Tanpa bermaksud men-generalisir, saya yakin memasak mungkin adalah pekerjaan rumah tangga yang paling malas dilakukan perempuan-perempuan masa kini, selain tentu saja menyetrika. Saya suka keduanya, menyetrika buat saya adalah sebuah kegiatan stress-reliever. Sementara memasak itu seperti sebuah balapan mobil yang memacu adrenalin, kita harus tahu kapan harus memasukkan bumbu, kapan harus mengecilkan api, kapan harus berhenti mengaduk, agar makanan yang kita buat tidak “nabrak sana, nabrak sini” cita rasanya ketika matang.

Dari seluruh proses memasak, saya paling ga suka bagian menyiapkan bumbu, apalagi kalau alat masak yang tersedia tidak mumpuni. Misalnya di kost saya cuma ada cobek mini dengan diameter sekitar 15cm. Mau dipakai ngulek bumbu nasi goreng satu porsi aja, bawang merahnya loncat kesana kemari. Apalagi kalau musti nyiapin bumbu masakan lain yang rumit.

*kibar bendera putih dan melambai ke kamera*

BlackGarlic Paket Express

BlackGarlic Paket Express

Namun di jaman semua serba digital dan online kaya sekarang ini, apa sih yang ga bisa? Mau pesan makanan aja sekarang kita ga usah repot nyari restoran yang ada delivery service-nya ‘kan? Tinggal swipe layar handphone, konfirmasi pesanan, siapin uang, ga berapa lama datanglah mamang-mamang berjaket hijau ngetok pintu rumah dengan sekantong makanan pesanan kita.

Ternyata urusan masak memasak pun, bisa kaya gitu juga! Adalah BlackGarlic ID yang memperkenalkan konsep masak repot; kita tinggal pilih menu dan waktu pengantaran yang kita mau di website BlackGarlic ID, membayar pesanan, dan ketika pesanan kita tinggal memasak mengikuti instruksi yang terdapat di dalam kotak.

Isi paket BlackGarlic ID

Isi paket BlackGarlic ID

Setiap paket yang kita beli, selain berisi bahan masakan dan bumbu-bumbu lengkap, juga berisi kartu menu lengkap dengan step by step cara mengolah masakannya. Setiap menu masakan cuma butuh waktu kurang leih 15 menit aja untuk memasaknya. Sambil ngrendem cucian di mesin cuci, sambil nyiapin makan malem, pas selesai makan malem, pas cucian siap jemur. Praktis banget!

Ga perlu khawatir bakalan ribet sama langkah masaknya! Setiap jenis bahan masakan dikemas dalam kantong-kantong kedap udara, dilengkapi dengan nomor kode urutan masuknya bahan ke panci, juga instruksi bahan makanan ini harus disimpan di mana; di suhu ruangan, di kulkas, atau di freezer. Setiap paket Express terdiri atas 2 menu, dan setiap menu cukup untuk 2 porsi. Tapi kenyataannya paket Express ini bisa banget porsinya untuk 3 orang (porsi perempuan kinyis-kinyis kaya saya ya.. bukan porsi kuli, hihi).

Soto mie blackgarlic id

Menu soto mie untuk 2 orang yang dimakan 3 orang pun masih sisa

Paket Express yang saya pesan kebetulan pas menunya soto mie untuk makan siang, dan tumis buncis dengan udang sama ayam rica-rica. Pas masak soto mie, saya sempet ragu, emang daging dan kikilnya bakalan lembut ya kalau cuma saya rebus 10-15 menit, ternyata daging dan kikil yang dikemas dalam plastik kedap udara itu sudah matang sempurna, tinggal cemplungin aja sebentar di kaldu mendidih.

tumis buncis udang blackfgarlic ID

Harumnyaaa…

Malamnya pas masak tumis buncis, temen-temen kost saya sampai komen “Mba Titiiii, masakannya harum banget!” Sepertinya, perpaduan antara bumbu tumisan bawang, segarnya sereh dan daun salam, udang segar, dan kaldu spesial-nya yang bikin masakan harum semerbak.

Belum lagi ayam rica-ricanya; kita hanya perlu masak fillet ayam yang sudah di-marinate dalam air jeruk dan garam sebentar di wajan anti lengket, buang airnya, lalu masukkan bumbu rica-ricanya. Kurang dari 10 menit sepiring rica-rica ayam dengan bumbu yang ga main-main (irisan daun jeruknya kelihatan banget!) siap kita nikmatin.

Nasi hangat, tumis buncis, dan ayam rica rica

Nasi hangat, tumis buncis, dan ayam rica rica

Selain paket Express seharga IDR untuk 2 menu dan 2 porsi makanan, di BlackGarlic ID juga ada paket Family untuk 2 menu dan 4 porsi makanan. Pas banget untuk yang mau masak tanpa repot!

Share: