Waktu baru menunjukkan pukul 07.30 pagi WITA, kemarin petang kami baru pulang dari hidup terapung-apung di atas kapal selama 2 hari 1 malam, dan pagi itu kami sudah berjalan dengan penuh rasa excited lagi ke arah pelabuhan kota Labuhan Bajo. Mau ngapain, coba? Mau islands hopping, dong!

TheJapra (instagramer yang sekarang kondang banget itu, hihi..) waktu itu sedang tinggal di Labuhan Bajo dan berhasil kami rayu untuk jadi guide dadakan selama 5 hari kami liburan di sana, dia cuma bilang akan mengajak kita ke Pulau Kanawa dan Pulau Bidadari. Dan mampir ke pulau lain yang memungkinkan untuk disinggahi, katanya. Jadi kedatangan kami ke Pulau Sabolo ini bisa dibilang adalah sedikit kejutan. Kejutan yang sangat menyenangkan, karena ternyata pulaunya cantik banget!

Jernihnya Air Laut di Pulau Sabolo

Pulau Sabolo adalah sebuah pulau kecil kosong yang terletak di laut Flores, hanya sekitar 1 jam perjalanan dari pelabuhan Labuhan Bajo. Sebelum perahu kami merapat di pantai Pulau Sabolo, kami sudah dibuat tercekat oleh gradasi warna air lautnya. Kalau tidak salah, mata kami bisa mendeteksi lima warna biru yang berbeda di pantai itu. Begitu kami mendarat kami semakin dibuat terpukau oleh putihnya hamparan pasir di pantainya, tumpukan bebatuan di salah satu ujung pantai, ilalang liar yang kece banget untuk bikin foto a la- a la di padang rumput, dan pastinya gradasi biru air laut yang membentang luas.

Pasir dan Air Pulau Sabolo

Kalau kamu berkesempatan islands hopping di sekitar Labuhan Bajo, mintalah pada kapten kapal mu untuk mampir ke Pulau Sabolo ya… Dan rasakan sendiri keindahan seperti ini:

Pasir di Pulau Sabolo pun Sedikit Berwarna Pink

Terikat Pada Pulau Sabolo

Pasir dan Air Pulau Sabolo

Jump!

Menyusuri Pantai Pulau Sabolo

Tips main ke Pulau Sabolo:

• Berangkatlah dari Labuhan Bajo saat hari masih pagi, misalnya pukul 07.30, agar tidak terlalu kepanasan ketika sampai di Pulau Sabolo.
  • Di pulau ini tidak ada pepohonan, gazebo, apalagi payung-payung cantik dan bean bag aneka warna. Jika ingin nyaman duduk-duduk di sana, bawalah alas sendiri (kain pantai, tikar) dan payung jika ingin berlindung dari panas sinar matahari.
  • Tidak ada orang jualan, silakan bawa bekal air minum yang cukup dan cemilan.
  • Ingatlah selalu untuk membawa semua sampah yang kamu hasilkan dari semua aktifitas islands hopping kembali ke Labuhan Bajo, dan buang di tempat sampah di sana. Jangan pernah meninggalkan sampah apapun di semua pulau!