Camping Mewah di Tanakita, Situ Gunung

Apa yang terbayang di pikiran ketika kita mendengar kata camping atau kemah?

Ribet sama barang bawaan; tenda, matras, sleeping bag, baju, alat mandi, nesting, bahan makanan. Susah cari tempat pipis dan po*p. Belum kalau hujan, jika ga pinter-pinter milih lokasi camping, bisa-bisa area camping akan tergenang air, barang bawaan basah semua, dan liburan yang awalnya dirancang untuk senang-senang, malah berubah jadi bikin manyun. Beberapa kali camping, saya belum pernah sih sampai kehujanan deras sampai basah kuyup gitu, paling cuma gerimis-gerimis asoy aja. Cukup bikin panik di dini hari, trus ngikik bersama karena hujannya cuma miss-call doang!

Ada ga sih camping yang ga ngeribetin? Ternyata ada lho, sodara-sodara… Banyak malah! Salah satunya yang pernah saya coba adalah camping mewah di Tanakita, Situgunung. Memang sih prinsip “ada harga ada rupa” berlaku banget untuk jenis-jenis camping manja ini. Beberapa teman yang sudah pernah nyobain camping mewah di tempat lain bilang, camping di Tanakita ini memang yang paling lengkap fasilitasnya.

Camping Tanakita
Inside the tent: matrass, pillow & sleeping bag are ready!

Apa aja sih fasilitasnya? Tenda dengan kapasitas hingga 4 orang, setiap tenda dilengkapi dengan kasur dan bantal, lampu, dan colokan listrik. Tendanya juga anti genangan, karena setiap tenda dialasi dengan palet plastik, jadi tidak langsung bersentuhan dengan tanah dan rumput. Untuk sanitasi, camping ground dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet, berair hangat, dan harum sepanjang hari. Fasilitas ini buat saya penting banget! Jam 01.00 dini hari pengen pipis, asik banget ‘kan kalau bisa pipis di toilet duduk dengan air bersih tersedia?

Camping Tanakita
Kamar Mandi dan Toilet

Makannya gimana? Tenaaaang, harga yang kita bayarkan sudah termasuk 3x makan prasmanan (dinner, breakfast, lunch), 2x snack. Kopi, teh, air mineral, air panas tersedia 24 jam non-stop. Mau tambahan lunch juga bisa, tinggal nambah IDR 40.000/orang. Khusus pada makan malam, kita akan dihibur oleh semacam home-band, gitaran nyanyi-nyanyi sambil curhat lewat lagu, sepuasnyaaaaa….

Makan Siang Tanakita
Our Lunch, Delisioso!

Berapa sih harga yang harus kita bayar untuk satu malam camping manja di Tanakita? Cukup dengan IDR 550.000/ orang/malam saja (harga Februari 2015, untuk update harga silakan cek langsung ke Tanakita ya…) Harga tersebut sudah termasuk juga guide untuk 1x kunjungan ke Curug Sawer dan 1x games flying fox. Flying fox-nya lumayan seru, ga kaya flying fox biasa yang tinggal naik tangga, berdiri di platform trus pasang alat lalu meluncur, kita harus meniti beberapa bilah kayu terlebih dahulu untuk menuju platform peluncuran. Saya sempet salah posisi pegangan tangan waktu meniti kayu itu, akibatnya bilah kayu yang saya injak goyang dengan heboh! Untung teman-teman yang udah selesai duluan ngasih tahu gimana cara pegangan yang bener. Kalau ga, bisa-bisa saya jatuh tergantung di ketinggian yang lumayan deh! Digantung perasaannya aja udah ga enak, apalagi digantung beneran diantara 2 pohon, yes?

Flying Fox Tanakita
Rubah-rubah siap terbang!

Aktifitas lain yang bisa dilakuin di sekitaran Tanakita apa aja? Trekking ke Curug Sawer & Curug Cimanaracun, lihat sunrise di Situ Gunung, jalan-jalan di seputaran Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, atau nyobain river-tubing di Sungai Cigunung?

Jika tertarik untuk camping manja di Tanakita, Situ Gunung, Sukabumi, silakan cari info lebih lanjutnya di sini:

tanakitacamp.com

email: piping.rakata@gmail.com / tanakita@rakata.co.id / info@rakata.co.id

Piping
Rakata Adventure
Ph : 021-7200469 / 021-7243252
Mobile : 0813 111 35064

***pssstt, ini bukan postingan berbayar ya! 🙂 saya menulis semata-mata karena jatuh cinta dengan tempat dan pelayanan Tanakita. Siapa tahu kamu mau nyoba juga…

66 Responses
    1. Parahita Satiti

      Maksimal ber-4, Kak…. Sendiri juga boleh, berdua bisa, bertiga oke, berempat maksimal. Seru banget camping di sana, Kak.. 🙂

        1. Parahita Satiti

          Hai, Bu Jacqueline 🙂
          harganya sudah saya tulis di atas ya, silakan baca kembali atau silakan hubungi Tanakita aja untuk pastinya. Terimakasih..

    1. Parahita Satiti

      Memungkinkan atau ga-nya saya ga bisa nentuin ya, kan semua tergantung dengan kondisi baby dan orangtuanya. Apakah baby-nya tipe yang bisa dibawa aktifitas outdoor atau ga, orangtua si baby nyaman ga bawa baby-nya tidur di tenda, dll…

      Tapi sejauh yang saya lihat waktu camping di Tanakita, ada kok yang bawa bayi belum 6 bulan. And they’re all fine 🙂

    1. Parahita Satiti

      Bebaaasssss…. boleh campu cowo-cewe, cewe-cewe, cowo-cowo, tua-muda, besar-kecil.

      Hihi, ini bukan camping syariah kok, Mas 😀

    1. Parahita Satiti

      Include: Tenda, Meals 3x (dinner, breakfast, lunch), flying fox 1x, guide ke air terjun.

      Exclude: transportasi dari dan ke lokasi

  1. enienieni

    mau tanya permainan flying foxnya bisa buat anak 7 tahun gak? atau da rekomsdasi permainan apa aja yang bisa untuk anak 7 tahun

    thanks b’4
    -eni-

    1. Parahita Satiti

      Hai Mba Eni, maaf baru kebaca komennya 🙂

      Flying fox-nya sepertinya bisa kok untuk anak usia 7 tahun, tapi tergantung keberanian masing-masing anak juga ya. Yang agak tricky mungkin pas harus meniti kayu menuju base flying fox-nya. Tapi jangan khawatir, ada petugas yang akan nemenin.

      Kalau aktifitas lain, mungkin trekking ke Curug Sawer atau main di danau Situgunung aja ya. Karena sepertinya ga ada permainan lainnya.

  2. Titiiii ini kok seruuuu sekalii tampaknya. Mursid juga ya, dan tampaknya makanannya enak! Dan the most important, ada aer angetnya! *masukin ke bucket list*

    “Mb, 550ribu itu per orang ya?”
    *dijitak Titi*

    1. Parahita Satiti

      Hahahaha.. Pinooo, ih!
      Iya, enak banget Tanakita ini, tempatnya enak, makanannya enak, pemandangan oke, staff-nya juga ramah-ramah.

    1. Parahita Satiti

      Body rafting nggak ada, adanya hanya river-tubing. Paket river tubing belum termasuk ke dalam harga penginapan ya.

    1. Parahita Satiti

      Hai Mbak Wati, silakan hubungi langsung ke Tanakita ya. Kan ada tuh nomor telp-nya di bagian akhir tulisan saya. Saya belum pernah ke sana ngajak anak kecil, jadi kurang tahu.

  3. HIASINTA TUNGABDI

    Sy dah baca postingan2, tp ada yg sy tdk ngerti ttg transport itu dr mana? Itu dah ada jg kan coffee breakx 2x ya selain 3x makan

  4. adi

    artikel yang menarik, mau nanya detil makanan dan kudapannya boleh ya, karena aku penggila kuliner. Menu makan siang, malam dan paginya prasmanan dan banyak pilihannya ya? Kalo msh inget apa aja sih menunya? Kalo kudapannya dikasih kue2 gitu? Kalo masih laper ada cafe atau bakery gitu gak dsana?

    Terakhir, kalo kita misal cuma berdua, kan tenda berempat, berarti kita pasti akan setenda sama orang lain ya?

    Thanks alot

    1. Parahita Satiti

      Hai Adi 🙂
      Seingat saya menunya
      – makan siangnya: nasi putih/nasi merah, sayur asem, ayam goreng, empal, tahu tempe, bakwan jagung, karedok, sambal, semangka.
      – makan malam: nasi putih/nasi merah, sayur lodeh, ikan bakar, tahu tempe, ayam goreng, sambal, pisang.
      – sarapan: nasi goreng, nasi uduk, telur mata sapi.
      – snack: pisang goreng, ubi & singkong rebus, wedang ronde.

      Di sekitar Tanakita cuma ada warung-warung kopi dan indomi aja, ga ada cafe atau bakery.

      Kalau cuma berdua, bisa kok request ke Tanakita setenda berdua.

    1. Parahita Satiti

      Hai Arana, saya kurang tahu pengaturan tendanya kalau pergi sendiri. Silakan tanyakan langsung ke Tanakita ya 🙂

      1. Oktavira

        Hahahahha maaf gatel pengen komen….lucu juga ada yg mau camping sendirian…..mau merenung ato mau ngeceng?

    1. Parahita Satiti

      Namanya di alam, ya satu dua nyamuk pasti ada lah.

      Tapi bisa diatasi dengan tidak membiarkan tenda terbuka terlalu lama di malam hari. Atau pakai mosquitos repellent. Dibikin gampang aja.

  5. Icha

    Mau tanya donk, kalau misalkan kita datangnya cuma berdua nanti ditenda bisa berdua atau dicampur sama 2 org lain? Thanks

  6. Gara-gara barusan bos nanyain soal Glamping, akhirnya aku terdampar di sini deh. Secara pribadi sih, aku dah lama juga pengen nyobain glamping ini. Kayanya seru dan gak ribet juga. Infonya cukup jelas kak, untuk update harga dan sebagainya tinggal hubungi kontak info yang di atas khan ya?

  7. Dina

    Terimakasih banyak infonya. Kalau ke Tanakita cuma sewa tempat dan menggunakan toilet aja kira2 bisa nggak ya? Mau bawa tenda, dan bahan2 makan sendiri… Cuma butuh tempat aja. Terimakasih

  8. Dina

    Terimakasih banyak infonya. Kalau ke Tanakita cuma sewa tempat dan menggunakan toilet aja kira2 bisa nggak ya? Mau bawa tenda, dan bahan2 makan sendiri… Cuma butuh tempat aja. Terimakasih banyak

    1. Parahita Satiti

      Waduh, saya kurang tahu kalau kaya gitu boleh atau ga. Silakan hubungi langsung ke Tanakita-nya ya, ada nomor telp-nya tuh di bagian paling bawah tulisan saya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: