Bulan madu merupakan sesuatu yang dinanti-nanti setiap pasangan pengantin baru. Selain membebaskan diri dari stres usai menggelar pesta pernikahan yang melelahkan, momen ini juga bertujuan untuk makin membangun keromantisan bersama pasangan.

Untuk Anda, pengantin baru atau siapa saja yang berniat mengadakan liburan sambil berbulan madu dalam waktu dekat, berikut ada tips yang tidak boleh dilupakan sebelum keberangkatan.

  1. Hindari Hari Libur
Hari Libur

Hari Libur

Source – pixabay

Aturan pertama yang tidak boleh Anda sepelekan saat akan berbulan  madu adalah memilih tanggal dan menentukan berapa lama akan menghabiskan waktu bersama pasangan. Sebaiknya, hindari high-season seperti saat akhir pekan, tanggal merah, atau tahun baru, sebab pada waktu-waktu ini tempat wisata akan penuh sesak dengan pengunjung.




Selain itu, harga tiket kereta api atau pesawat, khususnya bagi yang menggunakan transportasi umum, cenderung lebih mahal dibandingkan pada hari-hari biasa. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih hari kerja untuk berbulan madu.

  1. Ambil Cuti
Ambil Cuti

Ambil Cuti

Source – pixabay

Biasanya karena urusan pekerjaan, pengantin baru selalu terburu-buru mengambil cuti di kantor, sehingga mereka tidak bisa menikmati bulan madu secara maksimal.

Lebih baik bicarakan perihal cuti kepada atasan jauh-jauh sebelum hari H. Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa leluasa merasakan keromantisan berdua tanpa dibebani pikiran untuk segera kembali ke kantor.

Sedikit tips, jangan terlalu banyak mengambil cuti dalam satu periode sehingga Anda bis amerapelnya untuk berbulan madu dalam waktu lama.

  1. Pesan Tiket Kereta Api / Pesawat Lebih Awal

Tiket Kereta Api

Pesan Tikrt Kereta

Pesan Tiket Kereta

Untuk menghindari kehabisan tiket, lebih baikl akukan reservasi dari jauh-jauh hari, minimal 2 minggu sebelum keberangkatan. Membeli tiket lebih awal juga akan meringankan diri Anda sendiri karena tidak direpotkan dengan persoalan berburu tiket menjelang bulan madu.

Lihat di situs Traveloka Indonesia untuk mendapat tiket kereta api maupun pesawat yang menyediakan banyak pilihan harga, jenis penerbangan, serta tempat duduk yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

  1. Saat di Perjalanan
Di perjalanan

Di perjalanan

Source – pixabay

Berbulan madu dengan menggunakan kereta api ternyata bisa jadi pengalaman yang seru dan menyenangkan, lho. Meski begitu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan selama dalam perjalanan, terutama jika destinasi yang Anda tuju jaraknya cukup jauh.

Salah satunya, pilihlah kereta api berkelas bisnis atau eksekutif sehingga Anda dan pasangan merasa nyaman sepanjang perjalanan. Jika memungkinkan, saat melakukan reservasi ambillah gerbong yang tidak terlalu penuh. Biasanya gerbong dengan jumlah penumpang sedikit letaknya ada di belakang.

  1. Memesan Hotel
Memesan Hotel

Memesan Hotel

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda melakukan survei kecil-kecilan perihal hotel mana yang akan Anda pakai untuk menginap, apa saja fasilitasnya, berapa harga sewa per malamnya, dan sebagainya.

Hal ini penting untuk menjamin kenyamanan bulan madu Anda. Beberapa pasangan biasanya lebih memilih penginapan jenis vila karena dirasa lebih privat dibandingkan hotel konvensional.

Jangan sungkan untuk mengatakan kepada resepsionis bahwa Anda dan pasangan sedang berbulan madu. Biasanya hotel punya penawaran menarik untuk tamu-tamu yang sedang merayakan momen spesial, salah satunya adalah diskon dan jamuan makan malam romantis.

  1. Bawa Buku Nikah
Buku Nikah

Buku Nikah

Source – pixabay

Meskipun tidak semua hotel menanyakan suratn ikah, tapi Anda juga perlu membawanya sebagai antisipasi siapa tahu dibutuhkan, terlebih bagi yang alamat tinggal pada kartu identitasnya belum disamakan dengan alamat pasangan.

Penting, simpan buku nikah dan dokumen lain di tas tangan, bukan pada koper tempat Anda menyimpan pakaian untuk menghindari risiko hilang atau dicuri.

  1. Memilih Tipe Kamar

 

Saat memesan hotel, pilihlah kamar dengan tipe double-bed. Anda juga bisa meminta request khusus kepada pegawai hotel untuk memilihkan kamar dengan pemandangan cantik keluar jendela.

Jangan lupa minta mereka untuk mendekorasi kamar seromantis mungkin. Bila perlu, sampaikan pada resepsionis mengenai waktu-waktu kapan Anda boleh diganggu dan kapan tidak. Meskipun terdengar sepele, hal ini sangat penting.

  1. Fokus pada Pasangan

 

Tujuan Anda berbulan madu tentu ingin membangun keintiman dan keromantisan bersama pasangan, bukan? Oleh karena itu, ketimbang sibuk dengan gadget masing-masing, lebih baik manfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk membuatnya bahagia. Tidak perlu juga sibuk mengabarkan pada dunia (baca: upload foto di media sosial) bahwa Anda sedang berbulan madu.

Selain itu, jangan bawa urusan pekerjaan atau bisnis saat berbulan madu. Curahkan seluruh waktu Anda untuk pasangan agar dia merasa bahwa Anda benar-benar mencintainya.

  1. Kunjungi Tempat Wisata Romantis

Wisata Romantis

Daripada menghabiskan waktu untuk berbelanja, lebih baik kunjungi tempat-tempat wisata romantis saat bulan madu. Hal ini akan menambah rasa dekat dengan pasangan.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa datang ketempat-tempat yang punya memori khusus dengan si dia. Pilihan ini merupakan tips yang paling tepat untuk mengenang kembali kebersamaan sebelum menikah.

Itu dia hal-hal yang perlu Anda terapkan sebelum berbulan madu. Semoga bermanfaat!

Share: