Siasati Macet di Tol Bekasi dengan Bus TransJabodetabek Premium

Harus saya akui, untuk urusan commuting saya ini payah sekali. Saya paling nggak bisa harus berdesak-desakan terlebih dahulu di dalam kereta commuter line atau naik bus sambil bermacet-macetan saat berangkat ke kantor. Sementara, rumah orang tua saya ada di Bekasi, daerah yang sering banget dibecandain netizen sebagai Planet Namex; saking jauh dan macetnya jalanan menuju dan dari Bekasi ke Jakarta. Nggak kebayang rasanya saya harus bangun pagi banget, lalu berangkat kerja naik bus, desak-desakan di kereta lalu disambung naik angkot, bisa-bisa sampai kantor mood udah berantakan ga karuan.

Nope, don’t get me wrong. Pas week end, saya kemana-mana naik transportasi umum; bus TransJakarta masih jadi favorit saya nomor 1 karena menurut saya naik bus itu keren, disusul commuter line, dan tentu saja sarana transportasi penyelamat umat dari rasa buru-buru; ojek online.

Bus Transjabodetabek Premium
Naik bus itu keren, kan?

Untuk mengatasi masalah kecemenan saya dalam commuting, saya ambil solusi instan aja; nge-kost. Soalnya kalau dihitung-hitung ongkos naik ojek, bus dan angkot bolak-balik Bekasi-Cilandak untuk sebulan jatuhnya nggak jauh beda dengan nge-kost. Bonusnya, kalau saya kost di seberang gedung kantor, saya masih punya banyak waktu luang untuk ngelamun dan tidur kegiatan-kegiatan seru sepulang kantor. Misalnya, pulang kantor saya masih bisa berenang atau nge-gym, habis itu masih sempet mainin mainan baru saya; ukulele, ditutup dengan baca satu sampai dua bab buku sebelum tidur.

Coba kalau saya setiap hari pulang pergi naik commuter line atau bus dari Bekasi ke Cilandak? Tiga hingga empat jam waktu saya dalam satu hari akan terbuang begitu saja di jalanan.

Terus ga bisa mengeluh karena itu pilihan yang kita ambil. Saya tahu, banyak karyawan kelas menengah seperti saya yang nggak punya pilihan untuk kost seperti saya. Mungkin karena punya tanggung jawab lebih di rumah; punya orang tua yang harus dirawat, atau memang sudah berkeluarga dan punya anak, jadi nggak mungkin kost.

Untuk para pekerja yang mau ga mau harus commuting untuk pergi kerja dari kota Bekasi ke Jakarta, secara garis besar ada 3 moda transportasi yang bisa dipakai ‘kan? Yaitu, kendaraan pribadi (mobil/motor), bus/angkot/omprengan, dan kereta commuter line. Kendaraan pribadi, sisi positifnya nyaman dan praktis, tapi ga bisa bebas macet. Bus atau angkot, sedikit kurang nyaman dibanding mobil pribadi, juga masih kena macet. Kereta commuter line, kalau pas lagi rush hour tentu sama sekali nggak nyaman, tapi harga tiketnya sangat murah dan bebas macet. Well, asal kereta commuter line-nya nggak “kena macet” ketahan sinyal masuk stasiun, yes. 😛

Belakangan ini saya merasakan mulai ada perhatian pemerintah akan keadaan tol Jakarta-Cikampek alias tol Bekasi yang makin macet parah. Dari munculnya kebijakan plat nomot ganjil-genap sesuai tanggal kalender, hingga anjuran pembatasan waktu untuk kendaraan kelas III ke atas.

Rute bus transjabodetabek
Pilihan rute Bus Transjabodetabek

Nah, kebijakan yang paling seru menurut saya adalah mulai hari Senin, 19 Maret 2018 lalu ada Bus TransJabodetabek Premium dari Bekasi yang melayani rute Mega City Bekasi Barat tujuan Plasa Senayan dan Podomoro City (Grogol).

Sssst.. sampai akhir tahun 2018 nanti, ada promo 50% Transjabodetak Bekasi, lho!

Dari pada nyetir macet-macetan, belum lagi musti mikirin cari rute lain pas tanggal kalender ga sesuai dengan plat nomer, mendingan naik bus ini sih. Cukup dengan IDR 10.000 tinggal duduk manis di dalam bus ber-AC, ga desek-desekan karena kapasitas penumpang hanya diizinkan sesuai jumlah kursi, ada fasilitas WIFI dan colokan listrik kalau mau nge-charge gadget.

Selain dari Bekasi Barat, untuk Bekasi ada juga pemberangkatan dari Bekasi Timur. Tinggal sesuai-in deh dengan tempat tinggal, dan ayo naik bus ke tempat kerja!

1 Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: