Ciboleger, Pintu Masuk Menuju Baduy

Naik Angkot ke Baduy

Untuk menuju Baduy, yang terletak di Kecamatan Leuwidamar, Kab. Rangkasbitung (dari Jakarta), ada 2 alternatif transportasi umum yang bisa digunakan; naik kereta api atau naik bus. Kalau naik bus, bisa naik bus dari terminal Kampung Rambutan ke Rangkasbitung. Saya dan tiga orang teman, Kalejid, KaMiki, dan Mba Astrid, pas main ke Baduy tanggal 28 November 2014 kemarin, memutuskan untuk naik kereta api dan sepakat menjadikan stasiun Tanah Abang sebagai meeting point kami pagi itu.

Dari Stasiun Tanah Abang, setiap harinya ada 4 kereta yang diberangkatkan menuju Rangkasbitung, yaitu: Rangkas Jaya (08.05 WIB, dan 17.00 WIB) serta Kalimaya (09.30 WIB dan 18.00 WIB), harga tiketnya IDR 15.000. Tips: belilah tiket dari website PT KAI langsung, maka akan dapat potongan harga IDR 5.000, 1/3 harga tiket resmi, hihi… Kami memilih naik kereta paling pagi menuju Rangkas Jaya pukul 08.05 WIB, dengan harapan semakin pagi kami sampai di Rangkasbitung, maka perjalanan panjang menuju Baduy akan semakin lancar. Pada kenyataannya, kereta terlambat diberangkatkan, sekitar pukul 08.30 WIB kereta baru meninggalkan stasiun Tanah Abang, dan pukul 10.30 WIB baru sampai di Stasiun Rangkasbitung.

Mba Astrid di Stasiun Rangkasbitung
Mba Astrid di Stasiun Rangkasbitung

Sesampainya di stasiun Rangkasbitung, kami ga keluar dari melalui pintu keluar resmi stasiun, namun menuju jalan di sisi kiri bangunan statiun (kalau kita berdiri berhadapan dengan bangunan stasiun), menuju jalan aspal yang melintasi rel kereta api. Dari situ tinggal naik angkot warna merah nomor 07, jurusan Terminal Aweh. Ongkosnya IDR 5.000. Begitu turun dari kereta, akan banyak calo-calo angkot yang mengerubungi kita, menawarkan sewa mobil langsung ke Ciboleger. Saya pribadi tidak menyarankan untuk memakai jasa mereka yaaa.. Selain karena angkot menuju Ciboleger lumayan mudah di dapat, juga karena cara mereka menawarkan jasa terasa kurang simpatik.

Saat nunggu angkot nomor 07, mereka terus mengikuti rombongan kami, dan terus mengatakan kalimat-kalimat yang menyesatkan seperti “Bade ka mana? Ciboleger?” “Mau ke Ciboleger? Sewa angkot?” dan ketika kami tetap menggelengkan kepala, mereka mulai mengeluarkan kalimat seperti “elf ke Ciboleger udah habis, tadi pagi sembilan mobil udah berangkat ngangkut rombongan dari Jakarta…”

Kami cuekin, mereka tetep keukeuh lho… Bahkan kami tinggal makan dulu di sebuah warteg pun, mereka masih tetap ngikutin sambil terus ngajak ngomong tentang sulitnya transportasi ke Ciboleger. Padahal menuju Ciboleger sama sekali ga susah, hanya butuh sedikit kesabaran dan waktu yang longgar saja. Kenapa saya bilang begitu? Karena sesampainya kita di Terminal Aweh (yang termyata ga jauh-jauh amat dari Stasiun Rangkasbitung, kira-kira 10 menit naik angkot dengan kecepatan sedang), kita harus sabar nunggu sampai elf yang menuju Ciboleger penuh terisi. Waktu menunggu bisa jadi 1 jam, sampai semua bangku elf terisi penuh.

Terminal Aweh, Tempat Elf ke Ciboleger
Terminal Aweh, Tempat Elf ke Ciboleger

Setelah elf jalan pun, masih terus harus bersabar. Ruas jalan yang menghubungkan Aweh dengan Rangkasbitung, di beberapa titik sedang dicor (ada perbaikan jalan), jadi satu sisi jalan harus dipakai bergantian oleh kendaraan dari 2 arah. Di beberapa titik lain, jalanan rusak parah, memaksa elf harus berjalan amat perlahan. Dengan keadaan jalan normal, Aweh – Ciboleger bisa dicapai dalam waktu 1.5 jam, kemarin dengan keadaan jalan rusak, kami menghabiskan hampir 2.5 jam di jalan.

Mudah-mudahan, setelah semua ruas jalan selesai dicor, biar mulus seperti muka mantan Kepala Daerahnya, perjalanan menuju Ciboleger bisa makin lancar.

Dengan ongkos IDR 25.000, jangan mengharapkan kenyamanan dari perjalanan Aweh – Ciboleger. Ketika meninggalkan terminal, bangku di dalam elf memang hanya terisi pas sesuai dengan kapasitas. Namun sepanjang perjalanan, elf akan terus menaikkan penumpang, hingga di satu titik saya dan KaMiki berteriak “Geus pinuh, Pak!” (Sudah penuh, Pak!”) ketika Pak Sopir bermaksud menaikkan kembali penumpang, padahal di dalam sudah ada 19 orang dewasa duduk berhimpit-himpatan, 5 anak-anak berdiri di sela-sela bangku, dan 3 orang nemplok di tangga bagian belakang mobil. Entah berapa orang yang duduk di atas bersama tumpukan barang.

Situasi di dalam Elf
Situasi di dalam Elf

Ya, perjalanan menuju Ciboleger, pintu masuk menuju tempat tinggal suku Baduy memang menjadi satu perjalanan yang sulit terlupakan.

Kalau kamu mau ke Baduy juga, mudah-mudahan gambaran singkat ini bisa jadi panduan yaaa..

Transportasi Umum:

Tanah Abang – Rangkasbitung >> Kereta Rangkas Jaya (IDR 15.000)

Rangkasbitung – Terminal Aweh >> Angkot Merah nomor 07 (IDR 5.000)

Terminal Aweh – Ciboleger >> Elf (IDR 25.000)

Ciboleger – Desa-desa Baduy (Dalam ataupun Luar) >> Jalan Kaki

Total IDR 45.000 sekali jalan.

Alternatif Transportasi Rangkasbitung – Ciboleger:

Ada rental mobil (tipe Avanza) yang bisa mengantarkan dari Rangkasbitung ke Ciboleger, harga sewanya IDR 75.000/orang untuk maksimum 5 orang, atau total IDR 375.000/mobil.

Kalau mau pakai rental mobil rekomendasi saya, silakan hubungi

Kang Asep Zatt

0877-7280-0007

baduytraveler.blogspot.co.id

48 Responses
  1. Aa Anas

    Akhirnya nemu jga rute ngangkot ke baduy yang cukup detail dan terupdate cma selisih beda 2 mingguan ja..
    insyaalloh nanti pagi mau berangkat ngangkot ke baduy sama ade gw ber 2 doang nih (14 des 2014), kita dari grogol jakbar-baduy mau pake rute ngangkotnya dari Ka Parahita ja, jalan2 ke baduy ya kita memang belum pernah kesana. thanks ya Ka Parahita buat rute ngangkotnya ..doain ya moga lancar perjalanan gw.

  2. ina suntia

    k parahita satiti, saya aja yg tinggal didaerah rangkas ga tau ke baduy tapi kk top banget bisa detail ngasih info transportasi y, yg sabar2″ aja kalau pergi ke daerah rangkas ataupun baduy, memang banyak orang2″ yg kurang menyenangkan tapi berkesan.hihihi, seperti calo2″ diterminal tadi, kadang kalau mereka menawarkan jasa y kita tidak menjawab, mereka suka marah2″ sendiri.hihihi, untung aja kk ga ketemu tukang ojek, kalau ketemu mungkin dibuntutin terus.hahahah

    1. Parahita Satiti

      Hai Ina, terimakasih sudah mampir di blog ini 🙂
      Hehehe, ya gitulah seninya jalan-jalan, kadang ketemu orang-orang yang “ajaib”. Selama mereka ga ngomong kasar atau melecehkan sih, biasanya cuma saya senyumin aja.
      Ayo, dong.. main ke Baduy, mengenal daerah sendiri! 🙂

  3. IZZA

    Kaka, aku besok ama temen2 mau backpekeran ke baduy. Moga sesabar, kaka heheheee thanks infonya. Buat penginapan ama gaet baiknya gmana ya, ka?

    1. Parahita Satiti

      Hai Izza, selamat backpacker-an ke Baduy ya! Semoga lancar perjalanannya.
      Kalau mau lebih nyaman, ada lho rental mobil dari Rangkasbitung sampai ke Ciboleger, cuma IDR 40.000/orang, minimal 7 orang. Lebih nyaan daripada naik elf. 🙂
      Untuk penginapan, waktu itu saya nginep di rumah orang Baduy, 1 malam di Baduy Luar (Kampung Gajebo) dan 1 malam di Baduy Dalam (Kampung Cibeo). Untuk biaya nginepnya, saya ngasih seikhlasnya aja. Makan usahain bawa sendiri dari luar, numpang masak di dapur mereka, trus makan bareng-bareng.

  4. Budi

    Helloo Mbak Parahita informasi ke Baduy sangat menarik.. adakah nomer kontak untuk penyewaan mobil yang nyaman, bersih, dan BerAC dari Rangkas Bitung ke Ciboleger dan sebaliknya..? untuk bawa rombongan temen Kampus.. kira-kira 20 orang..? Thanx yach sebelumnya.. – Budi

  5. sutiono

    mba Parahita,

    Info yang menarik…kalo sy mau bersama keluarga ..lalu mau sewa kendaraan ..apa bias bantu kasih no hp penyewaannya?
    Terima kasi

    1. Parahita Satiti

      Hai, William 🙂

      Sayangnya saya ga punya nomor hp pemilik rumah yang saya inapi di Kampung Gazebo, Baduy Luar. Kalau yang di Baduy Dalam, they obviously don’t have phone number, ya… 🙂

  6. Zaky

    mbak parahita, minta nomer kontak rental, dan gimana cara nginep di rumah orang baduy nya? mohon pencerahannya. makasih.

  7. romy

    Hi mba salam kenal

    sebelumnya terima kasih untuk info di blog nya, sangat meng encourage untuk main main ke baduy.
    mba boleh di share no kontak mobil sewaan nya?
    klo untuk menginap di rumah warga apakah kita perlu guide atau langsung aja ke rumah ? mohon info

    terima kasih

    1. Parahita Satiti

      Hai Romy 🙂

      Nanti no contact rental mobil-nya saya share via email ya.
      Kalau untuk menginap, bisa pakai guide atau bisa juga langsung kenalan di sana dan bilang mau numpang nginep. Biasanya mereka akan sangat welcome, kita tinggal ngasih uang seikhlasnya aja.

  8. Parahita Satiti

    Hai Kang Asep 🙂

    Siap, nanti saya edit tulisan saya biar orang yang nanya nomor contact rental mobil bisa langsung meluncur ke blog Kang Asep.

    1. Parahita Satiti

      Mas Nico, kan itu ada nomor telp dan link blog yang punya rental mobil di akhir tulisan.

      Hiks sedih, udah cape-cape nulis ga dibaca.

    1. Parahita Satiti

      Homestay di Baduy-nya? Sepertinya tinggal ngetuk dan kenalan sama pemilik rumah, trus minta ijin boleh ikut nginep atau ga aja sih.

      Kalau kamu nginep di Baduy Luar-nya di Kampung Gazebo, saran saya cari rumah Ibu Rugayah (Ibunya Rubana), rumah dia sudah biasa menerima tamu. Kalau di Baduy Dalam kamu mau ke Kampung Cibeo, kenalan aja sama salah satu orang, nginep di mana aja, sama aja.

  9. Wisata budaya baduy bisa dinikmati dengan mudah dan murah, wisatawan bisa menggunakan kereta api dari stasiun tanahabang-jakarta menuju kota rangkasbitung selanjutnya bisa menggunakan mobil elf menuju ciboleger pintu utama menuju baduy, elf tersedia sd jam. 17, bila perjalanan ingin nyaman kami siap melayani wisata dgn mobil mpv ber-ac. Perjalanan yang menyegarkan menuju baduy dalam bisa di lakukan di pagi hari, guide asli suku baduy tersedia di ciboleger, ramah dan santun. Bila wisatawan hendak melakukan perjalanan di pagi hari, bisa menggunakan jadwal kereta kalimaya dan rangkasjaya keberangkatan tanahabang 16.00 dan 17.30 dan selanjutnya menginap di Homestay yg sudah tersedia di wilayah ciboleger atau di baduy luar. “Baduy Fresh and enjoy All be people”.

    1. Stasiun Tanah abang menuju rangkasbitung semakin cepat dan nyaman dengan beroperasinya comuterline dari bulan april 2017
      Ada 16 kali perjalanan Tanahabang-Rangkasbiutng dan 19 kali perjalanan Rangkasbitung Tanahabang.

      Berikut jadwal perjalanan commuterline lintas Rangkasbitung-Tanah Abang mulai 1 April 2017 :

      1. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 04.00 WIB
      2. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 05.00 WIB
      3. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 05.30 WIB
      4. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 06.10 WIB
      5. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 06.50 WIB
      6. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 07.20 WIB
      7. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 08.05 WIB
      8. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 09.00 WIB
      9. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 09.30 WIB
      10. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 11.45 WIB
      11. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 12.10 WIB
      12. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 13.15 WIB
      13. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 14.25 WIB
      14. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 15.10 WIB
      15. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 16.05 WIB
      16. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 16.50 WIB
      17. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 18.50 WIB
      18. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 19.45 WIB
      19. Rangkasbitung-Tanah Abang, berangkat 20.40 WIB

      Berikut 16 perjalanan yang melayani di lintas Tanah Abang – Rangkasbitung:

      1. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 05:50 WIB
      2. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 06:35 WIB
      3. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 07:50 WIB
      4. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 08:55 WIB
      5. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 09:35 WIB
      6. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 10:50 WIB
      7. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 12:05 WIB
      8. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 12:50 WIB
      9. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 13:40 WIB
      10. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 14:30 WIB
      11. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 16:25 WIB
      12. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 17:25 WIB
      13. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 18:20 WIB
      14. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 19:45 WIB
      15. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 21:00 WIB
      16. Tanah Abang – Rangkasbitung, berangkat 21:45 WIB 

  10. Izul

    Kalau sewa mobil dari stasiun rangkas bitung ke mutiara carita kira2 berapa ya bro , ada yg tahu rentalnya, thanks ya gan

    1. Parahita Satiti

      Hai, Isman!

      Dari Ciboleger ke Baduy Luar (Kampung Gajebo) itu saya jalan kaki antara 45 menit sampai 1 jam. Sementara dari Ciboleger ke Baduy Dalam (Kampung Cibeo) itu sekitar 5 jam.

      Dengan catatan saya jalannya santai banget yaaa.. pelan-pelan, dan kalau ada yang menarik (orang menenun, orang numbuk beras, anak kecil mainan terompet2an) saya bisa berhenti lihat dulu sekitar 5 hingga 10 menit.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: