Waktu ngrencanain main ke Sukabumi, awalnya kami berniat mau camping di Situ Gunung. Tapi beberapa hari sebelum pergi Kak Lejid tiba-tiba bilang

“Kktt, aku udah booking villa ya buat di Sukabumi nanti. Tempatnya asik, posisinya pas di depan pintu masuk Taman Nasionalnya, dan harganya 500ribu semalem”. Hihi, concern eykeh sih cuma harga sewanya aja sebenernya.. ok, 500ribu dibagi berlima, masih masuk budgetlah, pikir saya. Maklum ya, kami pergi di tanggal 24-25, sebagai mbak-mbak kantoran jamaah tanggal 28, tau dong kondisi kantong tanggal segitu…

Gerbang Masuk Situgunung

Gerbang Masuk Situgunung

Sampai di Sukabumi, untuk menuju Villa Cemara gampang banget. Kalau naik kereta api, turun di stasiun Cisaat. Diluar stasiun biasanya banyak angkot yang ngetem. Naik aja angkot yang ngetem itu, minta diturunin di pertigaan Polsek Cisaat, trus ganti angkot warna merah yang menuju Terminal Kadudampit. Nanti tinggal bilang sama sopir angkotnya, minta diantar ke Villa Cemara. Kalau ga mau naik turun angkot, bisa juga carter angkot langsung dari Stasiun Cisaat. Kemarin kami pergi berenam, sewa angkotnya IDR 80.000 saja.

Villa Cemara dimiliki oleh pasangan suami-istri Pak Santosa dan Ibu Tuti. Villa terdiri dari 2 tipe, Rumah Kayu dan Rumah Bata.

Rumah Kayu Villa Cemara

Rumah Kayu Villa Cemara

Rumah Kayu harga sewanya IDR 2.000.000 (May 2014), ada kamar tidurnya 3, masing-masing berisi 2 tempat tidur bunk-bed, jadi totalnya bisa muat 12 orang. Bu Tuti bisa ngasih extra-bed sampai 3 extra-bed, free of charge. Jadi bisa tuh berlima belas nginep di Rumah Kayu. Kalau misalnya lebih dari 15 orang gimana? Kata Bu Tuti boleh, tapi jangan lebih dari 25 orang ya… karena rumah kayunya takut ga kuat menahan beban lebih dari 25 orang.

Ruang Tamu Rumah Kayu

Ruang Tamu Rumah Kayu

Rumah Kayu ini dilengkapi dengan pantry, ruang makan (indoor dan outdoor), kamar mandi (dalam dan luar), juga ruang tamu yang supeeerrr luas, bisa buat nga-riung sambil gegoleran lah pokoknya.

Nah kalau yang Rumah Bata, harga sewanya IDR 500.000. Ada 1 tempat tidur ukuran queen (lebar 160cm) dan 1 tempat tidur bunk-bed (susun), kalau mau Bu Tuti bisa ngasih 1 extra bed digelar di lantai, free of charge. Kamar mandi di dalam kamar, bersih, tisu tersedia. Pantry, gula, kopi, teh tersedia, dan bebas dipakai. Cuma habis makai alat-alat dapur, harap cuci sendiri yaaa..

Rumah Bata Villa Cemara

Rumah Bata Villa Cemara

Kalau mau makan gimana? Makan gampang! Bu Tuti juga nyediain berbagai macam menu yang bisa dipesan. Aneka roti bakar, nasi rames, soto ayam, indomi rebus, nasi goreng, dll. Kalau mau masak sendiri, alat-alat masak juga lengkap disediakan. Termasuk seperangkat alat BBQ yang ada di taman, bebas digunakan.

Nginep di Villa Cemara ini pokoknya ga pake ribet deh! Kalau saya bilang, kaya nginep di rumah tante sendiri. Bu Tuti sangat akomodatif dengan kemauan tamu-tamunya. Misalnya nih, waktu kami bilang besok subuh mau pergi ke Situgunung lihat sunrise, beliau nawarin mau bawa roti bakar ga? Kalau mau order dari malam biar disiapkan, jadi besok subuh ga gedubrakan order. Trus pas ojek yang kami pesan datang sedikit terlambat dari waktu janjian, Bu Tuti yang berinisitif negur rombongan tukang ojek itu. Hihihi, kami yang masih terkantuk-kantuk bangun jam 4.45 subuh, dengan udara dingin yang menggigit kulit, cuma bisa bengong lihat Bu Tuti “marahin” tukang ojek.

SAMSUNG CAMERA PICTURES SAMSUNG CAMERA PICTURES

Villa Cemara

Villa Cemara

Mau nyobain nginep juga di Villa Cemara Situgunung, silakan langsung kontak mereka di:

http://villacemarasitugunung.wordpress.com/

Telp: 082113700701 atau 087780622836

0821 13 700 701

@parah1ta – over a homey place she loves so much!

Share: