Tulisan ini adalah postingan bersama (posbar) teman-teman Travel Blogger Indonesia dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-70. Tema posbar kali ini: DREAM INDONESIA ; destinasi impian kamu di Indonesia. Tema posbar kali ini, mengingatkan saya akan sebuah nama tempat yang sudah 5 tahun saya tulis di Buku Mimpi*, namun entah kenapa ia sering terlupa, dan tergantikan oleh destinasi lain saat membeli sebuah tiket pesawat. Semoga postingan ini bisa menjadi pengingat untuk saya sendiri, akan sebuah mimpi menyambangi salah satu keindahan negeri ini; Lombok Timur.

Saya pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Lombok sekitar lima tahun yang lalu. Sudah cukup lama. Mungkin sudah banyak perubahan fisik yang terjadi di sana. Yang pasti, kini Lombok sudah memiliki bandar udara internasional sendiri, tak lagi tergabung dengan pangkalan udara milik TNI AU. Mungkin makin banyak pembangunan hotel dan villa di sudut-sudut Pulau Lombok. Bisa jadi, jika saat ini saya kembali mengunjungi Pulau Lombok, saya akan sama terkagum-kagumnya dengan lima tahun yang lalu.

Perjalanan saya lima tahun yang lalu di Pulau Lombok, mungkin akan ‘dilabeli’ sebagai perjalanan ‘turis’ jika saya lakukan sekarang ini; mendarat di Bandara Selaparang, dijemput oleh keluarga teman yang memang tinggal di sana, menginap satu malam di rumah keluarga tersebut, esok harinya diantar jalan-jalan ke pantai di bagian utara Pulau Lombok, pindah menginap 2 malam di sebuah resort dengan bermodalkan voucher gratisan dari kartu kredit, jalan-jalan ke Gili Air (dengan private boat karena kami kesiangan bangun dan ketinggalan public boat, I tell ya!), dan ditutup dengan -tentu saja- diantar keluarga teman tadi keliling ke Pura Lingsar, jajan sate bulayak, belanja oleh-oleh, dan ditunggui di sampai pesawat yang membawa saya dan sahabat saya terbang kembali ke Jakarta.

Jajan Sate Bulayak di Pura Lingsar

Jajan Sate Bulayak di Pura Lingsar

Pada satu waktu saat makan malam di rumah keluarga yang menjamu kami di Pulau Lombok, saya bertanya pada anak perempuan pertama keluarga itu.




“Kakak kerja di mana sekarang?”

“Di sebuah puskemas di Lombok Timur, jauh dari sini… bisa 1 jam naik motor”

“Jauh….?” tanya sambil terheran-heran. Satu jam di Jakarta, jika sedang sial, mungkin saya baru sampai di Mampang (dari Ragunan), yang saya yakin jaraknya kurang dari 10 kilometer.

“Jangan kamu bayangkan Lombok ini seperti Jakarta, yang satu jam naik mobil belum sampai mana-mana. Di sini jalanan kosong, 1 jam naik mobil, kamu sudah bisa melompati batas 1 kabupaten….” kata orangtua teman menjawab kebingungan saya.

“…nanti, kalau kalian kesini lagi, siapkan waktu yang agak longgar. Yaaah, seminggu lah. Om ajak kalian sampai ke Lombok Timur!”

Lombok Timur. Sejak saat itu, saya banyak mencari referensi tentang daerah ini, dan dengan tekun menuliskan satu per satu nama menarik yang ada di Lombok Timur di bawah judul “Kembali ke Lombok” di Buku Mimpi* yang saya simpan. Tanjung Ringgit, Pantai Tangsi, Gili Petelu, Pantai Sebelu, Pulau Merangkik… esok, mungkin daftar ini akan bertambah panjang. Nama-nama tempat itu sengaja saya ‘hidupkan’ di feed search Instagram saya. Agar saya terus termotivasi untuk semakin semangat menyisihkan rupiah di tabungan, demi liburan ke Lombok Timur, salah satu sudut keindahan negeri kita.

Gili Air; Pulau Lombok masih punya banyak Gili yang lain

Gili Air; Pulau Lombok masih punya banyak Gili yang lain

Banyak teman yang saya ajak untuk mewujudkan mimpi pergi ke Lombok Timur menjawab dengan;

“Ah, di sana ga ada penginapan yang asik!”

“Ke Gili Trawangan aja deh, lebih seru!”

“Ga ada angkot ya ke Lombok Timur? Sewa mobil kan mahal…”

Ya ga pa-pa juga sih teman-teman saya itu menjawab seperti itu. Toh ini mimpi saya, keinginan saya. Ya saya yang harus mewujudkannya. 🙂 Meskipun -katanya- ga ada penginapan yang memadai Lombok Timur, meskipun susah angkot, meskipun ga ada restoran bahkan warung makan yang nge-hits di sana, kalau sudah cinta, ya pasti akan diusahakan untuk didatangi, ‘kan? Lombok Timur, sambil menunggu saya sampai ke tempat mu, please stay as beautiful as you are now. Untuk teman-teman yang sudah duluan ke sana, titip fotoin dan share fotonya di Instagram, yes?

Mau tahu destinasi-destinasi impian teman-teman Travel Blogger Indonesia lainnya? Silakan main ke blog mereka ya!

Share: