Saya beneran bengong sampai nganga waktu lihat sebuah video yang di-share teman saya di laman Facebook. Video yang awalnya kaya mau nunjukin orang mau main flying fox, bedanya ini sambil megang tongsis alias mono-pod gitu. Hingga saat viedo ini masuk ke detik kelima belas, saya nganga sejadi-jadinya! Kalau kamu penasaran juga kaya apa video itu, silakan dilihat di sini.

Man, ini video flying fox paling gila yang pernah saya lihat! Beberapa kali saya putar ulang video ini, saya baru tahu kalau ini bukanlah flying fox biasa, nama kegiatan ini adalah zipline. Video yang tadi saya kasih link-nya itu diambil di suatu daerah bernama Seven Line Falls, sebuah rangkaian tujuh buah air terjun yang ada di Lake Sebu, South Cotabato, The Phillipines.

Zipline di 7 Falls, Lake Sebu

Zipline di 7 Falls, Lake Sebu

Foto diambil dari sini

Selama kurang lebih 1 menit, kita akan dibawa melintas di atas empat air terjun yang ada di Seven Line Falls; Hikong Bente, Hikong B’lebed, Hikong Lowig, Hikong K’foi. Ketinggian tali zipline sekitar 180 meter dari permukaan tanah, dan selama terikat di tali zipline, kita akan melaju dengan kecepatan sekitar 20 meter/detik. Bayangkanlah pacuan adrenalin yang akan melaju kencang dalam darah kita ketika mencoba zipline ini. Ketika badan kita terikat erat pada tali zipline, lalu meluncur kencang dalam sejuknya udara Lake Sebu.




zipline di seven line falls

Cross Over the Falls!

Gambar di ambil dari sini

Buat saya yang tidak memiliki fobia akan ketinggian, bukan berarti kegiatan zipline ini tidak akan membuat dengkul lemes. Tergantung 180 meter dari atas permukaan tanah, bagaimana jika tali zipline-nya putus? Melaju 20 meter/detik, bagaimana kalau tiba-tiba zipline-nya macet? Akankah kita terpelanting? Namun, jika hanya satu kegiatan outdoor yang yang bisa saya lakukan di Filipina, it would be definitely this zipline! Dinobatkan menjadi salah satu zipline tertinggi di Asia, ber-zipline di Seven Line Falls ini pastinya akan menjadi pengalaman CROSS|OVER paling epik dalam hidup saya.

Saking pengennya nyobain zipline, saya buanyaaakk banget browsing dan blog-walking tentang pengalaman orang-orang yang sudah nyobain ziplining. Dan semua blogger yang udah pernah nyobain bilang: KALIAN HARUS NYOBAIN INI! Ada yang bilang, pas terbang di atas air terjun – air terjun itu, kita akan merasakan jadi burung elang yang terbang bebas di angkasa karena terbang dalam posisi telungkup. Dengan pepohonan rimbun terhampar di bawah tubuh, desis dan dentuman air yang jatuh dari puncak air terjun dan desiran angin menjadi soundtrack alam yang mengiri waktu terbang kita. Di dalam satu menit itu, kita akan dibuat bingung harus melihat ke sisi mana, karena semua pemandangan yang terbentang di depan mata sungguh indah!

Beberapa menyarankan agar mencoba zipline pada saat matahari bersinar cerah. Cahaya matahari yang jatuh butiran air terjun akan menciptakan pelangi yang cantiiiiik banget!

Untuk mewujudkan salah satu mimpi ini saya mulai menghitung-hitung biaya yang harus saya keluarkan untuk nyobain zipline:

  • Penerbangan CGK – MNL – CGK, max budget IDR 2.000.000, MNL – GES – MNL max budget IDR 2.500.000
  • Transport PP menuju Seven Line Falls (General Santos Airport – Bulaong Bus Terminal – Marbel – Lake Sebu, vv): PHP 700 (equivalen to IDR 217.000)
  • Zipline PHP 300 (2013), katakanlah sudah naik 100% di tahun ini jadi PHP 600 dengan kurs IDR 310 per PHP, biayanya akan menjadi sekitar IDR 186.000.

Dibutuhkan biaya sekitar IDR 5.000.000 kalau cuma mau ziplining aja, belum termasuk makan dan penginapan. Kalau mau berhemat-hemat, bisalah dengan budget IDR 7.500.000 untuk explore kota Manila, lalu terbang ke General Santos dan mencoba zipline!

Sebenarnya ada cara yang gratis untuk nyoba zipline ini, dan ga tanggung-tanggung, ziplining-nya bakalan di Whistler, Canada! Caranya emang harus agak usaha sih, kamu harus register dulu di sini, lalu kumpulin kilometer yang ada di games-nya, kalau tembus 5.000 km kamu punya kesempatan untuk ikut berpetualang nyobain zipline di Canada. Come on, let’s cross over! Gear up and zip down, let gravity do the work!

Tulisan ini diikutsertakan lomba blog CROSS|OVER , How Far You Will Go? You Decide! Untuk informasi lomba silakan  mengunjungi situshttp://www.neversaymaybe.co.id.

Share: