epaspor online

Cara Membuat E-paspor Online

Desember 2019 nanti epaspor saya habis masa berlakunya. Untuk itu, paling lambat pertengahan tahun 2018 saya harus melalukan perpanjangan paspor elektronik. Karena googling soal cara membuat e-paspor online ini lah saya baru tahu kalau per tanggal 1 Februari 2015, Direktorat Jendral Imigrasi tidak lagi melayani cara pembuatan paspor elektronik dengan sistem online.

Jadi setiap pemohon yang ingin membuat epaspor harus datang langsung ke kantor imigrasi, dan untuk sementara hanya bisa dilakukan di wilayah DKI Jakarta, Batam dan Surabaya saja. Khusus untuk DKI Jakarta bisa dilakukan di kantor imigrasi; Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Tanjung Priok dan Soekarno Hatta saja.

Tidak lagi bisa menggunakan sistem online, bukan berarti mengurus epaspor jadi repot. Setelah saya baca-baca dari berbagai sumber, maka saya menyimpulkan asal kita mau sabar dan teliti dalam persiapan pembuatan paspor, sesungguhnya membuat dan memperpanjang paspor online itu nggak susah-susah amat.

Sebelum melakukan pendaftaran pembuatan epaspor, perlu disiapkan dokumen-dokumen wajib untuk pembuatan epaspor, yaitu;

  1. KTP elektronik / Kartu Pelajar bagi yang berumur kurang dari 17 tahun
  2. Akta Kelahiran atau Ijasah
  3. Kartu Keluarga
  4. Surat Rekomendasi dari kantor tempat kita bekerja

Semua dokumen harus disiapkan aslinya, foto kopi dan dalam bentuk lembaran ukuran kertas A4 (jangan dipotong).

Setelah itu, kita perlu mengambil nomor antrian sebelum datang ke kantor imigrasi. Ada 2 cara pengambilan nomor antrian, yaitu melalui kanal nomor whatsapp kantor imigrasi yang kita inginkan, atau melalui aplikasi Antrian Paspor (yang sayangnya baru ada di android apps store).

Setelah tahu kita ingin mendaftar di kantor imigrasi mana, kita harus mencari tahu nomor whatsapp kantor imigrasi tersebut, lalu mengirimkan pesan dengan format tertentu untuk mendapatkan nomor antrian.

Misalnya, untuk mendaftar di kantor imigrasi Jakarta Pusat, nomor yang digunakan adalah 0812 9900 4406, dengan format NAMA#TANGGALLAHIR#TANGGALKEDATANGAN. Jika ingin mendaftar di kantor imigrasi Bogor, nomor yang digunakan adalah 0811 1100 333, dengan format pesan yang sama. Setiap kantor imigrasi yang sudah bisa menggunakan nomor whatsapp untuk pendaftaran, punya nomor masing-masing.

Dengar-dengar dari teman yang sudah pernah mengurus paspor dengan sistem pendaftaran whatsapp ini, nomor antrian selalu di reset pada hari Minggu sore, jadi guna memperbesar kemungkinan dapat antrian di hari yang kita inginkan, lakukanlah pendaftaran antrian ini di hari Minggu sore.

cara membuat e-paspor online
Salah satu sudut kota Georgetown di Pulau Pinang

Setelah mendapatkan nomor antrian, kita wajib datang di hari yang telah kita pilih, paling lambat 30 menit sebelum waktu yang ditentukan kantor imigrasi. Kalau terlambat bagaimana? Kita harus siap menerima konsekuensi nomor antrian hangus dan harus mengulang proses pendaftaran dari awal.

Menurut saya, sistem antrian whatsapp ini kurang praktis dibanding sistem online pas saya bikin paspor jaman tahun 2014 dulu. Dulu saya tinggal mengirimkan scan dokumen, pilih hari saya datang untuk foto dan verifikasi data, datang di hari yang saya pilih, bayar biaya paspor, dan datang lagi untuk ambil paspor 3 hari kerja kemudian.

Namun sisi baiknya, dengan wajibnya pengambilan nomor antrian melalui whatsapp, di kantor-kantor imigrasi yang selalu ramai antrian pemohonnya, bisa lebih fair dan tertib untuk urusan antrian. Tidak terlihat lagi pengantri yang harus berdiri sejak subuh hanya demi nomor antrain awal.

Berhubung saya harus ngurus perpanjangan paspornya masih pertengahan tahun 2019, jadi saya belum bisa cerita banyak tentang bagaimana penerapan sistem ini di lapangan. Nanti ya, kalau sudah perpanjang akan saya ceritain lagi tentang cara membuat e-paspor online

Nah, gampang kan ngurus e-paspor sendiri? Kalau saya aja bisa ngurus sendiri, pasti kamu juga bisa. Ga usahlah pakai jasa agen / perantara untuk bikin paspor. Toh pada akhirnya kita juga musti meluangkan waktu untuk diambil foto dan wawancara di Kantor Imigrasi.  Kalau kamu punya pengalaman terkait pembuatan paspor, boleh lho sharing di kolom komentar. Saya penasaran, kalau di kantor imigrasi di luar DKI Jakarta, apakah pelayanan juga bisa secepat dan seefisien di ibukota?

About the author

Suka jalan-jalan dan bercerita.
85 Responses
  1. GinukCatu… Mmmm.. Nganu..

    Paspor 24hlmn itu hanya untuk pekerja. Ndak bisa untuk paspor jalan-jalan. Hihihi.

    PELUK!! Can’t wait for #DuoGinuk menggoyang Penang!

    1. Parahita Satiti

      Oohh, gitu GinukDuwaa? Waahh, berarti niatku bikin paspor 24hal bener dong.. kan belum beli tiket pulang dari KL, mihihihi…

      Lalu #DuoGinukDiDeportasi.

      Iyaaa, tak sabar menggoyang Penang nih..

    2. mdwikiar

      Sebelum 2010 iya hanya untuk pekerja

      Semenjak 2010 menjadi bebas. Bisa digunakan jalan jalan .

      Saya abis pulang dari Sg dan KL pake paspor 24 halaman.

      Lancar 😀

  2. Yulianto

    brooo kok ane udah bayar ke BNI terus lanjut kan, udah dapet email lagi dr spri, tapi cuma dapet lampiran permohonan aja, tapi formulir Surat Perjalanannya kagak? Kira2 solusinya gimana broo??

    1. Parahita Satiti

      Bro, coba diteliti lagi lampiran email dari SPRI. Attachment (lampirannya) memang cuma ada 1, tapi terdiri dari 4 halaman. Kalau lampirannya udah ada 4 halaman, ya berarti lengkap.

      Kalau ga ada 4 halaman, coba telp ke call center imigrasi ya.. saya juga kurang tahu musti bagaimana..

      Oke, broo?

  3. cica

    ka,aku mau tanya . aku mau bikin e paspor juga tapi nama aku di kk,sama ktp sama cuman di akte beda 1 huruf aja sama kaya kaka kasusnya .. terus apa itu bisa ka ? nama asli aku yang ada di kk sama ktp kata mama aku .. gimana solusinyaa ?

    1. Parahita Satiti

      Hai Cica,

      Setahu aku, nama yg dipakai di paspor mengikuti nama yg ada di akte kelahiran. Kalau menurut kamu nama yg di akte kelahiran itu salah, berarti yang harus diubah adalah akte lahirnya dulu…

    2. anto

      untuk nama di KTP dan KK berbeda 1 huruf di Akte atau Ijazah itu gak menjadi soal karena nanti akan ditulis nama sesuai Akte, kalau mau ralat akte menurut saya gak usah karena membutuhkan biaya dan waktu lagi…toh nanti saat digunakan proses pemeriksaan hanya di cek Paspor nya saja.

      1. Parahita Satiti

        Pak Anto, ini maksudnya Cica nama yang di akte itu salah, dan dia mau nama di paspor ga ikut akte yang salah nama itu.

  4. lisa

    Kok tidak ada pilihan untuk e-paspor ya?
    Jenisnya cuma yang 48H Perorangan. Dan kalau diteruskan hanya suruh bayar ke BNI Rp. 355.000.
    Bagaimana cara untuk pendaftaran online e passpor?

    1. Parahita Satiti

      Hai, Lisa.. biasanya ada opsi untuk Jenis Papsor – Epassport 48H. Barusan saya cek memang opsi itu tidak ada, saya juga kurang tahu kenapa…

      Coba hubungi call center imigrasi di 1500464 untuk jelasnya yaa.. 😉

    2. kemarin saya kirim email ke humas imigrasi, katanya sejak februari 2015 untuk pembuatan e-paspor harus datang langsung ke kantor imigrasi, ga bisa via online :

    1. Hai All, FYI pembuatan E-Passport secara ONLINE sudah di berhentikan oleh imigrasi per 1 Feb 2015, solusi nya berarti datang langsung ke kantor Imigrasi yang bisa menerbitkan E-Passport ( Note : Tidak semua Kantor Imigrasi bisa menerbitkan E-Passport )

  5. Rini mo

    Lisa…
    Jangan pilih yg 48 jala an, langsung aja pilih e-passport di pilihan yang paling bawah karena e-passport udh automatis 48 halaman.

  6. Rasya

    Saya coba daftar online untuk e-passpor tapi ga ada pilihan e-passpornya adanya cm Baru – Passpor biasa (setau saya itu untuk passpor non-elektronik, nah untuk yg e-passpornya dmn ya???
    Dan pada saat dapat konfirmasi untuk pembayaran itu munculnya untuk passpor biasa (non elektronik).

    Ada yang tau solusinya?? Share dong…

    Thank’s

    1. Parahita Satiti

      Rasya, per tanggal 1 Februari 2015 imigrasi menutup pelayanan pembuatan e-paspor via online. Makanya sekarang udah ga ada opsinya…

    1. Parahita Satiti

      Hai Citra, saya kurang tahu apa peraturan imigrasi membolehkan ganti paspor (yang masa berlakunya masih panjang) cuma untuk ganti ke epaspor. Coba tanya ke imigrasi langsung yaaa…

  7. Reza

    Dear Parahita,
    jadi sekarang jika hendak membuat epaspor datang langsung aja ke kantor imigrasi yg melayani e paspor untuk daftar kan ? Gak perlu nunggu tanggal tes interview segala ya ? hehe jadi bingun niih…
    thank you for reply ya dear…sukses selalu

    1. Parahita Satiti

      Hai Reza,

      Karena pembuatan epaspor online sudah tidak tersedia di web imigrasi, sepertinya kamu musti datang 3 kali ke kantor imigrasi kalau mau bikin epaspor.
      1. untuk daftar dan serahkan berkas
      2. untuk interview dan foto
      3. untuk ambil paspor

      atau untuk lebih jelasnya, silakan telp ke call center imigrasi aja tentang prosedurnya..

  8. Hai Parahita, mau tanya donk untuk persyaratan e passport apa diminta surat keterangan kerja? Soalnya waktu pembuatan passport biasa tidak diminta.
    Di KTP pekerjaan karyawan swasta.
    Terima kasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Jamin 🙂

      Waktu itu saya tidak spesifik diminta, tapi saya menyertakan surat keterangan tsb. Dokumennya ga dibaca, langsung di-scan sama petugasnya. Ini di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan ya.. kurang tahu kalo di kantor imigrasi lainnya..

  9. TONNY

    persyaratannya yg saya baca dari situs imigrasi poin c: akta lahir, akta nikah atau ijasah. ini sebenarnya semuanya dibawa atau salah satunya sih. kalau akta lahir kayaknya bisa babak belur deh…soalnya kan akta lahir jaman dahulu kala sangat tidak informatif layaknya sekarang. nama di akta lahir tanpa nama family, sedangkan ktp sudah.

    1. Parahita Satiti

      Hai Tonny,

      Kalau ketiganya ada, sebaiknya dibawa semua. Tapi kalau ga ada ya dibawa aja yang ada… Mendingan bawa tapi ga kepake, daripada ga dibawa trus ditanyain sama petugas 🙂

  10. tonny

    info dr detik, pembuatan e-paspor sempat dihentikan, tp per pertengahan bln april’15 sudah bisa dilakukan lagi tapi di kantor imigrasi klas 1 itupun tidak bisa dilakukan pendaftaran scr online..hrs walk-in. lg bingung kantor imigrasi mana yg rada manuasiawi yah antriannya. kalo yg di mampang udah terkenal wahidnya dlm mslh rame (pdhal rumah di ps minggu). lewat agen harganya 2x lipat lebih dr harga resmi. saya pengen nyoba urus sendiri ah. tp kalo dipikir pikir e-paspor sama paspor biasa…kayaknya sama aja fungsinya….lepas dr free visa jepang, kecuali kalo kita sering bolak balik jepang yah. setau saya meskipun free pake e-paspor tetep aja kita hrs daftarin dulu ke kedubes jepang di sini. yah wish me luck yah

  11. susan

    halo, selamat siang. saya mau bertanya. kalau misalnya saya mendaftar e passport secara online, apakah pas verifikasi data di kantor imigrasi saya harus membawa kk & akta kelahiran asli? (kk & akta sy ada di kampung halaman) terima kasih. 🙂

    1. Parahita Satiti

      Hai, Mba Susan.. Iya, setahu saya KK & akta kelahiran asli harus dibawa. Untuk ditunjukkan aslinya saja..

  12. Zainal

    siang gan, saya mau nanya
    kan saya mau bikin paspor via online tapi sy belum punya e-KTP, masih punya yg sementara yg berbentuk surat ketrangan KTP sementara saya sudah tau itu bisa digunakan buat bikin paspor (kata pak RT) tapi di surat keterangan ini tidak ada tanggal untuk mengisi kolom “ID berlaku s.d” saya mau nyoba ngisi pake NIK di KK aja ehh di KK juga tidak ada tanggal masa berlaku ID, jadi saya bingung ngisinya gimana soalnya kan itu termasuk kolom wajib diisi
    dan nama di KK ZAENAL MUSTOFA sedangkan di KTP sementara,akta dana ijazah ZAINAL MUSTOFA itu jadi masalah gk disana nya saya gak ada waktu buat ganti KK jadi minta solusinya ya…

    Terima kasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Mas Zainal,

      Saya coba jawab sebisa saya ya 🙂
      1. Jika memang belum punya e-KTP dan baru ada surat keterangan saja yang tidak ada tanggal berlaku sampai kapan, ya otomatis ga bisa daftar via online. Saran saya: coba ditanyakan ke kantor imigrasi tempat Mas mau buat paspor, sebaiknya bagaimana. Harus menunggu e-KTP jadi atau bisa buat e-paspor lewat jalur biasa, misalnya.

      2. Mengenai nama, setahu saya nama yang dipakai di paspor adalah sama dengan nama di akta kelahiran. Nama saya yang dipakai juga sesuai dengan akta kelahiran.

      Mudah-mudahan jawaban saya membantu yaaa…

  13. AHMAD ZAMRONI

    Pagi sobat semua..! Saya Zamroni. Sy coba buat e-passport online, dengan memasukkan daftar imigrasi DKI Jakarta (Timur, Barat, Selatan ke Utara dan Pusat) sedang tidak bisa saat ini. Malah, disarankan datang langsung ke kanit imigrasi yg dituju. Masa expired date passpor biasa saya 22 Juli 2015. Saya mau perpanjang untuk keperluan bekerja di Arab Saudi. Ada saran / komentar ? silahkan kirim ke azmh_040881@yahoo.co.id

    1. Parahita Satiti

      Hai, Mas Zamroni. Mungkin memang saat ini pendaftaran online sedang ditutup. Kalau memang paspor-nya sangat dibutuhkan, ya sebaiknya disempatkan datang ke Kantor Imigrasi, mas 🙂

    1. Parahita Satiti

      Selamat malam 🙂
      Masa berlaku e-paspor sama saja dengan paspor jenis lain, yaitu 5 (lima) tahun.

      Apakah di Batam bisa buat e-paspor atau ga, maaf saya kurang tahu.

  14. Digy

    Numpang tanya dong.. Kalo untuk ambil nomor antrian apa kita bener2 harus datang atau bisa diwakili? Karna saya bawa bayi.. Pengennya sih ambil no antrian sendiri aja buat paspor saya dan bayi. Nanti pas dipanggil foto dan wawancara baru mau bawa bayinya bbrp jam kmudian.. Hehehe… Sama pertanyaan satu lg.. Di ktr img jaksel AC nya kerasa ngga? Atau agak sumpek ya? Thank youu

    1. Parahita Satiti

      Hai Digy 🙂
      Kayanya sih kalau ambil no antrian bisa diwakilkan.. nanti tinggal datang menyesuaikan dengan perkiraan nomor antrianyang didapat.

      Kalau suasana kantor imigrasi Jakarta Selatannya sih lumayan nyaman ya, ga terlalu sumpek. Banyak kursi yang bisa dipakai untuk menunggu, AC juga cukup terasa.

  15. agung kurnia

    saya pernah bikin paspor 24 halaman tahun kelahiran 1984 sementara yang asli di kk dan akte 1988 … gmana solusinya gan

  16. Yuni

    Saya mau bikin epassport untuk pembantu mau jalan2 ke Japan bawa anak2.

    dia lahir Jawa Timur apa bisa dibikin di jakarta atau hrs balik ke darah jurisdiction nya ?
    Bikin Epassport apa harus punya eKTP ? atau KTP biasa bisa juga ?
    Point 1 c.akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis.

    Point 1 c itu apa salah satu saja ?
    makasih ya buat yg menjawab

    1. Parahita Satiti

      Hai, Mba Yuni.. saya coba jawab setahu saya ya 🙂

      1. Saya lahir di Klaten, saat ini pemegang e-KTP Kab. Bekasi, bisa bikin paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Tidak ada masalah. Jadi menurut saya, untuk asisten rumah tangga Mba Yuni bisa dibuatkan di Jakarta.

      2. Apakah harus e-KTP untuk membuat e-paspor? Saya kurang tahu pastinya, namun rasanya sih KTP biasa juga bisa. KTP biasa kan juga tanda identitas resmi yang dikeluarkan negara, harusnya sih ga ditolak.

      3. Salah satu saja.

  17. wulan

    Kak mau tanya. Aku di akta kelahiran bulan juli tapi di kk sama ktp juni. Tanggal lahir yg musti diambil yang mana biasanya? Tapi yang benernya sih yang di akta kelahiran. Sedangkan semua ijazah, ktp, kk tanggal lahirnya bulan juni

  18. Ayu

    mbak, mau nanya dong. saya mau bikin paspor yg 24 hlmn. tp di pilihan di websitenya ngga ada. untuk paspor biasa adanya 48 hlmn. apa yg 24 ini khusus manual ya bikinnya? makasih. :)))

  19. andre

    pagi mbak, saya mau nanya ketika ngisi data di bawah nomer ktp kan ada tanggal dikeluarkan ID sama masa berlaku ID itu kita isi apa ya? thankyou

    1. Parahita Satiti

      Pagi, Mas Andre 🙂

      Untuk tanggal dikeluarkannya ID diisi tanggal yang ada di bawah foto (kalau ID berupa e-KTP), kalau KTP biasa tanggal di atas tanda tangan camat/pejabat penanda tangan.

      Tanggal/ masa berlaku ID diisi tanggal expired-nya KTP.

      Semoga jawaban saya membantu ya….

  20. Nita

    Mas saya mau tanya. Saya sudah melakukan pembayaran dan tinggal datang ke kantor imigrasi. Ternyata data diri saya ada yg salah yaitu salah nama orng tua. Nah cara perbaikinnya gimana ya ? Saya sudah coba telpon ke kantor imigrasi namun layanan selalu sibuk. Apakah pas verifikasi data masih bisa diperbaiki langsung saat dtang ke imigrasi ?

    1. Parahita Satiti

      Hai Nita, saya juga kuramg tahu prosedurnya bagaimana, karena belum pernah ngalamin yang seperti kasus kamu. Maaf ya ga bisa bantu…

  21. yayan

    mas mw tanya, klo di KTP sama KK gak ad nama panjang ny, di Akte ad bisa di proses gak y. eKTP ny daerah bisa bikin passport ny di Jakarta gak y??
    khob koon, khub..

    1. Parahita Satiti

      Hai Yayan,
      By the way, saya perempuan ya 🙂
      Soal nama. setahu saya nama di paspor akan mengikuti nama di akte kelahiran. Tapi saya kurang tahu kalau kasusnya beda nama panjang begitu, apakah bisa atau ga.

      Soal ektp daerah, bisa bikin paspor di Jakarta. Asalkan alamat di KTP sama persis dengan alamat di KK.

  22. Melisa

    Mbak, setelah foto & wawancara saya disuruh ke BNI utk pembayaran epaspor..kalo menyerahkan bukti pembayarannya antri lagi ga ya? Ato tinggal diserahkan saja? Btw, berapa lama pembuatan epaspor setelah memberi bukti pembayaran?

    1. Parahita Satiti

      Hai Melisa 🙂
      Sepertinya kamu buat epaspor pakai cara manual ya? Bukan online? Karena kalau online, proses pembayaran ke BNI terjadi sebelum ada jadwal foto dan wawancara.

      Asumsi saya, kalau sudah foto dan wawancara, epaspor biasanya akan jadi dalam 3 hari kerja. Jadi saat itu kamu bisa ambil epaspor sambil sekaligus menyerahkan bukti pembayaran.

      Namun jika takut salah, silakan hubungi call center kantor imigrasi untuk lebih pastinya ya.. 🙂

  23. Juny

    maaf mbak mau nanya kalau mau daftar e passport secara online nggak bisa ya soalnya nggak ada pilihan e pasport di form jenis permohonan, makasih

    1. Parahita Satiti

      Hai, Juny 🙂
      Sebenarnya pertanyaan kamu sudah terjawab di kalimat pertama postingan ini; per 1 Februari 2015, Kantor Imigrasi meniadakan pendaftaran/pembuatan e-paspor secara online.

  24. Levin

    Halo mbak,
    saya mau tanya, masalah yang saya punya itu sama kaya mbak.. rencana minggu depan mau perpanjang paspor online, tapi baru nyadar kalo nama di paspor lama sesuai dengan akta lahir itu beda 1 huruf sama yang di ktp dan kk.. nah yang mau ditanya itu pada saat mendaftar online pake nama yang di paspor lama atau ktp ya?
    satu lagi.. waktu mbak dateng ke imigrasi apa ngga dipermasalahin masalah beda 1 huruf itu ya? saya denger mesti pake surat dari kelurahan dll gitu kan ribet bener..

    1. Parahita Satiti

      Hai Levin 🙂

      Pas saya daftar online saya pakai nama sesuai dengan yang di akte lahir, karena saya merasa nama itulah yang benar. Selesai daftar online, ada temen saya yang bilang kalau beda begitu, nanti bermasalah pas wawancara. Akhirnya saya telp ke call center imigrasi, untuk nanya benar/ga perkataan temen saya itu. Kata petugas call center, saya sudah benar memakai nama yang di akte lahir.

      Dan Puji Tuhan, saya sama sekali ga ditanya tentang kasus beda nama itu.

      Sekedar saran, sebagai penguat bukti nama yang benar, kamu bisa bawa juga ijazah terakhir.

  25. Nico

    Saya mengurus paspor secara manual. Disaat mengambil formulir, saya tidak ada kendala. Setelah menunggu berjam-jam, akhirnya saya dipanggil menuju loket. Saat data saya di input petugas, ternyata alamat ktp dan alamat kk saya berbeda. saya mencoba menjelaskan bahwa rumah saya berada di persimpangan jalan (ada dua teras, jadi satu menghadap jalan x dan satunya lagi menghadap jalan y). Jadi saya bertanya apa yg harus saya lakukan kepada petugas yg bersangkutan dan beliau menyarankan saya untuk membuat surat keterangan dari lurah tempat saya berdomisili. Namun saya membaca beberapa artikel di internet, kalau surat keterangan dari lurah hanya berlaku bagi yg mengurus kesalahan nama dan tgl lahir saja, sedangkan kesalahan alamat tidak bisa. Maka itu saya takut, apakah bisa saya membawa surat pernyataan lurah yg menjelaskan alamat ktp dan kk saya? Karena tiket pesawat dan hotel sudah sempat dipesan dosen saya (dalam rangka study tour) dan hari keberangkatan tepat seminggu lagi. Apakah bisa paspor saya dikeluarkan pihak kantor imigrasi?

    1. Parahita Satiti

      Hai Nico, saya ikut bersimpati ya dengan masalah ‘ribetnya’ urusan per-paspor-an yang kamu hadapi.
      Jujur, saya juga kurang tahu apakah paspor kamu bisa dikeluarkan oleh pihak imigrasi. Umumnya kantor imigrasi bisa mengeluarkan paspor dalam 3 hari kerja jika semua persyaratan sudah lengkap. Satu minggu (lima hari kerja) pastinya mepet banget untuk urus paspor.
      Tapi ga ada salahnya ‘kan untuk mencoba memenuhi persyaratan yang mereke minta?
      Good luck ya!

  26. Nur jannah

    Klo misalnya dah buat pasport tapi agen yg buat kan pakai ktp lain tapi ktp tuh nama saya dan saya mw buat pasport lg pakai ktp saya yg benar agaknya bisa gk y??

    1. Parahita Satiti

      Hai Nur Jannah 🙂
      Maaf saya kurang ngerti maksud pertanyaan kamu. Apa maksud kamu begini: ada agen yang membuat paspor untuk orang lain yang namanya sama dengan nama KTP kamu?
      Kalau memang begitu maksud kamu, paspor kamu tetap bisa dibuat. Kan selain nama yang sama, data lainnya pasti beda dong… (tempat tanggal lahir, alamat, nomor KTP).

  27. Sofy

    Thanks banget ya postingannya membantu banget, akhirnya punya paspor karena baca postinganya karena nama saya dan akte kelahiran beda satu huruf agak takut apply jadinya pas baca postingan ini jadi PD trs apply deh. Alhamdulillah bisa dan ngga masalah. oiya aku mau nambahin masukan jangan luppa bawa :
    1. KTP asli & copy ( 2 )
    2. Kartu Keluarga asli & copy ( 2 )
    3. Akte Kelahiran/ijasah terakhir/surat nikah asli & copy (2)
    semua harus menggunakan kertas A4 ( KTP juga ya ), oiya kalo dapet nomer antrian lebih dari 100 itu baru difoto dan wawancara jam 11.00 – 12.00 siang (applynya di mampang ya jadi antriannya banyak ).

  28. Meina

    saya mau tanya dong kalo yang kasus ke 2, yang namanya beda 1 huruf antara kk dengan akta kelahiran, apakah tidak ada yang harus dirubah? apakah boleh apabila namanya berbeda 1 huruf seperti itu?? Terima Kasih

  29. Elis

    Haiii…e ktp saya lagi dalam proses(blanko habis,september baru bisa di cetak).Bisakah saya pakai surat semntara bikin e paspor?Thanks.

Leave a Reply