liburan di musim hujan

Semenjak awal tahun kemarin hingga hari ini kayanya Indonesia bagian Jakarta (atau mungkin seluruh Indonesia?) sering banget diguyur hujan deras ya? Saya seneng sih kalau hujan, karena artinya suhu di dalam ruangan jadi sedikit lebih dingin dan saya bisa memakai pakaian berlapis-lapis tanpa merasa kegerahan. Musim hujan juga bikin jadi enak makan. Urusan lingkar pinggang sedikit melar, itu kita pikirkan nanti saja!

Tapi musim hujan begini bikin agak repot kalau mau liburan. Mau liburan ke pantai, ke laut, atau ke pulau selain angin kencang, ombak juga biasanya tinggi ‘kan? Ga asik aja lagi seru-serunya berjemur di pantai terus tiba-tiba hujan deras turun. Atau seperti cerita kenalan saya minggu lalu, ia pergi liburan ke Kepulauan Karimunjawa. Biasanya kapal Muria yang dari Jepara itu butuh waktu 6 jam untuk mencapai Karimunjawa, namun karena cuaca buruk dan gelombang laut sedang tinggi, kapalnya harus terombang-ambing di laut selama hampir 9 jam.

Duh, saya sih mendingan nunggu sampai musim angin besar dan ombak tinggi lewat deh daripada terombang-ambing di lautan tanpa kepastian. Cukup cinta aja yang belum ada kepastian.

Mau main ke gunung juga kebanyakan masih ditutup sampai akhir bulan Maret nanti karena musim hujan dan pengelola taman nasional harus memberikan waktu bagi ekosistem gunung agar bisa beristirahat dari kunjungan manusia. Lagi pula, nggak asik juga kalau pergi camping di musim hujan gini kan. Jadi ya sepertinya memang harus sabar-sabar dulu menahan diri untuk ga liburan.

city-tour Jogja

Kalau nggak hujan, blusukan sampai gang-gang dakam kota gini gak masalah




Kalau pun terpaksa pengen jalan, saya biasanya mengalihkan tujuan wisata ke tempat yang masih OK untuk dijelajahi, meskipun hujan turun. Misalnya city-tour. Seperti liburan tahun baru 2017 kemarin, saya dadakan pergi ke Jogjakarta. Sempat kena hujan lumayan deras pas sampai di stasiun Tugu dan harus isi ulang pulsa untuk manggil ojek online karena saya kehabisan kuota data. Tapi saya nggak khawatir karena sebelum pergi saya sudah beli dry bag untuk travelling dan masukin barang-barang elektronik yang rentan rusak jika kena air di dalamnya. Jadi aman deh boncengan naik motor di tengah gerimis sekalipun.

Pergi liburan pas musim hujan memang sedikit ribet persiapannya. Musti persiapan payung atau raincoat, sedia dry bag ataupun kantong tahan air lainnya, pakai pakaian yang hangat tapi juga cepat kering, begitu juga alas kaki; musti pakai yang nggak gampang basah biar kaki nggak kedinginan kalau musti kehujanan. Tapi ya daripada bete di rumah aja nunggu musim hujan habis, saya sih mendingan tetap pergi jalan-jalan meskipun dengan risiko bawaan lebih banyak dan lebih repot. Kalau kamu, mendingan maksain liburan walaupun masih musim hujan atau nunggu biar cuaca agak cerah dulu?

Share: