Bandara Kualanamu, Sumatera Utara adalah bandar udara kedua di Indonesia yang terintegrasi dengan sistem transportasi kereta api, setelah Bandara Adi Sucipto di Jogjakarta. Bedanya hanya, Stasiun Maguwo yang ada di dekat Bandara Adi Sucipto tidak sengaja dibangun untuk mendukung Bandara Adi Sucipto, sedangkan Stasiun Kualanamu memang dibangun untuk men-support Bandara Kualanamu. Bandara Soekarno – Hatta aja belum punya sistem kereta api yang menghubungkan dengan Jakarta, lho! Dengan adanya kereta api yang menghubungkan bandar udara dengan kota di dekatnya, akan membuat perjalanan jauh lebih efektif dan efisien, jika dibandingkan hanya mengandalkan moda transportasi bus dan atau taksi saja.

Ruang Tunggu ARS Stasiun Bandara Kualanamu

Ruang Tunggu ARS Stasiun Bandara Kualanamu

Dari Bandara Kualanamu ke kota Medan, dengan jarak sekitar 39 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 hingga 45 menit saja dengan kereta api yang bernama resmi Airport Railways Services atau ARS ini. Setiap harinya ada sekitar 20 kali perjalanan dari dan ke kota Medan. Hampir setiap 30 menit hingga 1 jam sekali ada perjalanan, jadi kita tidak perlu khawatir nunggu keretanya terlalu lama.

Kalau mau naik kereta api dari bandara Kualanamu ke Medan gimana caranya? Sini, sini… saya kasih tahu caranya 😀

1. Begitu kamu sampai di Bandara Kualanamu, silakan terus ikuti papan petunjuk arah “KELUAR/EXIT”, beberapa meter sebelum pintu keluar Kedatangan/Arrival, akan ada counter penjualan tiket ARS. Kamu bisa beli tiket ARS di situ, atau….




2. Tetap jalan menyebrang ke gedung di depan pintu Kedatangan. Nah, gedung inilah stasiun kereta apinya. Di sini kamu punya 2 pilihan untuk membeli tiket ARS; pertama di konter yang dilayani kakak dan abang kece, atau kedua, di semacam vending machine yang bisa bikin kamu terlihat sophisticated karena beli tiket tinggal pencet-pencet gitu. Ga pakai duit fisik pun, tinggal masukin kartu prabayar (Brizzi, E-money, Flazz, dll), kartu debit atau atau kartu kredit aja.

Tempat Pembelian Tiket ARS dan Information Centre

Tempat Pembelian Tiket ARS dan Information Centre

Vending Machine Tiket ARS

Vending Machine Tiket ARS

3. Setelah punya tiket, kamu ga bisa langsung masuk ke peron. Tunggu sampai ada pengumuman dari petugas untuk masuk ke peron. Tenang, banyak kursi nyaman tersedia di ruang tunggu, kok. Pengumuman dari petugas tentang keberangkatan kereta ARS pun jelas, sampai ke menit yang tersisa hingga kereta berangkat pun diumumin. Kecuali kamu ketiduran pules, kayanya sih ga bakal ketinggalan.

4. Sebelum masuk ke peron, masukkan tiket yang mirip kartu ATM ke dalam mesin, dan simpan struk yang meunjukkan tempat duduk kita.

5. Cari gerbong dan tempat duduk mu, duduk manis, dan 30 hingga 45 menit kemudian kamu sudah sampai di kota Medan.

Di dalam kereta ARS dari Bandara Kualanamu ke Medan

Di dalam kereta ARS dari Bandara Kualanamu ke Medan

Harga tiket kereta api Bandara Kualanamu – Medan ini pas saya main ke Medan bulan Juni lalu adalah IDR 100.000/orang. Cukup ekonomis jika dibandingkan harus naik taksi, apalagi kalau perginya cuma sendirian. Jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta juga on-time, jadi kamu bisa sesuaikan dengan waktu flight kamu. Kondisi kereta sendiri gimana? Dijamin bersih, nyaman, dan tempat naruh bagasinya pun sangat petite-girl (kaya saya) friendly, hahaha.. Ini yang saya suka banget! Dengan tinggi badan saya yang cuma 150 cm pas, saya suka sebel kalo harus naruh bagasi di atas kepala; sering banget ga nyampe but I’m too proud asking a help from others. 

Tempat Bagasi di kereta ARS

Tempat Bagasi di ARS. Bukan, bocah ber-sweater merah itu bukan barang bawaan.

Jadi, naik kereta api dari Bandara Kualanamu ke Medan ini recommended ga? Banget! Cobain ya kalau lagi ke Medan!

Share: