng ke Yogya Lempuyangan bisa ndak ya ? Makasi.

    1. Parahita Satiti

      Hai Robby, wah saya kurang tahu kalau seperti itu. Mungkin kamu bisa hubungi call center PT KAI langsung biar bisa lebih jelas?

Leave a Reply