Mencari taman atau ruang terbuka hijau di kota besar bukanlah perkara yang mudah. Apalagi taman yang ramah anak. Ada taman yang adem, banyak pohon rimbun yang teduh, ada rumput hijau terbentang, tapi di balik semak-semak ada orang pacaran. Ada taman yang banyak fasilitas bermain bagi anak-anak, tapi panas menyengat karena minim pepohonan.

Serba salah deh pengen main di luar rumah aja. Ujung-ujungnya, main ke mall lagi, ke mall lagi.

Beberapa tahun belakangan ini, di Jakarta sudah mulai ada beberpa ruang terbuka hijau atau taman yang lumayan enak dipakai main sama anak-anak. Keponakan saya, Diana, lumayan sering diajak emak dan bapaknya main ke taman-taman seperti ini, misalnya: Taman Ayodya, Taman Surapati, Taman Cattleya, atau taman tanpa nama di deket rumah aja.

Beberapa fasilitas di Scientia Square Park

Beberapa fasilitas di Scientia Square Park

Beberapa waktu yang lalu saya main ke sebuah taman di daerah Gading Serpong yang membuat saya terinspirasi untuk ngajak main Diana. Namanya Scientia Square Park. Meskipun untuk menuju ke Scientia Park agak repot kalau naik kendaraan umum dari Jakarta, tapi ga pa-pa lah sesekali jalan-jalan ke taman yang agak jauhan dikit dari rumah.

Lokasi Scientia Square Park bisa dilihat di google maps ini. Kalau dari Jakarta naik kendaraan umum, saya sarankan naik commuter line dari Tanah Abang, jurusan Serpong. Turun di Stasiun Rawa Buntu, lalu naik taksi atau Uber/Grab Car/Gojek. Untuk angkot sejauh yang saya lihat, kayanya ga ada yang lewat Scientia Park.

Kebun Sayur, Ladang Jagung, Sawah dan Kubangan Kerbau di Scientia Square Park

Kebun Sayur, Ladang Jagung, Sawah dan Kubangan Kerbau di Scientia Square Park

Waktu terbaik main ke Scientia Park adalah sebelum pukul 09.00 pagi, dan setelah jam 15.00 sore, karena matahari lumayan ramah di kulit. Jam operasional Scientia Park sendiri mulai pukul 05.00 pagi hingga 21.00 malam. Harga Tiket Masuk (HTM) Scientia Park pas saya ke sana (Maret 2016) adalah IDR 35.000 (tarif week end). Siapkan uang cash ya, karena pembelian tiket hanya menerima pembayaran cash saja. Ada ATM di sekitar Scientia Park, tapi harus masuk ke mall di sebelahnya, yang baru buka sekitar pukul 10.00 pagi.

Taman Kupu-kupu di Scientia Park

Taman Kupu-kupu di Scientia Park

Ada fasilitas apa saja di Scientia Park? Begitu melewati pintu masuk, kita langsung disambut dengan area luas untuk bermain roller-blade, panjat dinding, dan play ground yang kaya di sekolah TK. Geser sedikit ke dalem, ada jogging track yang juga bisa dipakai untuk main roller-blade. Ada area kandang kelinci dan ayam yang bersebelahan dengan kolam ikan koki, kebun sayur hidroponik, dan kebun jagung.

duduk di scientia park

Scientia’s Butterfly Park

Mau area yang agak teduh? Bisa main ke butterfly park; rumah kaca mungil yang berisi kupu-kupu aneka warna. Dipojokan taman seluas 1.2 hektar ini, ada sawah kecil yang ditanami padi, lengkap dengan dua ekor kerbau pembajak sawah.

Ada juga area piknik yang nyaman banget untuk menggelar tiker dan tidur-tiduran di rumput sambil ngemil jajanan. Untuk jajanan, bisa bawa sendiri dari rumah, bisa juga beli di seputaran Scientia Park. Beberapa tenant jajanan mengharuskan pembayaran menggunakan deposit money yang tergabung di HTM Scientia Park, jadi sebaiknya saat membeli tiket masuk, jangan lupa untuk mendepositkan sejumlah uang untuk persiapan jajan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Scientia Square Park

Aktivitas yang bisa dilakukan di Scientia Square Park

Bosen cuma duduk-duduk aja? Silakan mencoba giant-swing alias ayunan raksasa yang ada di dekat area piknik. Kalau mau yang lebih menantang, anak-anak bisa main ATV yang ada di dekat area ladang jagung.

Main ke Scientia Park ini bisa banget jadi alternatif jika butuh mengisi week end selain ke mall.

Share: