Terletak di ujung barat pulau Jawa, Pulau Umang Resort & Spa merupakan salah satu private island yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan anda. Dengan mengendarai mobil pribadi, Pulau Umang dapat dicapai dalam 6-7 jam perjalanan. Jeleknya jalanan di beberapa bagian propinsi Banten menyebabkan jarak 240 km antara Jakarta – Desa Sumur Jaya, Banten harus ditempuh selama itu.

Jika anda menyukai hutan, anda akan sangat menikmati perjalanan menuju Desa Sumur Jaya. Ketika mendekati desa tersebut, anda akan melintasi sebagian Taman Nasional Ujung Kulon. Pohon-pohon besar nan rimbun akan menjadi pemandangan sepanjang jalan. Namun anda harus berhati-hati jika melintasi daerah ini di malam hari karena sangat minim akan penerangan.

Dari Desa Sumur Jaya, jika menginap di Pulau Umang Resort & Spa, anda akan dijemput dengan perahu kecil yang bisa muat hingga 20 orang. Hanya sekitar 5-10 menit perjalanan, anda akan sampai di Pulau Umang Resort & Spa.




Secara garis besar ada 2 kategori cottage; yang menghadap ke sunrise beach atau yang menghadap ke sunset beach. Saya sarankan anda mengambil yang menghadap sunset beach. Karena selain pantainya lebih berpasir, juga kondisi cottage-nya lebih terawat.

Salah satu minus point dari Pulau Umang Resort & Spa ini adalah kondisi beberapa cottage dan fasilitasnya, seperti taman bermain anak-anak (kiddie park) kurang terawat. Sampah dedaunan juga terlihat jarang di sapu di beberapa bagian.

Namun anda jangan khawatir, selain masalah tersebut pada dasarnya Pulau Umang Resort & Spa sangat okay dalam pelayanan. Para staff akan melayani anda dengan sangat ramah, makanan dan minuman yang disediakan pun sangat enak.

Aktivitas yang dapat anda lakukan di Pulau Umang Resort & Spa antara lain:

  • Banana Boat
  • Jetski
  • Doughnut Boat
  • Canoe-ing
  • Snorkeling
  • Sailing to Panaitan/ Handeuleum/ Peucang Islands
  • Half/Full Day Spa

Khusus untuk snorkeling, Pulau Umang Resort & Spa memiliki satu spot khusus, yaitu Pulau Oar. Pemandangan di bawah laut Pulau Oar sungguh menakjubkan. Salah satu yang terbaik dari yang pernah saya temui di sekitar Pulau Jawa (dibandingkan dengan: Kep. Seribu, Kep. Karimunjawa, Tanjung Lesung)

Beragam ikan warna-warni, hard coral, soft coral, terhampar di bawah air Pulau Oar. Sangat menyenangkan berenang-renang di antara mereka. Jika anda belum terbiasa dengan aktivitas snorkeling, jangan khawatir, pemandu-pemandu berpengalaman akan menemani anda bersnorkeling.

Sewaktu saya kesana, salah seorang pemandu malah mengajari saya cara “memanggil” clown fish alias ikan nemo. Mau tau caranya?

Ketika anda melihat ikan nemo bemain-main di antara anemon, berenanglah pelan hingga mendekati rumahnya. Setelah cukup dekat, jentikkan jari anda seperti ketika bermain dengan burung perkutut. Cukup 1x saja menjentikkan jari, lalu luruskan jari telunjuk mengarah ke si nemo. Nemo akan berenang menghampiri jari telunjuk anda.

Beberapa kali saya mempraktekkan cara ini di Pulau Oar, hingga si nemo bosan dan pergi meninggalkan rumah anemon-nya dan saya. 😛

Entah cara ini dapat digunakan pada nemo di luar Pulau Oar atau tidak. Namun jika anda penasaran, silakan menginap di Pulau Umang Resort & Spa dan cobalah trik ini.

Informasi booking           : www.pulau-umang.com

Share: