Day 18: Host A Giveaway

Sebagai blogger saya kadang merasa diri saya ini sarwo suloyo (bahasa jawa: kira-kira artinya serba salah sendiri).  Gini lho, saya ingin bisa menulis lebih sering dari yang udah-udah, tapi rasanya kok nggak sanggup nulis lebih dari satu tulisan per minggu. Oleh seorang teman yang sering saya curhatin soal dilema tulis-menulis ini, saya lalu diberi tantangan; buatlah tulisan yang lebih pendek dari biasanya tapi harus setiap hari.

Dari tantangan itu maka lahirlah #28DaysWritingChallenge yang sekarang sudah sampai di hari ke delapan belas. Ok, berarti beres dong masalah dilema nulis blog yang saya hadapi? Nggak juga. Karena ternyata sering kali pas saya dikasih tema yang saya suka, saya bablas nulis lebih dari jumlah kata maksimal yang ditentukan; 500 kata saja.

Udah nulis panjang, cape dan pengen nulis lebih sering. Disuruh nulis pendek-pendek aja, malah ngelewatin jatah kata yang dikasih. Serba salah, kan?

Kemarin saya ikutan sebuah workshop menulis yang diadain oleh @iwashere_id, judul workshop-nya Crafting Mini Travel Stories. Fokus dari workshop ini ngajarin kita untuk bikin kisah perjalanan dari satu foto maksimal dalam 100 kata atau 3 paragraf pendek saja. Workshop ini berguna banget buat kita yang terkadang bingung mau ngasih caption apa di foto yang kita bagi di Instagram atau Facebook.

Saya nggak akan nulis dengan rinci materi apa saja yang diajarkan,  ya. Soalnya kalau saya cerita di sini, kalau suatu saat kalian ikut workshop-nya nanti nggak seru lagi.

Saat mendaftar workshop peserta diminta untuk mengirim lima buah foto perjalanan, lalu setelah mendapat materi di kelas kami diminta membuat tulisan dari salah satu foto perjalanan yang sudah kami kirim itu. Saya memilih foto terowongan MRT Jakarta yang ini:

Terowongan MRT Jakarta

Terowongan MRT Jakarta

Lalu membuat caption seperti ini: Jakarta sedang berusaha mengejar ketertinggalannya dari Singapura, Bangkok dan Kualalumpur di bidang transportasi massal. Dengan pertumbuhan kendaraan bermotor mencapai seribu unit per hari diprediksi jalanan Jakarta akan macet total 3 tahun lagi. Cetak biru proyek ini sebenarnya sudah ada sejak 1986, namun entah kenapa tak pernah diambil langkah serius untuk mewujudkannya. Baru 26 tahun setelah blue print itu dibuat, akhirnya ada pemerintahan yang serius memikirkan masalah ini. Bekerjasama dengan pemerintah Jepang, pemerintah Indonesia melalui Pemda DKI membangun jalur MRT pertama di ibukota. Dari Lebak Bulus di selatan hingga Bundaran HI di pusat kota. Tiang pancang beton didirikan, bor Mustika Bumi dan Antareja dikerahkan untuk melobangi tanah. Melihat kemajuan proyek ini dengan mata kepala sendiri, saya percaya tak lama lagi Jakarta boleh berbangga hati. Akhirnya kita punya MRT.

Setelah saya membacakan caption itu, Mbak Windy meminta teman-teman sekelas untuk memberikan feedback. Rata-rata mereka bilang caption saya lebih mirip ‘laporan’, penuh dengan fakta-fakta yang bisa di-google aja. Yang mana saya rasa benar, haha. Mbak Windy menyarankan untuk mencoba nulis sesuatu yang bikin orang penasaran tentang foto itu; misalnya tentang bagaimana cara bisa masuk ke terowongan itu.

Selesai workshop, kami diberi PR untuk membuat caption lagi tapi kali ini dari foto yang sudah dipilihkan oleh redaksi @iwashere_id. Dari empat foto yanag tersisa, saya dipilihkan foto kapal kelotok di Sungai Sekoyer yang satu ini:

Kapal Kelotok di Sungai Sekoyer

Kapal Kelotok di Sungai Sekoyer

Berhubung hari ini temanya ‘host a giveaway’, saya punya sebuah hadiah kecil untuk teman-teman. Caranya ikutan giveaway-nya gampang banget:

  1. Share 1 artikel di blog ini yang kamu suka di twitter, dan mention akun saya ya @parah1ta
  2. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah: caption apa yang akan kamu berikan untuk foto kapal kelotok di Sungai Sekoyer di atas? Panjang pendek captionnya terserah.
  3. Giveaway dibuka sampai tanggal 27 Februari 2017 pukul 24.00
  4. 1 (satu) pemenang yang beruntung (diundi) akan mendapatkan sebuah tas serut bergambar bayi orangutan yang lucu banget ini, buatan #byviratankaXibupenyu.
  5. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 28 Februari 2017, di postingan terakhir #28DaysWritingChallenge
  6. Hadiah giveaway hanya bisa dikirim ke alamat di Indonesia saja ya, ongkirnya saya yang tanggung 😉

Hadiah Giveaway dari saya – Pic by Vira & Vindhya

[Seorang teman menantang saya untuk melakukan 28-Days Writing Challenge di blog ini. Aturannya sederhana; setiap hari dia akan meberikan sebuah tema dan saya harus menulis sebuah tulisan pendek (tidak lebih dari 500 kata) dari tema tersebut]
Share: