Blog Andare! ini umurnya baru 1.5 tahun. Sejauh ini isinya baru ada 43 postingan. Masih sedikit banget ya… kalau dirata-rata sekitar dua hingga tiga postingan per bulan. Jumat lalu, 20 Juni 2014, akhirnya saya secara resmi tergabung di TBI (Travel Bloggers Indonesia) *tepuk tangan* dan demikian saya harus tetap memenuhi syarat untuk tergabung di dalamnya dengan minimal posting dua artikel setiap bulannya. Konsisten nulis. Tapi gimana mau konsisten nulis kalau sering bingung mau nulis apa? Apa iya ada yang baca?

Beberapa hari sebelum hari Jumat nan menyenangkan itu, saya baca twit dari @viraindohoy, bakal ada acara yang namanya #TravelNBlog, semacam workshop buat para travel blogger. Malam itu acaranya bakal kaya gimana dan dimana mau diadain belum fix, tapi saya yakin kalau saya ikutan, pasti bakal banyak banget ilmu yang saya dapet. Langsung saya reply ke Vira, saya mau ikutan!

#TravelNBlog

Sabtu 21 Juni 2014, akhirnya acara #TravelNBlog diadain di kantor Wego Indonesia di Kuningan. Seru banget! Selain ketemu sama 24 peserta workshop lainnya, ilmu yang dibagi sama ke-5 “pengajar” yaitu @arievrahman, @wiranurmansyah, @munindohoy & @viraindohoy, dan @discoverurindo juga sangat bermanfaat. Terutama buat blogger abal-abal macam saya ini, yang tahunya hanya nulis pengalaman jalan-jalan aja.

Lho, apa salahnya dengan nulis pengalaman jalan-jalan aja?

Ga ada yang salah sih, cuma sayang aja kalau nulis ceritanya ga pake teori, tulisan mu hanya akan berakhir sebagai curhat dan sampah dunia maya semata. Gitu lhooo…

Memangnya materi yang diajarin apa aja?

Ariev berbagi soal “how to craft your story”. Gimana caranya nulis cerita jalan-jalan yang menarik. Dari bikin awal tulisan yang menarik, bagian tengah yang engaging sampai penutup yang bisa meninggalkan kesan ke pembaca.

Wira, travel blogger yang sering banget menang lomba nulis karena foto-fotonya yang kece itu, tentu saja sharing tentang caranya bikin foto keren. Dia bilang bikin foto yang bagus itu masalah “menangkap” cahaya. Kalau cara ngambil cahaya bener, fotonya pasti bagus. I am not good at taking pictures. Sebagai anak dengan hasil psikotes “lemah pada bagian pandang ruang/spatial” ga aneh sih kalo saya sering banget bikin foto yang skala-nya ga bener. Nah, tips-tips singkat dari Wira kemarin kayanya sih bisa bikin saya agak pinteran dikitlah ngambil foto. Hihi.

Duo Indohoy, Mumun & Vira. Saya udah ngikutin blog mereka dari awal diluncurkan. Blog mereka sumpah asli keren sekaliiiii… Mereka konsisten nulis setiap postingan dalam bahasa inggris, karena target pembaca mereka adalah traveler luar negeri yang cari informasi tentang Indonesia. Dan kemarin, mereka cerita gimana caranya bikin tulisan dalam bahasa inggris yang baik, benar dan enak dibaca sama target market (baca: wisatawan asing). Mulai dari grammar, jokes, idioms, sampai milih social media untuk nge-share tulisan kita pun, harus sesuai dengan target pembaca blog.

Firsta, materi doi yang paling berat dan sedikit njelimet, basic SEO for blogging. Pas slide presentasi Firsta dibuka saya mikir “Ya ampun, banyak banget kolom yang harus diisi biar tulisan kita disadari keberadaannya sama google!” Tapi yaaa, balik lagi apalah artinya cape-cape nulis cerita jalan-jalan, kalau pada akhirnya tulisan itu susah ditemuin sama google, dan pada akhirnya ga ada yang baca. Ya ga? *kencengin ikat kepala baca materi Firsta*

Goodie Bag #TravelNBlog

Goodie Bag #TravelNBlog

TShirt dari @TravelingID dan Buku Pariwisata dari @indtravel

TShirt dari @TravelingID dan Buku Pariwisata dari @indtravel

Ikutan #TravelNBlog ini sungguh seru sekali, cuma bayar 50ribu aja dapat ilmu, dapat goodie bag yang buaanyaak banget isinya, dapat hadiah kaos dan buku pariwisata Indonesia dari lomba nulis dadakan, dan dapet temen-temen yang seru pula. Next time kalau diadain lagi dan materinya beda, saya mau ikutan lagi!

The Very First #TravelNBlog Class

Share: