Enam puluh dua blogger, 56 orang dari jumlah itu tergabung di sebuah grup whatsapp, punya ketertarikan akan 2 hal yang sama: traveling & blogging. Kami menyebut komunitas ini Travel Bloggers Indonesia. Dan di hari Sabtu – Minggu, 29-30 Agustus lalu, kami ngumpul bareng di sebuah sudut Kabupaten Bogor untuk TBI Gathering di Villa La Lita Gunung Salak.

Stasiun Bogor, pukul 08.00 pagi kami tetapkan sebagai tempat dan jam janjian ngumpul. Baru proses ngumpulnya aja udah seru banget. Meskipun setiap hari kami ngobrol dari mulai bahasan penting ke bahasan ga penting sampai ke bahasan garing di grup whatsapp, ada beberapa dari kami yang bahkan belum pernah bertatap muka sekalipun. Contohnya saya dan Adlien, yang bertugas sebagai pembawa bendera pusaka PJ meeting point, belum pernah sekalipun ketemu. Tapi, begitu ketemu sih ya udah becanda-becandaan aja. Meeting point lalu bergeser ke gerai makanan siap saji di seberang stasiun, berhubung banyak teman-teman yang belum sarapan. Akhirnya sekitar jam 09.30 kami meninggalkan kota Bogor menuju Villa La Lita Gunung Salak.

Saya kebagian ikut di rombongan angkot sewaan, bareng Bulan, Wira, Leo, Kak Badai, Adlien, Felicia, Firsta, Bobby, Ridwan, dan Kak Olive. Sepanjang jalan adaaaa aja yang jadi bahan becandaan; mulai dari permen mint punya Felicia yang pedasnya menjebak, sampai Adlien yang tidur hingga hampir nyender ke punggung Abang Sopir yang ada di depannya, bisikan pertanyaan maut Adlien pada Kak Badai, hingga becandaan kenapa hanya satu sisi lengkung body angkot di atas ban yang ngegesrek ke ban tiap kali ketemu jalanan jelek. Hal kecil yang mungkin ga penting sama sekali, tapi bukankah hal-hal seperti itu yang membuat perjalanan selama hampir satu setengah jam jadi tak terasa? Traveling is not about the destination, it’s about the journey and the people you spent the journey with, they say….

Kolam Renang Villa La Lita

Bangun tidur pemandangannya kaya gini? Beuuuuhh…

Villa La Lita Gunung Salak itu cantik banget! Cantik lokasinya, cantik penataannya. Pas masuk ke bagian depan villa, yang berfungsi sebagai ruang makan, banyak pernak-pernik menarik menyambut kami. Mulai dari mesin jahit yang dijadikan meja untuk minum-minum kopi, wadah mainan dakon alias congklak, hiasan gajah warna-warni di atas daun pintu, sampai koteka yang bergelantungan seperti wind-chime di sepanjang langit-langit ruang makan. Jangan heran, yang punya Villa La Lita Gunung Salak ini memang nyeni banget, namanya juga egg-shell craftwoman! Masuk ke bangunan villa, kami bisa melihat hamparan kaki Gunung Salak dari balik jendela kamar. Benar-benar pemandangan yang menyejukkan untuk mata yang penat akibat layar komputer.

Trus ngapain aja TBI Gathering ini? Iiiiiiihhh, kepo yaaaa? *nari tarian sekte* Hihi.

Kalau kamu tetep kepo kita ngapain aja, aku ceritain yang ga lahaciak aja ya, let the confidential stays confidential.

Kami main games perkenalan; masing-masing dari kami diminta menuliskan lima hal yang menggambarkan diri kami, lalu guru kami Miss Bulan akan mengundi dan membacakan ciri-ciri tersebut, yang bisa nebak dapat bintang, dan yang bintangnya paling banyak memenangkan permainan. Ah, kayanya gancil aja tuh permainannya! Eits, tunggu sampai kamu harus mendeskripsikan diri kamu dalam 5 kalimat. Lima paragraf itu gampang buat blogger, tapi lima kalimat? Beuuuuh, susyeh, men!

Beres main games, saatnya belajar dasar-dasar egg-crafting; gimana caranya ngeluarin isi telor unggas, hanya dengan 1 buah tusukan paku dan alat suntik. Nah lo! Kak Lita, pemilik Villa La Lita –obviously– ngajarin kami gimana caranya. Kelas ngeluarin isi telor ini, sungguh heboh! Celetukan semacam “Ditiup, jangan disedot…” “Masukin setengah aja…” “Aduh, muncrat!” silih berganti terdengar dan memancing gelak tawa. Yang ga mau nyobain ngeluarin isi telor, sibuk bikin foto-foto kece nan instagrammable dengan properti-properti imut milik Kak Lita.

Kerajinan Kulit Telur

My favorite one!

Kelas crafting dilanjutkan dengan sesi tur keliling Villa La Lita Gunung Salak. Ga semua orang yang menginap di villa ini punya previledge untuk masuk ke bagian villa yang merupakan kediaman Kak Lita, lho! Kami melihat koleksi benda-benda seni yang dikumpulkan Kak Lita dan suaminya; mulai dari hiasan dinding khas Tibet, sampai aneka keramik mungil dari Belanda. Dari berbagai macam bentuk hiasan telur sampai cinderamata Harley Davidson. Dari aneka kaktus hingga koleksi batu. Dari meja dari sebatang pohon besar sampai tangga pesawat. Dari kalkun sampai kambing jawa bertanduk lima. Semua ada!

Golden Retriever

HEAVEN!

Tapiiiii…. bagian favorit saya dari Villa La Lita Gunung Salak adalah kandang anjingnya. Bukan cuma ada satu anjing di sana, tidak juga dua, tapi lebih dari 20 anjing! Best of the best-nya adalah, ada lima ekor puppies golden retriever di sana. Waktu puppies itu dilepas di halaman kandang, saking bahagianya main sama mereka, saya pikir saya mati dan masuk surga! Iya, saya lebay. Sedikit.

Selesai tur villa, waktunya para blogger ngumpul dan sharing soal SEO. Dipimpin oleh Fahmi Kucing dan Bobby, kelas sharing SEO yang awalnya agak-agak serius dan hening, lama-lama jadi heboh juga. Meski agak susah ngomongin soal SEO tanpa buka laptop, tapi dua suhu itu bisa kok nularin ilmunya ke kami. Canggih lah! Terimakasih, Kak Bob & Kak Fahmi!

Nah acara malam harinya ini yang confidential, ga akan saya ceritain. Ga diceritain tapi ditulis. Iya, biar kamu yang kepo makin kepo. Bihihihik.

Keesokan paginya, sebagian teman-teman pergi hunting sunrise. Saya, Bulan, Shabrina yang tidur sekamar ga ikutan karena…. ummmm, ga bisa bangun pagi, hihihi. Terutama saya yang ketika dibangunkan Firsta subuh itu hanya bisa mengangkat muka dari bantal dan menggeleng saja. Sepulang hunting-sunrise lalu sarapan, kami semua pergi ke Curug Cigamea, bagian ini nanti akan saya tulis di postingan terpisah saja ya. Sebagai penutup Gathering TBI di Villa La Lita Gunung Salak, ditutup lagi dengan games super heboh yang melibatkan goyang itik, gajah di pelupuk mata, kuman, juga betis untuk menyebut talas, hahahaha…

It was a FUN week end, I love it! Seneng banget bisa ngumpul sama temen-temen anggota TBI di tempat yang cantik, dengan kegiatan yang asyik. Dapat ilmu, bisa refreshing, dan juga bikin bonding antar anggota TBI makin kuat.

Yuk, next TBI Gathering bikin di pantai mana gitu, yuk!

Share: