Banyak yang bilang, untuk mendapati pantai-pantai cantik di Indonesia, pergilah ke bagian timur negeri ini; Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, Ambon, Papua, Halmahera dan seterusnya. Tak ada yang salah dengan perkataan tersebut. Namun, jangan lupakan bagian barat Indonesia. Di sana pun banyak pantai-pantai yang tak kalah cantik. Salah satunya yang ada di titik ujung barat Indonesia; Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Tak percaya akan kecantikan Aceh? Saya akan berbagi sedikit buktinya!

Museum Tsunami

Salah satu sudut Museum Tsunami

Museum Tsunami

Bangunan cantik ini adalah hasil karya rancangan Ridwan Kamil, yang saat ini menjabat sebagai Walikota Bandung. Dibangun pada tahun 2009 sebagai salah satu simbol pengingat akan gempa dan tsunami yang melanda Propinsi NAD tahun 2004. Di dalam bangunan ini, selain penuh denga informasi mengenai gempa dan tsunami, kita akan banyak mendapati ucapan terimakasih dan kata ‘damai’ dalam berbagai bahasa di dunia. Ini diperuntukkan bagi negara-negara yang telah membantu Indonesia dalam proses recovery setelah gempa dan tsunami 2004.

PLTD Apung

PLTD Apung; kapal pembangkit listrik raksasa yang ‘terdampar’ di pusat kota.




Monumen PLTD Apung

Ketika tsunami terjadi, kapal berbobot lebih dari 2.600 ton ini terseret dari tengah laut hingga akhirnya terdampar sekitar 3-4 kilometer dari bibir pantai. Bangkai kapal ini sekarang dijadikan salah satu monumen peringatan bencana tsunami.

Pemandangan Pulau Weh

Pemandangan Pulau Weh

Pulau Weh

Bergeser ke satu pulau kecil di dekat Banda Aceh; Pulau Weh. Pemandangan di atas kami temui saat bermobil dari pelabuhan Balohan menuju ke Iboih. Sopir mobil sewaan kami menghentikan mobil di suatu sudut jalan, dan dari balik sebuah rumah, kami mendapati pemandangan seperti ini. Sungguh menakjubkan!

Iboih Inn

Bermain di Dermaga Iboih Inn

Iboih Inn

Salah satu penginapan favorit saya; terletak di salah satu pantai tercantik di Pulau Weh, dengan pemandangan langsung ke Pulau Rubiah, affordable price, banyak pilihan makanan di sekitar penginapan ini, juga dekat dengan dive center. Duduk-duduk di dermaga depan penginapan saja, kita bisa lihat ikan warna-warni berkejar-kejaran di antara karang yang indah.

Pantai Anoi Itam

Salah satu pantai berpasir hitam tercantik yang pernah saya lihat.

Pantai Anoi Itam

Siapa bilang pantai berpasir hitam kalah cantik dibandingkan dengan pantai berpasir putih? Kamu harus lihat dengan mata kepala sendiri kecantikan Pantai Anoi Itam di Pulau Weh, baru kamu akan percaya, pantai berpasir hitam pun bisa tak kalah cantiknya!

Gua Jepang Sabang

Di jaman perang tempat ini jadi titik pengintaian, sekarang jadi tempat wisata

Gua Jepang

Letaknya yang langsung menghadap ke Samudera Hindia membuat tempat ini pas sekali dijadikan sebagai titik pengintaian pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Dari atas tebing, kita bisa langsung melihat ke lautan lepas, tempat kapal perang musuh melintas. Sekarang tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata, karena pemandangan cantiknya sayang sekali jika kita lewatkan.

Pantai Sumur Tiga

Bersantai di Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

Ingin bebas berenang dengan bikini? Pilihlah deretan pantai di daerah Sumur Tiga. Di sini juga terdapat banyak penginapan cantik dan restoran yang menyajikan hidangan lezat dengan harga terjangkau; Casa Nemo dan Santai Sumur Tiga salah dua dari sekian banyak penginapan dan restoran itu.

Pulau Rubiah

Pesona Kecantikan Pulau Rubiah

Kembali ke dekat Pantai Iboih, di seberangnya terdapat pulau yang tak kalah cantik dengan Pulau Weh; Pulau Rubiah. Hanya perlu menyebrang sekitar 10 menit dengan speed-boat kecil, kita bisa leyeh-leyeh di pulau ini, juga bisa snorkeling dan menikmati pemandangan underwater.

Share: